Ulasan Bisnis

4 Cara Promosi Bisnis Kuliner Dengan Modal Minim untuk Meningkatkan Pemasaran dan Keuntungan

Hari ke hari bisnis kuliner menjadi salah satu sektor bisnis yang pertumbuhanny paling pesat. Dengan semakin banyaknya pelaku di sektor ini mau tidak mau membuat persaingan merebut pasar menjadi sangat ketat. Promosi bisnis kuliner merupakan salah satu strategi jitu untuk merebut ceruk pasar bisnis ini.

Untuk bisa merebut pasar dan meningkatkan keuntungan dari suatu bisnis yang dijalankan, sangat penting untuk memperhatikan segi pemasaran.

Strategi pemasaran yang baik bisa membuat bisnis lebih berkembang. Tidak terkecuali bagi anda pelaku bisnis kuliner.

Bukan hanya produsen makanan atau restoran besar saja yang harus gencar dalam promosi, tetapi juga para pelaku bisnis kuliner rumahan maupun yang mempunyai rumah makan kecil.

Semua bisnis harus melakukan promosi untuk produknya entah apapun segmentasi bisnisnya, yang membedakan hanya jumlah biaya yang bisa dikeluarkan oleh setiap pelaku bisnis.

Tentu saja para pelaku bisnis skala besar dituntut untuk melakukan promosi dalam skala besar karena tingkat persaingan mereka juga lebih ketat dan bermodal besar.

Sedang untuk para pelaku bisnis kuliner skala kecil yang hanya punya modal pas-pasan tidak perlu berkecil hati karena andapun masih bisa melakukan promosi dengan modal murah secara gencar.

 

Cara promosi bisnis kuliner dengan modal minim

promosi bisnis kuliner

Dalam artikel ini anda akan menemukan beberapa cara yang bisa anda lakukan. Beberapa tips di bawah ini bisa menjadi referensi bagaimana cara murah dalam berpromosi sehingga anda tidak perlu mengeluarkan modal ekstra hanya untuk promosi.

Selain promosi, Anda juga bisa pasang iklan gratis ke situs penayang iklan, tanpa harus mengeluarkan biaya.

Mouth by  mouth dan testimoni

Ini adalah bentuk promosi paling sederhana yang sudah terbukti efektif sampai saat sebagai sarana promosi. Sebagai pelaku bisnis pemula, anda akan menemukan beberapa kesulitan untuk memasarkan produk anda.

Anda bisa menggunakan sampel atau contoh produk bisnis kuliner anda untuk dibagikan kepada calon konsumen sebagai alternatif anda mengenalkan produk.

Melalui komunitas-komunitas yang anda ikuti anda bisa mengenalkan dan membagikan produk kepada anggota komunitas tersebut.

Hal ini merupakan cara paling mudah dan cukup efisien dalam menjaring calon konsumen. Misalnya melalui kegiatan arisan yang rutin digelar setiap bulannya.

Di kegiatan inilah anda bisa mengenalkan produk kuliner anda dengan memberikan memberikan penjelasan yang komplit mengenai produk anda tersebut.

Anda bisa memberikan penawaran menarik kepada anggota komunitas, misalnya dengan memberikan diskon jika membeli saat itu juga atau anda bisa memberikan penawaran beli 2 gratis 1 kepada anggota komunitas.

Sosial media

Sekarang adalah era internet, hampir setiap hari jutaan orang mengakses internet. Jadi sebaiknya manfaatkan internet untuk menunjang bisnis kuliner anda.

Perkembangan dunia internet yang semakin maju memungkinkan bisnis kuliner anda lebih cepat dikenal masyarakat luas. Pangsa pasar bisnis online saat ini tumbuh sangat pesat, salah satunya karena keberadaan sosial media.

Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk kuliner anda, seperti lewat facebook, twitter, Google plus, Instagram dan lain-lain.

Di beberapa situs sosial media tersebut anda bisa berpromosi dengan cara memasukkan gambar makanan atau minuman yang anda miliki disertai deskripsi yang jelas mengenai produk anda.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah kualitas gambar atau foto produk anda. Ambillah foto produk anda dari berbagai sudut dan pergunakan kamera yang baik, kalau ada teman atau saudara yang punya keahlian fotografi tidak ada salahnya untuk minta bantuan untuk memotret produk anda. Beri kesan ekslusif dan berkelas pada produk anda.

Jangan lupa untuk mencantumkan alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi jika ingin membeli produk anda dan berikan terus update terbaru tentang produk  kuliner anda.

Email marketing

Strategi promosi lain yang bisa anda coba adalah melalui email dan mobile marketing. Anda kumpulkan dan catat alamat email atau nomor kontak semua konsumen anda. Data tersebut bisa anda olah sebagai sarana mengirim informasi produk kuliner terbaru kepada konsumen.

Namun, sebaiknya anda meminta izin terlebih dahulu kepada para konsumen anda, apakah mereka mau dihubungi via email atau sms jika ada produk baru dari anda. Email marketing ini bisa menjadi peluang anda mendapatkan profit lebih banyak, mengingat ada peluang konsumen untuk membeli produk anda lebih besar karena konsumen jenis ini lebih terikat dengan jenis produk anda.

Baca : Cara Membuat Email Marketing yang Menarik untuk Promosi Produk

Membuat stiker

Cara promosi yang terakhir dan juga cukup murah adalah menempelkan stiker mengenai produk kuliner anda.

Pembuatan stiker bisa anda pilih sebagai salah satu alternatif promosi bisnis kuliner anda karena tidak memerlukan biaya besar dan sama efektifnya jika dibanding jenis promosi lain seperti spanduk/baliho.

Anda bisa menempelkan di beberapa tempat umum yang banyak dikunjungi publik, seperti angkotan, halte atau toilet.

Tapi jangan asal tempel saja karena penempatan stiker yang kurang pas cenderung malah mengotori lingkungan dan akhirnya stiker anda dibuang orang.

Anda juga bisa membuat brosur yang berisi foto produk dan kontak yang bisa anda bagikan di pusat perbelanjaan.

Demikian sedikit coretan saya mengenai cara promosi bisnis kuliner dengan budget minim yang layak anda coba. Semoga artikel ini bisa membantu anda meningkatkan profit bisnis kuliner anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close