naik jabatan

13 Hal yang Wajib Diterapkan Jika Ingin Cepat Naik Jabatan

Mendapatkan promosi atau naik jabatan, pastinya merupakan impian setiap pegawai. Keuntungan utama dari kenaikan jabatan, yaitu anda akan mendapatkan bayaran yang lebih besar dibanding pegawai lain. Selain itu mendapatkan posisi yang tinggi di tempat kerja, dapat membuat anda semakin disegani oleh banyak orang .

Naik jabatan dan memiliki posisi yang tinggi di kantor/perusahaan sepertinya sangat menyenangkan. Anda bisa menjadi orang yang terpandang di perusahaan. Memiliki kewibawaan tersendiri, memiliki hak untuk memberikan perintah, serta yang paling utama adalah gaji yang jumlahnya sangat besar. TAPI. .. ..

…Apakah mendapatkan promosi/ naik jabatan itu mudah?

Sebelum anda masuk ke dalam linkungan perusahaan tempat anda bekerja, anda pasti pernah mengalami masa-masa persaingan. Masa di mana anda harus membuktikan diri jika anda adalah orang yang paling layak untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut.

…Lalu apa tugas anda setelah itu?

Setelah berhasil membuktikan diri sebagai orang yang paling layak saat melamar pekerjaan, ternyata persaingan anda belumlah selesai. Jika dulu persaingan tersebut ditujukan untuk mendapatkan pekerjaan, maka sekarang ini persaingan anda adalah untuk mendapatkan posisi yang terbaik di perusahaan tersebut.

Tugas anda sekarang adalah sebisa dan sesering mungkin menunjukkan performa yang baik dalam setiap aspek pekerjaan anda. Bersainglah secara sehat, dan tunjukkan kepada atasan bahwa anda layak untuk mendapatkan promosi jabatan.

Baca Juga : 7 Peluang Usaha Modal Kecil, Sangat Cocok Untuk Mahasiswa

Loading...

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana teknik yak tepat untuk meyakinkan kepada atasan, bahwa kita adalah kandidat yang sangat kuat untuk memperoleh jabatan yang tinggi di perusahaan. *Apa sajakah itu?

13 Hal yang Wajib Diterapkan Jika Ingin Cepat Naik Jabatan

naik jabatan

1# Datang lebih awal untuk bekerja

Pada saaat sekolah dulu, kita selalu diberikan pesan untuk hadir lebih awal bahkan jauh sebelum jam pelajaran di mulai. Sama seperti saat sekolah, andapun diharapkan hadir lebih awal untuk bekerja.

Hadir di kantor lebih awal, tidak hanya berdampak positif untuk karier jabatan anda, melainkan memberikan efek positif juga untuk pekerjaan yang anda lakukan sehari-hari.  Dengan datang di kantor lebih awal, otomatis anda telah mempersiapkan segala persiapan yang harus di bawa ke kantor. Ini juga akan memberikan rasa nyaman pada saat menjalankan pekerjaan yang ditututkan kepada anda.

Hal berbeda jika anda sering datang terlambat, bukan hanya mendapat teguran. Pekerjaan yang anda jalankanpun akan sering memberikan hasil yang tidak memuaskan karena anda tidak mempersiapkan segala-sesuatunya dengan matang.

*Intinya : Kalau tidak bisa datang lebih awal, usahakan saja untuk datang tepat waktu a.k.a tidak terlambat.

Disamping memberikan anda dapat bekerja dengan baik, datang ke kantor lebih awal akan memberikan kesan yang sangat baik kepada atasan anda.

Atasan tentunya akan senang memiliki pegawai yang tepat waktu, rajin, disiplin, dan semangat dalam bekerja untuk memajukan perusahaannya, sehingga kesempatan anda untuk naik jabatan pun akan semakin terbuka lebar.

2# Asah terus keterampilan dan kalahkan rekan kerjamu

Jika anda merasa sudah bisa menjadi pribadi yang tepat waktu, maka tugas anda sekarang adalah mengasah keterampilan yang dimiliki. Maka kebiasaan rajin dan disiplin yang anda miliki tidak menjadi sesuatu yang sia-sia.

Jika ingin cepat naik jabatan, maka anda perlu mengasah keterampilan yang anda miliki menjadi semakin baik lagi. Hal ini tentu bertujuan agar tugas yang diberikan kepada anda, dapat menghasilkan yang terbaik untuk perusahaan anda.

