Tekno

Cegah Corona, Apple Bagikan Tips Bersihkan iPhone

Kenneth Mak selaku Direktur Medical Services Kementerian Kesehatan Singapura pernah mengatakan jika cara untuk meminimalisir penyebaran virus Corona adalah dengan membersihkan ponsel. Alasannya, ponsel merupakan benda yang paling banyak disentuh oleh manusia zaman sekarang.

“Waspada hal-hal yang biasa Anda sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi menggunakan masker bukanlah hal yang paling penting,” ucap Kenneth Mak seperti yang dikutip dari Business Insider.

Baca juga: Corona Bisa Dicegah dengan Bersihkan Ponsel, Benarkah?

Apple Bagikan Tips Bersihkan iPhone

Mengingat membersihkan ponsel bisa meminimalisir penyebaran virus Corona, Apple telah memperbarui laman resminya dengan mencantumkan bagaimana caranya membersihkan beberapa perangkat mereka seperti Mac, iPad, iPhone, dan iPod.

Perusahaan pimpinan Tim Cook itu tidak mempermasalahkan apabila para pengguna memakai tisu disinfektan untuk membersihkan iPhone dan gadget Apple lainnya. Namun, pihak perusahaan melarang para pengguna untuk membersihkan perangkat dengan produk pembersih karena dapat merusak lapisan khusus pada layar.

“Menggunakan 70 persen isopropil alkohol atau clorox disinfecting wipes, Anda dapat secara lembut menghapus permukaan keras dan tidak keropos pada produk Apple seperti layar dan keyboard,” ucap pihak Apple via situs resmi.

Tips dari Apple:

  • Gunakan hanya kain yang lembut dan tidak berbulu. Hindari kain abrasif, handuk, serbet kertas.
  • Hindari menyeka yang berlebihan yang dapat menyebabkan kerusakan.
  • Cabut semua sumber daya eksternal, perangkat, dan kabel sebelum membersihkan.
  • Jangan sampai uap air masuk ke celah apa pun.
  • Jangan gunakan semprotan aerosol, atau pemutih.
  • Jangan menyemprotkan pembersih langsung ke item.

Baca juga: Corona Menurun, Cook Akan Buka Produksi Apple Lagi

Oppo Juga Sudah Berikan Tips

Sebelum Apple memberikan tips pembersihan iPhone dan beberapa perangkat keluaran mereka yang lain, Oppo juga sudah memberikan tips kepada para penggunanya. Pabrikan ponsel asal China tersebut meminta para pengguna untuk tidak panik terhadap Corona, kemudian para pengguna diminta untuk menjaga kebersihan ponsel.

“Sebaiknya kita tetap tidak panik terhadap adanya kasus virus Corona, justru sebaliknya harus memulai pencegahan dari diri sendiri, salah satunya dengan menjaga agar smartphone tetap bersih dan tidak menjadi sarang kuman atau bakteri,” ucap Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia.

Baca juga: Cegah Corona, Oppo Sarankan Hal Ini untuk Dilakukan

Adapun untuk membersihkan ponsel, para pengguna bisa membersihkan permukaan ponsel menggunakan kain mikrofiber yang sedikit basah dengan air hangat dan sabun. Selain menggunakan cara tersebut, para pengguna juga bisa menggunakan tisu wajah atau tisu bayi, lalu mengelapnya dengan kain lembut.

Pengguna juga dilarang untuk membersihkan layar ponsel Oppo mereka menggunakan pembersih kaca jendela atau disinfektan yang mengandung bahan kimia kuat yang bisa merusak elemen pelapis dari layar ponsel itu sendiri.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close