Ulasan Bisnis

Cara Sukses Branding Produk di Era Digital

Dalam dunia usaha dan bisnis pasti muncul banyak persaingan, lantas bagaimana agar bisnis yang Anda kelola mampu bersaing dan lebih menonjol dibandingkan dengan kompetitor lain? Jawabannya adalah dengan melakukan branding produk.

Namun, masih banyak orang bingung apa yang dimaksud dengan branding tersebut. Apakah Anda termasuk diantaranya?

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut mengenai branding, setidaknya Anda harus mengetahui terlebih dulu tentang brand.

Lantas brand dan branding apakah tidak sama?

Ya jelas, brand dan branding memiliki pengertian yang berbeda, namun menjadi dua bagian yang tak terpisahkan.

Penjelasan singkatnya seperti ini :

Brand

Sebelum mulai berbisnis atau membuat produk, pastinya harus memikirkan dahulu nama merek yang akan dipakai. Nama produk ini sangat penting untuk mengingatkan kepada konsumen terhadap produk Anda di pasaran.

Nama produk atau merek (merk) inilah yang disebut dengan istilah brand.

Perlu diketahui, Brand merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan, produk, layanan, dan semua hal yang berkaitan dengan perusahaan.

Hal inilah yang harus diperjuangkan agar brand Anda semakin dikenal oleh khalayak. Dengan begitu akan banyak orang yang selalu mengingat brand Anda ketika mereka sedang membutuhkan sesuatu.

Baca juga : 5 Tips Memilih Nama Brand Produk Untuk Meningkatkan Angka Penjualan

Branding

Secara sederhana, branding adalah bagian dari aktivitas pemasaran yang bertujuan untuk membuat persepsi khusus yang bernilai positif terhadap (merek) suatu produk.

Dengan melakukan branding produk, diharapkan para klien/pelanggan akan tertarik pada suatu produk/jasa tersebut.

Dalam upaya untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan banyak aktivitas yang disesuaikan dengan tingkatan dari brand / merek itu sendiri.

Artinya pada saat brand / merek masih pada tingkatan yang rendah, perlu dikenalkan ke target market.

Tingkatan tersebut bisa dimulai dari membangun, mengembangkan dan selanjutnya mencapai nilai branding produk dengan equitas yang sangat tinggi.

Kesimpulannya, dengan melakukan branding produk, bisnis yang Anda kelola akan mempunyai nilai tersendiri atau lebih menonjol dibandingkan kompetitor lainnya.

Bisnis atau usaha Anda bisa grow up so fast, semua bisa terjadi karena adanya proses branding.

Jadi sekarang sudah paham kan? pengertian serta penjelasan mengenai brand dan branding.

Lantas, Bagaimana cara Melakukan Branding Produk?

Untuk membangun sebuah brand agar dapat dikenal masyarakat luas memang tidak mudah, sebab memerlukan waktu yang cukup panjang serta biaya yang tidak sedikit.

Berikut ini adalah beberapa cara branding yang paling umum yang dapat Anda lakukan agar produk Anda mudah dikenal.

1. Membuat iklan

Ada banyak jenis iklan yang bisa dimanfaatkan untuk branding produk, mulai dari iklan media cetak, iklan melalui media sosial, Radio, TV atau media digital lainnya.

Saat ini untuk membuat dan menayangkan iklan juga cukup mudah, tergantung dari ketersediaan biaya serta lama waktu untuk penayangan iklan.

2. Mengadaan Event, Pameran atau Bazar

Untuk lebih mempopulerkan produk atau bisnis, Anda juga dapat mengadakan kegiatan-kegiatan seperti event, pameran atau bazar.

Anda bisa menyesuaikan pameran atau bazar yang akan diikuti dengan bidang bisnis Anda.

Namun, cara branding produk ini hanya untuk kalangan tertentu serta wilayah yang dijangkau tidak begitu luas. Kecuali memang ada program atau event dari kota ke kota.

Meskipun cara promosi ini langsung ditujukan untuk konsumen, tentunya biaya juga akan lebih mahal.

3. Sponsor dan partnership

Sponsor atau media partner (partnership) sangat dibutuhkan apabila seringkali mengadakan suatu acara atau event.

Dengan partnership akan menciptakan kerjasama yang saling menguntungkan, terutama untuk branding produk yang sedang Anda lakukan.

Branding Produk di Era Digital

Dari beberapa cara yang disebutkan diatas, Anda bisa melakukan branding produk dengan cara efisien dan lebih efektif di era digital ini. Salah satunya melalui digital agency.

Digital agency merupakan agensi yang membantu perusahaan atau bisnis lain dalam memasarkan produknya di berbagai media seperti media cetak, media sosial, ataupun televisi dan radio.

Satu hal yang membedakan Digital agency dengan Advertising Agency (Biro iklan) adalah media yang digunakan.

Digital Agency menggunakan media digital serta pengetahuan IT seperti website, aplikasi, social media, search engine.

Seiring perkembangan menuju era digital, digital agency sangat penting untuk kegiatan marketing, terutama untuk branding produk yang selalu mengikuti tren digital saat ini.

Digital Agency memberikan dampak dan manfaat yang sangat besar untuk branding produk, karena jauh lebih efektif dibandingkan dengan Advertising Agency pada umumnya.

Selain itu, penggunaan budget juga dinilai relatif lebih rendah dengan perkiraan target atau pencapaian omset yang lebih tinggi.

Selain membantu memasarkan produk, digital agency juga akan membantu memenuhi klien dalam proses penjualan ke segmentasi tertentu.

Digital Agency Profesional dan Terpercaya

Cara branding produk

Di era digital ini, keberadaan digital agency sangat penting, terutama untuk industri kreatif dan digital marketing.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan digital agency?

Waktu yang tepat untuk mengunakan digital agency adalah ketika Anda menginginkan perusahaan yang Anda kelola saat ini berkembang lebih cepat, efektif dan efisien dengan budget yang bisa ditentukan.

ahzadigital.com merupakan salah satu digital agency Jakarta yang memiliki tenaga IT professional dibidang digital dan memiliki pengalaman bertahun-tahun, terutama untuk branding produk.

Digital agency ini juga membangun startup digital dan ekosistem untuk memberikan solusi terbaik dengan menciptakan produk digital yang bermanfaat bagi mitra.

Dengan penggunaan teknologi, digital agency ini menghadirkan aplikasi situs web, aplikasi seluler, sistem CRM, perangkat IoT atau lainnya yang akan membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang dengan cepat.

Dengan pengalaman profesional dalam beberapa tahun, jasa digital agency ini sudah banyak membantu mitra dalam mengelola aset digital mereka dan memberikan hasil terbaik agar bisnis tetap eksis.

Sudah siapkah bisnis atau usaha Anda menuju Era Digital?

Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button