Adsense Di Youtube

Bagaimana Perincian dan Cara Youtube Membayar Para Vlogger

Vlogger, istilah yang saat ini sedang keren. Tentu saja hal ini selalu berkaitan dengan youtubers dan cara menghasilkan uang dari situs video streaming terbesar di dunia yaitu youtube. Bagaimana cara youtube membayar para vlogger? Simak uraian berikut, yang membahas tuntas tentang istilah-istilah tersebut.

Apa yang dimaksud dengan vlogger?

Apa sih vlogger? Penjelasannya seperti ini, Anda punya blog dan Anda seorang youtuber. Jadi vlogger adalah seorang youtuber yang menyematkan video ke blognya. Tujuan vlogger sendiri adalah untuk lebih memperkenalkan video melalui blog.

Ini karena banyak channel di youtube yang berdesakan, padat dan terlalu banyak. Sehingga vlogger lebih efisien untuk lebih memperkenalkan video dari youtube secara personal. Ya, vlogger adalah video blogger.

Cara vlogger adalah berpromosi video melalui media blog. Tentu saja akan lebih dikenal karena blog akan turut membantu pencarian artikel yang disertai video.

Apabila video sudah disematkan (embed) dalam blog, mereka menyebutnya vlogging. Sama halnya ketika seorang blogger membuat artikel. Istilah blogger sering disebut dengan kegiatan blogging.

Jadi apabila Anda seorang youtubers namun tidak mempunyai blog sebagai sarana embed video, jangan sesekali menyebut diri Anda sebagi vlogger.

Vlogger menghasilkan uang melalui Adsense youtube

Para vlogger berlomba-lomba membuat video sebagus mungkin untuk di upload ke youtube, kebanyakan video vlogger adalah kreasi buatan sendiri. Ini akan berpeluang sekali untuk mendapatkan fans atau penggemar tersediri.

Video yang original berpeluang untuk di ikutkan dalam program periklanan dalam youtube, yaitu google Adsense. antinya video-video tersebut akan dimonetize dengan iklan. Nah, dari iklan tersebut nanti penghasilan akan didapatkan para vlogger.

Loading...

Baca : Cara mudah daftar Adsense melalui Youtube

Lantas bagaimana cara youtube membayar para vlogger?

Pihak ASdsense youtube membayar ketika pengunjung melakukan apa (sesuai ketentuan), dan pihak pemilik video  (vlogger) akan menerima pembagian hasil dari iklan yang telah dipasang.

Untuk pemasangan iklan pada video ada dua cara, yaitu dengan cara otomatis ditempatkan oleh pihak youtube dan pemasangan iklan secara manual, apabila video mempunyai durasi minimal 11 menit.

Untuk video panjang, kita sebagai pengupload bisa menentukan dimana iklan tersebut akan ditempatkan dalam video. Untuk jumlahnya bisa variatif, tergantung kita. Yang paling penting adalah tidak menggangu pandangan penonton karena penempatan iklan terlalu banyak.

Ada 3 tipe cara Youtube membayar jenis iklan yang ditayangkan dalam video. Dibawah ini adalah perincian pembayaran berdasarkan ketentuan yang telah diberlakukan oleh pihak Adsense youtube.

Cost Per View (CPV)

Adalah iklan sepanjang 15-30 detik yang sering dilihat sebelum video dimulai. Iklan ini bisa dilewati (Skip to add), namun ada juga yang tidak bisa dilewati. Apabila dilewati, pihak pengiklan tidak membayar dan pihak vlogger tidak mendapat bayaran.

Cost Per Impression (CPI)

Biasanya iklan ini tampil berupa banner yang disematkan dalam video. Pihak pengiklan akan membayar sesuai dengan jumlah pengunjung yang melihat iklan tersebut. Iklan CPI sering digunakan sebagai pengenalan branding produk baru. Tujuannya adalah agar produk sering dilihat dan dikenal secara luas.

Cost Per Click (CPC)

CPC adalah cara youtube membayar pihak vlogger sebagai penayang iklan yang paling umum. CPC dihitung berdasarkan jumlah klik pengunjung pada iklan. Apabila pengunjung tidak mengklik iklan, maka pihak pengiklan tidak membayar dan vlogger juga tidak menerima pembayaran.

Bagaimana vlogger melihat hasil pembayaran dari youtube?

Sistem ‘monetisasi’ dan cara youtube membayar akan berjalan secara otomatis. Hal ini langsung bekerja ketika para visitor mulai membuka channel dan menikmati video di Youtube. Iklan akan tampil apabila fitur monetisasi diaktifkan dan sudah mendapatkan persetujuan untuk mengaitkan channel youtube ke google Adsense.

Cara Youtube Membayar

Dalam hal ini secara otomatis pula pihak vlogger sudah bisa melihat dan memantau penghasilan melalui dashboard youtube analytic. Channel baru biasanya akan memakan waktu 3 sampai 7 hari untuk memantau dan melihat dashboard analytic dan langsung melihat penghasilan serta jumlah pengujung setiap harinya.

Penghasilan Youtube akan masuk ke dashboard Adsense hanya setiap bulan saja, yaitu kisaran tanggal 12 sampai tanggal 15. Dan proses pencairan adalah tanggal 21 setiap bulan apabila saldo telah mencapai minimal ambang batas, yaitu 100$ atau setara dengan Rp. 1.300.00.

Begitulah cara youtube membayar pihak vlogger ataupun youtubers yang menupload videonya dan mengaitkan channel dengan program periklanan google Adsense. Upload video kreatif Anda sebanyak mungkin, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari youtube juga akan semakin besar.



Loading...

Baca selengkapnya

Hanya Blogger rajin menulis.

Artikel terkait

4 Comments

  1. desain blognya bagus mas, saya suka, artikelnya sangat berkualitas dan educated