Internet

Cara Pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA) Terbaik 2019

Mempunyai hidup berkecukupan pastinya impian semua orang. Orang-orang pun berusaha semaksimal mungkin untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari tanpa bergantung pada orang lain. Berusaha mempersiapkan yang terbaik di masa depan juga cita-cita yang utama. Menyicil membeli suatu barang, membuka usaha kecil, menyimpang uang untuk ditabung, dan lain sebagainya.

Untuk menyimpan uang, meminta pinjaman atau kredit, orang-orang banyak memilih menyimpan dan meminjam uang tersebut melalui bank. Bank yang mereka pilih tidak sembarangan bank, mereka pasti memiliki kriteria atau syarat tersendiri dalam memilih bank. Misalnya, bank yang memiliki suku bunga pinjaman yang kecil atau terkadang memilih bank syariah.

Dalam kredit bank ada suatu layanan yang dinamakan KTA. KTA merupakan singkatan dari Kredit Tanpa Agunan. Kredit Tanpa Agunan merupakan salah satu produk atau layanan pinjaman yang memberikan fasilitas kredit tanpa membebankan calon nasabah atau debitur untuk mempersiapkan suatu aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut.

KTA BCA

Kali ini akan dibahas mengenai KTA yang ada di bank BCA (Bank Central Asia). Bank ini merupakan bank yang cukup terkenal dan tidak asing lagi. Bank ini merupakan bank swasta terbesar di Indonesia.

KTA BCA juga dikenal dengan sebutan BCA Personal Loan, yang mana pembayarannya dapat diangsur per bulan dengan tenor yang disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan bayar customer.

Nasabah atau debitur bisa meminjam pinjaman melalui fasilitas KTA BCA untuk berbagai keperluan, misalnya, untuk menambah dana keperluan renovasi, untuk menambah modal usaha, dan lain sebagainya.

Tetapi, tidak semua pengajuan kredit tanpa agunan ini langung diterima oleh pihak bank. Mungkin karena ada beberapa faktor yang belum kita ketahui. Sebelum kita melakukan pengajuan kredit, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat-syarat mengajukan KTA BCA :

⦁ Usia harus di antara 21-55 tahun. Usia debitur tidak boleh lebih dari 55 tahun pda akhir tenor pinjaman.
⦁ Minimal memiliki pendapatan per bulan Rp5.000.000 atau 5 juta rupiah.
⦁ Debitur harus berkewarganegaraan Indonesia.
⦁ Wajib membuka rekening BCA.
⦁ Wajib memiliki kartu kredit BCA.
⦁ Status pekerjaan debitur harus Pegawai Tetap atau wiraswasta atau profesional.

Jika dirasa telah memenuhi syarat di atas, debitur bisa mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan tersebut  dengan satang langsung ke kantor cabang BCA atau bisa mengajukan KTA BCA secara online melalui website bank BCA.

Ketika pengajuan, debitur akan diminta untuk melengkapi beberapa dokumen untuk aplikasi pinjaman.

Kepada pemegang kartu kredit BCA :

a. Fotokopi KTP
b. Mutasi rekening 3 bulan terakhir
c. Surat Pajak Tahunan
d. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
e. Kartu kredit BCA minimal 1 tahun dengan kategori selalu lancar dalam pembayaran.

Kepada Payroll BCA :

a. Fotokopi KTP
b. Surat Pajak Tahunan
c. Mutasi rekening 3 bulan terakhir
d. Slip gaji atau surat keterangan perusahaan
e. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

Diusahakan debitur  untuk tidak teerburu-buru mengajukan pinjaman jika belum memenuhi  persyaratan secara keseluruhan. Sadari juga kemampuan diri dan coba perhitungkan soal rasio cicilan serta pengeluaran kebutuhan dalam waktu sebulan.