Andapun jangan mau kalah dengan sesama pegawai lain, anda perlu bertarung dan membuktikan bahwa anda adalah pegawai terbaik di perusahaan tersebut. Tapi, ingat pertarungan yang dimaksud bukanlah dalam arti yang sesungguhnya. Pertarungan yang dimaksud di sini adalah persaingan untuk menjadi yang terbaik dalam perusahaan, serta mendapatkan hati atasan.

Jika keterampilan anda sudah sangat bagus, serta atasan terlihat sangat puas akan hasil kerja anda. Maka bukan tidak mungkin lagi apabila anda diberikan kepercayaan untuk menduduki jabatan yang tinggi. Serta berperan dalam mengelola dan menentukan masa depan perusahaan tersebut.

3# Mulailah berpenampilan menarik, rapi, dan mewakilkan perusahaan anda

naik jabatan

Baik-atau buruknya seseorang dapat langsung dilihat dari cara berpakaian, seseorang yang berpenampilan rapi serta menarik biasanya mampu membuat orang lain menaruh hati kepada anda.

Meskipun manusia tidak hanya dinilai dari penampilannya saja, tapi orang yang berpenampilan kumal tentu akan lebih sering mendapat keraguan ketimbang mereka yang peduli terhadap penampilannya.

…Bukankah beberapa perusahaan memberikan seragam wajib untuk pegawainya?

Meskipun perusahaan telah memberikan seragam wajib, bukan berarti hal tersebut semata-mata membuat penampilan anda rapi dan enak dipandang. Anda juga perlu menyesuaikan seragam tersebut dengan postur tubuh yang anda miliki.  Mungkin dengan rajin mencuci, serta menyetrika dapat membuat penampilan anda tidak lusuh dan memberikan citra kewibawaan untuk anda.

Penampilan dapat menggambarkan kepribadianmu!

Lain halnya dengan perusahaan yang membebaskan penggunaan pakaian kepada pegawainya ( Bebas asalkan rapi ). Bekerja di perusahaan seperti ini akan membuat anda membutuhkan waktu extra untuk memperhatikan penampila.

Hal ini karena anda tidak diberikan seragam yang membuat penampilan yang berbeda antara satu orang dengan orang yang lainnya. Dengan begitu anda perlu menyediakan stok pakaian yang terbaik untuk dipergunakan saat sedang bekerja.

Selain itu usahakanlah menggunakan pakaian yang sekiranya mampu mencerminkan karakter perusahaan anda. Semisalkan perusahaan tempat anda bekerja merupakan pemroduksi batik, maka kemeja batik adalah pakaian yang tepat untuk anda. Hal ini semata-mata dilakukan untuk membuat sebuah pembeda pada diri anda, sehingga mampu menarik simpati dari atasan.

4# Jadilah seseorang yang positif

Jika penampilan dirasa sudah rapi dan menarik, maka sekarang saatnya menunjukkan bahwa anda merupakan seseorang yang memiliki kepribadian yang positif.

Maksudnya adalah, anda merupakan orang yang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, serta mampu berpikiran jernih saat perusahaan sedang menghadapi masalah. Selain itu, bahasa tubuh yang baik dan komunikasi yang lancar serta berbobot bisa juga menjadi cara agar orang lain menilai anda dengan baik.

5# Tunjukkan bahwa anda memiliki sifat seorang pemimpin

Jika anda menginginkan naik jabatan, tentu anda harus tau bahwa semakin tinggi posisi yang anda duduki, semakin tinggi pula tanggung jawab anda dalam memastikan masa depan perusahaan.

Hal ini hanya dapat diwujudkan apabila anda mampu memimpin pegawai/rekan kerja yang jabatannya lebih rendah dibandingkan anda. Tapi meskipun saat ini anda belum memiliki posisi dan jabatan yang tinggi di perusahaan, bukan berarti anda tidak perlu mempelajari bagaimana cara menjadi seorang pemimpin yang baik.

Jangan menunggu naik jabatan, belajarlah memimpin sedari sekarang.

Belajar menjadi seorang pemimpin yang baik dapat anda praktekkan sejak masih menyandang status pegawai biasa. Anda dapat memulainya dengan mengambil peran penting dalam mensukseskan pekerjaan yang dilakukan secara berkelompok (Kerja tim). Serta berani menjadi orang yang bertanggung jawab apabila tim tidak dapat memberikan hasil yang memuaskan kepada atasa.

