BloggingOptimasi Blog

5 Cara SEO Blog Tumblr Agar Lebih Optimal di SERP Google

Cara SEO Blog Tumblr – Pada pembahasan sebelumnya, klikmania telah membahas secara mendetil mengenai kelebihan dan juga kekurangan blog tumblr. Sedikit memberikan refresh, tumblr ini memang terbilang tidak sepopuler blog pesaingnya yang lain seperti blogger/blogspot, wordpress dan lainnya.

Dalam review mengenai blog ini sebelumnya, tentu anda telah mengetahui alasannya, yakni dikarenakan kekurangannya dimana tumblr banyak dinilai kurang atau tidak memiliki nilai SEO(Search Engine Optimization) friendly.

Namun sebenarnya anggapan bahwa tumblr kurang memenuhi poin SEO Friendly tidaklah sepenuhnya benar, tumblr hanya membutuhkan teknik optimisasi yang dapat dikatakan sedikit berbeda.

Pada pembahasan kali, klikmania akan mengupas secara lengkap mengenai cara SEO blog tumblr ini secara lengkap. Berikut ulasan lengkapnya:

Cara SEO Blog Tumblr

Mengganti judul blog dengan judul postingan

Blog tumblr memiliki beberapa jenis post yakni photo, quotes, text, chat, link, audio dan juga video, hal tyang menjadi masalah berkaitan dengan hal tersebut adalah tidak semua jenis post tersebut di-support dengan kolom judul postingan.

Alhasil, ketika permalink dari postingan dibuka maka yang akan terbuka adalah judul blog tumblr. Hal itu membuat penerapan keyword pada blog menjadi lebih sedikit, sehingga lebih sulit dirambati oleh Googleboot.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya, cara SEO blog tumblr yang dapat digunakan adalah dengan mengganti judul blog dengan judul postingan.

Loading...

Untuk menggantinya, anda hanya perlu mengganti kode <title> pada head tag blog tumblr dengan kode html berikut ini:

<title>{block:PostSummary}{PostSummary} - {/block:PostSummary}{Title}</title>

Menjadikan tag sebagai keyword/kata kunci

Meskipun merupakan blog dengan konsep sederhana, namun blog tumblr juga menyediakan pilihan untuk menyematkan tag pada saat melakukan posting seperti blogger/blogspot dan wordpress.

Penggunaan tag inilah yang dapat dijadikan salah satu cara SEO blog tumblr yang dapat diterapkan yakni dengan menjadikan tag sebagai meta keyword.

Caranya mudah, anda hanya perlu memasukkan meta keyword yang sebelumnya anda harus riset. Lalu tambahkan meta tags keyword berikut ini:

<meta name=”keywords” content=”{block:Permalink}{block:Posts}{block:Tags}{Tag}, {/block:Tags}{/block:Posts}{/block:Permalink}” />

Tambahkan meta tag title dan description

Masih bicara mengenai cara SEO blog tumblr, langkah selanjutnya yang dapat membantu optimisasi blog tumblr adalah dengan menambahkan meta tag title dan description di theme blog.

Untuk aplikasinya, adapun meta tag title dan description yang perlu ditambahkan adalah:

<meta name=”title” content=”{block:PostSummary}{PostSummary} - {/block:PostSummary}{Title}” /><meta name=”description” content=”{MetaDescription}” />

Menggunakan tag <h1> untuk judul post

Cara SEO blog tumblr yang dapat dipergunakan untuk lebih mengoptimisasi blog tumblr adalah dengan menggunakan tag <h1> untuk judul/title post. Hal tersebut banyak diyakini dapat membuat peringkat blog tumblr menjadi lebih baik pada SERP.

Untuk aplikasinya, anda hanya perlu menemukan kode {block:Title} dan kemudian menggantinya dengan kode berikut ini:

{block:Title}<h1>{Title}</h1>{/block:Title}

Mendaftarkan sitemap blog tumblr ke Google Webmaster Tools

Cara SEO Blog Tumblr yang terakhir yang dapat anda terapkan adalah mendaftarkan sitemap blog tumblr ke Google Webmaster Tools. Dengan mendaftarkan sitemap blog ke Google Webmaster Tools akan membuat perambatan oleh search engine menjadi lebih maksimal.

Hal tersebut dikarenakan fungsi dari sitemap itu sendiri yakni untuk memberikan informasi mengenai halaman dan post ke search engine.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

endarjulian

Saya adalah content writer dan juga social media designer.Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Artikel terkait

One Comment

  1. Numpang nanya gan Yang diganti cuma {block:Title} atau semua kode dari {block:Title} sampai kode {/block:Title}, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button