Ada juga beberapa penyebab pengajuan kredit tanpa agunan BCA ditolak oleh pihak bank :

  • Dokumen-dokumen yang kurang lengkap merupakan faktor yang sangat sering dialami. Pasalnya, debitur terkadang tergesa-gesa untuk meminjam sehingga melupakan satu atau dua dokumen sebagai syaratnya.
  • Pemohon tidak memenuhi persyaratan yang ada. Hal ini juga menjadi masalah atau penyebab pengajuan kredit ditolak.
  • Si pemohon memiliki riwayat hutang yang buruk juga menjadi penyebabnya. Jika debitur memiliki riwayat hutang yang buruk, otomatis kreditur akan sulit memberikan pinjaman. Bukan hanya dalam hal pengajuan KTA saja tetapi untuk pengajuan pinjaman yang lainnya akan sulit.
  • Debitur mengajukan pinjaman yang terlalu tinggi. KTA BCA memiliki plafon dengan kisaran 5 juta hingga 100 juta dengan tenor pinjaman yang dibebankan cukup singkat yaitu 2-3 tahun. Seperti contoh, peminjam mengajukan pinjaman Rp100 juta dan peminjam akan merasa terbebani dengan cicilan beserta bunganya, dan jika peminjam hanya bekerja dan memiliki gaji di bawah Rp4 juta.

Dalam mengajukan pinjaman, debitur akan dikenai biaya tambahan yaitu :

  • Pembayaran cicilan dan bunga dalam waktu sebulan sesuai dengan yang telah ditetapkan.
  • Adanya biaya materai sebesar Rp6000 yang dikenakan saat debitur mengembalikan aplikasi pengajuan pinjaman.
  • Biaya provisi sebesar 1% dari kredit limit atau dengan minimal Rp100 ribu.
  • Biaya keterlambatan dalam pembayaran cicilan sebsar 0,28% per hari.
  • Biaya lain termasuk premi asuransi jiwa dengan waktu 1 tahun sebesar 0,363% dan waktu 2 tahun sebesar 0,693% atau untuk 3 tahun sebesar 1.020%.

Kredit Tanpa Agunan dari BCA ini memiliki beberapa kelebihan:

  • KTA BCA memiliki keistimewaan tersendiri, pasalnya, bunga pinjaman yang dibebankan kepada peminjam cukup rendah yaitu hanya sekitar 1% saja tiap bulannya.
  • Sudah dilengkapi juga dengan asuransi. Sangat berbeda dengan pinjaman dari bank lain, BCA memiliki proteksi asuransi yang diberikan kepada debitur dengan kisaran 1% per bulan yang harus dibayar bersamaan dengan angsuran atau cicilan.

Dalam melalukan pengajuan KTA BCA, jika telah disetujui oleh pihak bank pencairan akan dilakukan setelah 14 hari setelah persetujuan. Dan untuk sistem pembayaran cicilan Kartu Tanpa Agunan BCA ini bisa dilakukan melalui auto-debet lewat rekening nasabah langsung.

Selain itu, juga bisa dilakukan pembayaran cicilan dengan melalui mobile banking, internet banking, atau dengan layanan setor tunai dari teller BCA secara langsung.

Dalam proses pengembalian kredit tanpa agunan ini debitur diharuskan membayar angsuran cicilan dengan tidak melewati tanggal jatuh tempo. Jika melewati, akan dikenakan denda keterlambatan pembayaran KTA BCA.

KTA Bank Mandiri

Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bank Mandiri merupakan pinjaman uang dengan tanpa jaminan yang ditawarkan oleh pihak Bank Mandiri dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup. Untuk bisa mengajukan pinjaman dana cepat di Bank Mandiri, calon debitur memang sudah seharusnya memiliki rekening tabungan/giro di Bank Mandiri atau non Mandiri.

Pinjaman KTA Mandiri bukan merupakan pinjaman tanpa bunga. KTA Mandiri adalah kredit cepat yang ditujukan terhadap orang yang butuh pinjaman uang cepat. Proses pengajuan atau permohonan kredit tanpa agunan KTA bank Mandiri tergolong sangat mudah dan nasabah harus bisa memenuhi persyaratan serta ketentuan yang dibuat oleh pihak Bank Mandiri .

Nasabah juga diwajibkan untuk dapat menyetujui atas suku bunga yang diberlakukan pada kredit tanpa agunan ini. Pinjaman uang dengan menggunakan KTA ini untuk membantu nasabah dalam memenuhi kebutuhan biaya atau pun memenuhi keuangan baik sebagai modal usaha ataupun keperluan konsumtif lainnya.

KTA merupakan salah satu dari 5 macam kredit pinjaman yang telah disediakan oleh bank Mandiri dan dapat terbilang paling istimewa karena bisa dilakukan tanpa jaminan.