Hal semacam ini justru akan memberikan dampak yang sangat positif untuk kehidupan anda. Bahkan atasan pasti akan sangat terpukau pada saat melihat kemampuan anda dalam mempimpin. Jika atasan saja sudah terpukau atas skill kepemimpinan yang anda miliki, bukan tidak mungkin bila anda akan diberikan promosi berupa naik jabatan.

Bukan hanya itu, belajar menumbuhkan sifat kepemimpinan juga akan sangat berguna untuk segala aspek dalam kehidupan anda. Maksudnya, jika anda mulai tidak betah karena pengajuan naik jabatan anda tidak kunjung di terima, anda dapat keluar dari perusahaan tersebut dengan membawa sebuah skill yang luar biasa.

6# Tetap konsisten dalam bekerja

Hal penting selanjutnya dalam medapatkan promosi jabatan dengan cepat, yakni dengan bekerja secara konsisten. Seorang atasan tentunya menginginkan seseorang yang mampu bekerja secara serius untuk diberikan kepercayaan memegang jabatan tinggi di perusahaan terebut.

Bekerja dengan konsisten dapat anda lakukan dengan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh atasan secara tepat waktu. Selain itu tidak pernah membuang-buang waktu dalam bekerja juga menjadi salah-satu contoh dalam bekerja dengan penuh konsisten.

Manfaatkanlah waktu bekerja anda untuk bekerja, bukannya malas-malasan dan ingin cepat pulang.

…Bayangkan bila anda menjadi seorang atasan.

Tentu anda akan mempercayakan jabatan tinggi hanya kepada mereka yang bekerja secara serius dan tidak main-main, seperti ada seorang pegawai yang hanya bekerja bila dilihat oleh atasannya (Kalau ngga ada atasan, yaa … lanjut molor). Atau seorang pegawai yang tidak bisa menyelesaikan tugas-tugas yang seharusnya menjadi tanggung jawabnya. *Tipe kayak begini sih gak pantas minta naik jabatan.

7# Beranikan diri untuk mengemukakan pendapat pada saat rapat

discussion

Biasanya pada saat rapat, seluruh orang yang terlibat dalam perusahaan akan berkumpul, termasuk atasan dan tokoh-tokoh dalam perusahaan tersebut.

Momen inilah yang seharusnya anda pergunakan untuk menunjukkan kemampuan dan kepedulian anda terhadap masa depan perusahaan tempat anda bekerja. Usahakanlah untuk memperhatikan dan ikut terlibat dalam rapat tersebut. Maksudnya adalah, sesekali sempatkanlah untuk menyumbang masukan dan ide-ide brilian yang dapat berpengaruh positif terhadap masa depan perusahaan tersebut.

…Sayangnya, tidak semua orang berani untuk berbicara.

Kebanyakan orang akan memilih diam meskipun mereka memiliki ide cemerlang untuk perusahaan, dan hal ini merupakan sebuah penghambat dalam karier kerja anda. Terutama untuk anda yang menginginkan jabatan tinggi.

Maka dari itu, usahakan untuk melatih kosa-kata dan cara bicara anda. Sehingga anda mampu untuk memberikan suara pada saat rapat, terutama pada saat rapat penting yang menyangkut masa depan perusahaan.

Berani memberikan pendapat seperti ini, bukan hanya membuat anda semakin dekat dengan jabatan yang di idam-idamkan. Tetapi akan sangat ampuh juga dalam membuat anda terlihat semakin pintar dan membuat anda semakin di segani oleh sesama pekerja.

8# Membantu orang lain saat pekerjaan anda sudah selesai

Sebelumnya anda perlu memahami arti konsisten dan disiplin dalam bekerja, sehingga pekerjaan yang diberikan oleh atasan kepada anda akan cepat terselesaikan dengan tepat waktu.

Apabila pekerjaan anda memang sudah selesai sebelum waktu yang ditentukan, anda dapat menawarkan beberapa bantuan kepada rekan kerja lain yang pekerjaannya belum selesai dan seperti membuat dia kebingungan.

Kalau dipikir-pikir, daripada waktu luang tersebut anda pergunakan untuk bersantai tidak ada gunanya. Bukankah lebih baik bila dipergunakan untuk membantu sekaligus belajar. Hal ini dapat memberikan kesan bahwa anda merupakan kariawan atau pegawai yang dapat bekerja dan bertanggung jawab kepada timnya.

