Optimasi BlogTutorial Blog

KeyCDN Reviews: Layanan CDN Murah dengan Fitur Lengkap dan Kinerja Maksimal

Apabila Anda sedang bingung mencari layanan CDN murah dengan performa tinggi dan semua fitur lengkap, maka KeyCDN adalah sebuah jawaban yang tepat. Selain Cloudflare yang bisa dijadikan alternatif CDN gratis, KeyCDN menyediakan layanan  Content Delivery Network dengan harga yang sangat  terjangkau.

Layanan CDN murah dari KeyCDN bukan berarti fitur yang disediakan kurang memadai, tapi justru sebaliknya. Fitur yang bisa digunakan adalah teknologi CDN terbaru yang sudah support HTTP/2 serta meyediakan 25 Data Center Locations yang tersebar diseluruh dunia termasuk wilayah Asia.

Jadi untuk Anda yang ingin meningkatkan kecepatan blog menggunakan layanan CDN, maka alternatif CDM murah dari Key CDN ini layak Anda coba. Untuk tarifnya adalah 0.04 $/GB dan disediakan bandwidth sebesar 250 BG untuk versi trialnya. Cukup lumayan besar apabila Anda berniat mencoba layanan dari keyCDN.

Layanan CDN murah dengan sistem pembayaran Pay As You Go

CDN murah

Kemudahan sistem pembayaran menjadi fitur yang sangat menguntungkan bagi pengguna layanan KeyCDN, jadi biaya akan dibebankan sesuai dengan kapasitas bandwidth yang digunakan. Dengan Pay as You Go Anda bisa menaksir besaran pembayaran setiap bulan yang dihitung 0.04 $ setiap 1 GB bandwidth.

Sistem pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan Visa, MasterCard, American Express dan Paypal. Untuk pembelian kreditnya adalah minimal 49 $, semisal dalam satu bulan menggunakan bandwidth sebesar 100 GB maka hanya akan membayar 4 $ saja. Sisa kredit berlaku untuk penggunaan bandwidth berikutnya.

CDN murah

Dan apabila Anda langsung melakukan registrasi, maka akan diberikan gratis 10 kredit atau jatah bandwidth sebesar 250 GB secara cuma-cuma.

Kelebihan Key CDN dan semua fitur layanan

Kurang lengkap rasanya apabila mereview suatu layanan tapi tidak pernah mencobanya sama sekali, apalagi bisa mencoba secara gratis. Nah untuk layanan dari key CDN ini menyediakan 5 zone gratis yang bisa langsung di integrasikan.

Sedikit membahas tentang fitur Zone pada layanan CDN :

Pull Zone

Adalah jenis CDN untuk hosting file statis seperti gambar, font, javascript, dan css.

Push Zone

Adalah jenis CDN untuk menyimpan file seperti dokumen pdf, file audio atau video. Biasanya digunakan untuk penyedia layanan download file.

Selain itu fitur lain yang bisa anda dapatkan pada layanan CDN murah ini bukan main-main, bahkan bisa dibilang fitur yang Wah dan mampu di sejajarkan dengan performa Cloudflare ataupun MAXCDN.

  • HTTP/2 Support
  • Instant Let’s Encrypt SSL
  • Origin Shield
  • Secure Token
  • RESTful API
  • 100% SSD-Optimized Edge Servers
  • Fast TCP Stack
  • Instant Purge
  • Real-Time Stats
  • 25 POP Data Center Locations

POP (Point of Presence) data center ini termasuk untuk wilayah Asia (Singapura), yaitu POP yang paling dekat dengan Indonesia sehingga blog akan semakin cepat diakses.

Untuk SSL bisa langsung di integrasikan dengan layanan SSL gratis dari Let’s Encrypt, namun apabila mempunyai produk SSL dari luar seperti Symantec, GeoTrust, Thawte, RapidSSL, Comodo maka disediakan juga fitur custom SSL dan shared SSL wildcard certificate pada dashboard admin yang bisa dikonfigurasi sendiri dengan mudah.

CDN murah

Pengaturan dan integrasi yang sangat mudah

Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana cara menggunakan layanan CDN dan mengintegrasikan pada blog wordpres Anda. Jangan khawatir, untuk menggunakan layanan dari KeyCDN ini sangat mudah sekali.