Kredit Pinjaman Tanpa Agunan ini bisa digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan baik yang bersifat mendesak maupun penggunaan lainnya, seperti pendidikan, pengobatan, liburan, pembelian barang, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk paham tentang jenis investasi yang dirasa paling aman dan menguntungkan.

Sistem bunga yang diberlakukan di sini adalah sistem dengan model floating. Kemudian, metode pembayaran tagihan bisa dilakukan dengan mudah dengan sistem auto debet dari rekening tabungan atau giro Mandiri yang dimiliki oleh nasabah.

Berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon KTA bank Mandiri:

  • Mengisi formulir permohonan kredit tanpa agunan bank Mandiri yang disediakan oleh pihak petugas, silahkan isi data-data yang diminta dan pastikan bahwa semua terisi lengkap
  • Foto copy EKTP suami dan istri (Jika belum menikah cukup dengan KTP pemohon saja)
  • Foto copy KK (KK yang masih berlaku)
  • Foto copy Slip gaji asli dan terbaru
  • Print rekening koran penggajian 3 bulan terakhir ASLI (Foto copy tabungan 3 bulan terakhir)
  • Foto copy NPWP pribadi.

Ketentuan Pemohon

  • Warga Negara Indonesia (WNI) & berdomisili di Indonesia.
  • Umur minimal 21 tahun & maksimum 55 tahun (pada saat kredit lunas)
  • Penghasilan minimum Rp. 2,5 juta/bulan (bagi nasabah payroll Bank Mandiri)
  • Penghasilan minimum Rp 3 juta/bulan (bagi nasabah Non Payroll Bank Mandiri)
  • Limit kredit maksimum 5 kali gaji (Rp.5 juta s/d. Rp. 200 juta)

Persyaratan Dokumen

  • Asli Formulir Aplikasi diisi lengkap
  • Copy KTP Pemohon
  • Asli/Salinan Slip Gaji
  • Copy Surat Ijin Praktek / Ijin Profesi (Professional) / SIUP
  • Asli Rekening Koran / Copy Rekening Tabungan
  • Copy Kartu Kredit (depan belakang) dan asli Tagihan 1 bulan terakhir
  • Copy NPWP / SPT

Agar dapat mengajukan kredit tanpa jaminan kepada bank Mandiri, nasabah minimal telah berusia 21 tahun dan sampai pada usia 55 tahun tercatat batas waktu kredit harus sudah lunas. Kemudian, juga harus memiliki pendapatan minimum dalam setiap bulan adalah sebesar Rp 2.500.000 (Dua juta lima ratus ribu rupiah perbulan).

Diluar ketentuan tersebut sudah dipastikan bahwa tidak akan pernah disetujui pengajuan atau permohonan kreditnya. Nasabah dapat meminjam uang melalui KTA Mandiri mulai dari Rp 5 juta hingga pada Rp200 juta. Dan Pilihan Jangka Waktu mulai dari 12, 18, 24, 30 dan 36 bulan. Biaya tahunan/Suku bunga 2-3% dari limit kredit.

Sedangkan pada pelaksanaan proses pengajuan kredit dapat dilakukan pada setiap kantor cabang bank Mandiri.

Berapakah tenor (Pilihan Jangka Waktu) pinjaman maksimal dari KTA Mandiri?

KTA Mandiri pastinya juga menawarkan fleksibilitas pilihan tenor pinjaman yang bisa disesuaikan dengan kemampuan pemohon, mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, 30 bulan bahkan hingga 36 bulan (khusus KTA Payroll bisa mencapai 60 bulan).

Melakukan pelunasan lebih awal dari tenor kredit yang dipilih pada saat pengajuan mungkin bisa saja dilakukan. Nasabah hanyalah perlu untuk membayarkan sisa kredit yang tersedia. Hanya saja nasabah tersebut nantinya akan dibebankan biaya pelunasan awal yaitu sebesar 5% dari sisa utang pokok pinjaman yang ingin dilunasi.

Sebelum kita mengajukan permohonan KTA Mandiri, maka dari pihak Bank Mandiri telah mengharuskan calon debitur untuk dapat membuka rekening tabungan Bank Mandiri yang akan dijadikan sebagai sumber pembayaran nasabah.

Kemudian, dengan sistem secara langsung setiap bulannya Bank Mandiri akan melakukan debet rekening otomatis dari tabungan/giro atas nama pemohon hingga kredit tersebut dilunasi.

Maka dari itu, nasabah sebaiknya juga mempersiapkan jumlah saldo yang ada di dalam rekening tabungan minimal sebesar cicilan ditambah dengan minimum saldo dan biaya administrasi tabungan/giro pada setiap tanggal jatuh tempo cicilan KTA Mandiri.

Tanggal jatuh tempo cicilan KTA Mandiri itu sendiri akan diputuskan dengan menyesuaikan tanggal pencairan KTA Mandiri atau bisa meminta penyesuaian dengan tanggal pembayaran gaji (khusus karyawan).

Pastikan juga saldo Anda telah mencukupi untuk melakukan pembayaran cicilan. Penambahan saldo bisa Anda lakukan dengan mentransfer dari Bank lain, pindah buku lewat teller, ATM, Internet Banking ataupun SMS Banking.

Jika Anda mencari pinjaman KTA lainnya yang ditawarkan bank lain di Indonesia, Anda juga bisa mempertimbangkan:

Kredit Usaha Mikro Mandiri

Bank Mandiri memberikan pinjaman kepada Anda untuk membantu membangun usaha Anda. Pinjaman Mandiri ini memiliki jumlah pinjaman mencapai Rp. 100.000.000 dan bunga yang terjangkau pada 12%. Pinjaman ini dapat diperoleh sampai jangka waktu 3 tahun.

Amar Bank Tunaiku

Apakah Anda juga memerlukan pinjaman cepat dan singkat untuk kebutuhan darurat? Dapatkan pinjaman yang dapat dicari untuk Anda dalam waktu 24 jam dan memiliki persyaratan yang sangat ringan. Minimum penghasilan yang dibutuhkan untuk pinjaman tunaiku hanya sebesar Rp. 1.000.000 dan dengan jangka waktu hingga 1 tahun. Dan maksimum pinjaman bisa mencapai hingga Rp. 10.000.0000.

KTA Standard Chartered

Dengan KTA Standard Chartered ini, Anda bisa menikmati dana tunai dengan cepat dengan suku bunga dari 11,88% per tahun. Selain itu, pinjaman ini, jugamemiliki jangka waktu hingga 5 tahun dengan persyaratan penghasilan sebesar Rp. 2.700.0000 per bulan.

Banyak juga orang yang bertanya-tanya apakah seorang WNA (Warga Negara Asing) bisa mengajukan pinjaman KTA atau tidak. Jawabannya, bisa, tergantung oleh WNA tersebut sudah bisa melengkapi syarat atau belum. WNA tersebut harus melampirkan fotokopi paspor miliknya atau KITAS dan dilengkapi dengan dokumen lain yang dibutuhkan oleh pihak bank.

Kesimpulan

Bagi debitur harus mengingat juga bahwa bank akan menghitung lanjut kemampuan bayar anda tersebut. Jika semakin besar penghasilan debitur maka pinjaman yang bisa diberikan oleh pihak bank juga akan semakin besar. Selain jumlah penghasilan, jumlah pinjaman yang diberikan juga dipengaruhi oleh limit dari kartu kredit  yang dimiliki oleh calon debitur.

Pihak bank bisa memberikan besar pinjaman 4 hingga 5 kali lipat dari limit kartu kredit yang dimiliki. Pihak bank akan menyetujui permohonan pengajuan KTA BCA apabila jumlah cicilan KTA per bulan tidak melebihi 40% hingga 60% dari total penghasilan debitur.

Manfaatkan waktu anda yang berharga untuk kehidupan yang lebih baik dan berkualitas di masa depan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca.


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

2 Comments

  1. sebenarnya saya juga tertarik untuk mengajukan kartu kredit. namun karena saya masih ragu dan pikir-pikir ulang. takutnya ketika proses berhasil dan disetujui nanti saya bingung mau dipakai untuk apa. karena sekarang juga sudah cukup. saya pakai hanya untuk keperluan belanja online. dan digantikan dengan jenius BTPN.

    tapi karena ada barang yang ingin saya beli dengan sistem kredit, mau tidak mau saya memang harus ada kartu kredit. tapi alternaif selain itu adalah dengan layanan fintech semisal kredivo, kredit dengan aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close