Selain itu ada panduan dari Knowledge Base KeyCDN secara lengkap sehingga anda bisa melakukan seting sendiri pada dashboard login Anda. Hanya butuh waktu sekitar 5-10 menit saja, maka blog WordPress Anda sudah terintegrasi dengan keyCDN.

Anda cukup melakukan Pull zone dan Push zone serta memasukkan URL blog yang akan digunakan.

  • Login ke akun KeyCDN
  • Buka menu Zones
  • Add Zone dan lengkapi data form, termasuk URL blog Anda.
  • Setelah itu simpan.
  • Tunggu sampai 5 menit sehingga URL blog melakukan proses deploy dan disebarkan pada semua node dari KeyCDN.

Apabila berhasil, maka akan tampak seperti gambar dibawah ini.

CDN murah

CDN murah, keyCDN

Gambar yang dilingkari adalah Pull zone dan push zone yang baru saja dibuat, selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada blog wordpress Anda.

Tidak seperti CDN murah lain, layanan KeyCDN mempunyai fitur yang sangat lengkap dan sangat memudahkan penggunanya. Untuk mencover semua database, termasuk wp-content, wp-includes yang ada di cPanel agar bisa masuk dalam layanan KeyCDN hanya perlu memasang plugin.

  • Unduh plugin CDN Enabler, kemudian aktifkan.
  • Setelah itu buka pada pengaturan plugin.
  • Masukkan Pull zona URL yang ada dalam dashboar KeyCDN. (Yang dilingkari merah pada gambar diatas)
  • Terakhir simpan.

Seperti gambar dibawah ini.

CDN murah, keyCDN

Maka selesai sudah pengaturan untuk  KeyCDN dan blog Anda sudah bisa menikmati loading yang lebih cepat dari sebelumnya. Silahkan cek pada speedtes website dan lihat perbedaannya.

Untuk mengecek apakah blog Anda sudah dicover oleh layanan KeyCDN, bisa melalui situs CDN Finder.

CDN murah, keyCDN

Gambar dibawah ini adalah hasil dari website speedtest GTmetrix, untuk hasil akhirnya bisa saja berubah-ubah tergantung koneksi yang sedang digunakan. Apabila lebih akurat bisa gunakan tool lain sebagai pembanding.

CDN murah, keyCDN

Dashboard pengguna yang familiar

Saat melakukan login, Anda akan dihadapkan dengan dashboard keyCDN yang sangat familiar dan responsive. Terdapat pula halaman reporting yang bisa dipantau secara realtime, jadi penggunaan bandwidth yang tercover oleh layanan KeyCDN dapat dilihat secara transparan.

CDN murah, keyCDN

Untuk pertama kalinya mendaftar, Anda akan diberikan credit secara gratis sebesar 10$ yang dapat diguanakan untuk 250 Gb bandwidth. Kapasitas ini akan habis tergantung dari jumlah besaran trafik blog setiap harinya. Untuk mengetahui seberapa besar trafik yang Anda gunakan, bisa cek melalui cPanel pada menu bandwidth.

Apabila credit atau bandwidth pada dashboard KeyCDN sudah habis Anda bisa membelinya melalui pembayaran dengan Credit card ataupun melalui Paypal.

CDN murah, keyCDN

Sekali lagi saya katakan CDN murah bukanlah murahan, seperti halnya KeyCDN yang menyediakan semua fitur yang bisa digunakan layaknya fitur CDN premium. Dan masalah biaya tergantung dari penggunaan bandwidth, jadi ini jauh lebih efisien dan hemat dibandingkan harus membayar layanan CDN lain untuk satu bulan.

Dapatkan gratis 250 GB Bandwidth dari KeyCDN, silahkan cek disini.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

4 Comments

  1. Sepertinya KeyCDN bukan jadi termurah lagi, saya sekarang pakai BunnyCDN, Minimum Desposit cuma $10, sedangkan KeyCDN $49 😀

    Bukan cuma Minimum Deposit saja, harga Bandwidth juga lebih murah.

    Mungkin harga KeyCDN segitu karena mengadakan program referral/afiliasi, ya BunnyCDN gk ada program referral.

  2. Yang jelas sistem kerja CDN adalah mendistribusikan Content serta menyimpan cache , sehingga blog lebih cepat di akses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close