Jika anda sering menolong sesama rekan pegawai, otomatis teman-teman anda akan menaruh simpati dan kepercayaan lebih terhadap anda. Sehingga bila suatu saat nanti anda mendapatkan promosi jabatan, maka anda tidak perlu pusing lagi untuk membangun kepercayaan dari orang lain. Serta dapat menghindarkan anda dari persaingan yang tidak sehat.

9# Peduli terhadap lingkungan perusahaan

Sama seperti poin tujuh, di sini anda diharapkan memiliki sikap peduli terhadap lingkungan yang terdapat di perusahaan.

…Mari kita ambil contoh :

Anggap saja perusahaan tempat anda bekerja merupakan perusahaan jasa pengiriman barang secara kilat, perusahaan seperti ini otomatis selalu dikunjungi oleh ratusan orang setiap harinya. Dan mungkin saja anda dapat menyarankan kepada atasan anda untuk menambahkan kursi. Agar masyarakat yang ingin mengirimkan barang dapat lebih nyaman pada saat harus mengantri berjam-jam.

Di atas hanya sebagai contoh saja, perhatikan juga dalam memberikan sebuah saran terhadap perusahaan. Pastikan anda memiliki alasan yang kuat atas usul tersebut, alasan yang dapat meyakinkan atasan bahwa apa yang anda jelaskan adalah sesuatu yang benar dan harus segera di realisasikan.

Dengan memiliki kepedulian terhadap perusahaani, serta keberanian untuk menyampaikannya kepada atasan, bukan tidak mungkin bila atasan anda akan menilai anda sebagai kariawan yang berbeda dari yang lain.

Hal ini pula akan memberikan nilai positif untuk karier pekerjaan anda, serta mampu mendekatkan diri kepada posisi jabatan yang tinggi dalam perusahaan.

10# Selalu bekerja dengan mengamalkan nilai kejujuran

Sepertinya negara kita sekarang ini sedang berada dalam sebuah krisi kejujuran, dimana para pejabat pemerintahan sepertinya terlalu mudah untuk melakukan tindakan korupsi.

Padahal jika mereka yang telah memiliki jabatan dalam pemerintahan memberlakukan sistem kejujuran dalam diri sendiri, maka kata korupsi rasanya tidak akan terdengar di negara tercinta ini.

Hal yang sama berlaku untuk perusahaan-perusahaan yang mungkin salah-satunya menjadi tempat anda bekerja, atasan anda pastinya akan mempercayakan kariawan yang jujur untuk bekerja dengan jabatan yang tinggi.

Oleh karenaanya, usahakanlah untuk selalu bekerja dengan mengutamakan kejujuran dan hasil yang maksimal untuk perusahaan. Tidak perlu berpikir untuk ada dan siapa melakukan kejujuran, cukuplah jujur terhadap diri sendiri dulu.

Jika anda berhasil jujur terhadap diri sendiri serta mampu menahan godaan untuk melakukan tindakan penipuan, licik dan sebagainya. Pasti jabatan tinggi serta kesuksesan akan senantiasa menanti anda di kemudian hari.

11# Tunjukkan kesetiaan anda pada perusahaan

Selain menginginkan kariawan yang jujur, atasan pastinya menginginkan kariawan yang setia untuk dipercaya menduduki posisi tinggi di perusahaan.

…Bagaimana cara menunjukkan kesetiaan terhadap perusahaan?

Cara paling simple adalah dengan bekerja dengan kurun waktu yang tidak sebentar. Dengan bekerja cukup lama, tentu akan membuat anda di cap sebagai kariawan yang memiliki loyalitas tinggi terhadap perusahaan, dan atasanpun tidak akan segan untuk memberikan kepercayaan lebih terhadap anda.

Selain itu, loyalitas dalam bekerja bisa juga diwujudkan dengan selalu memberikan yang terbaik kepada atasan anda, tidak pernah membantah perintah atasan, serta selalu berjuang untuk memajukan eksistensi dari perusahaan tempat anda bekerja.

12# Lanjutkan pendidikan hingga setinggi mungkin

Tidak sedikit perusahaan yang memberikan jabatan hanya kepada mereka yang memiliki pendidikan yang tinggi. Hal ini menandakan bahwa latar belakang pendidikan masih sangat penting di Indonesia, sehingga anda yang mendamba-dambakan jabatan tinggi, sangat perlu untuk melanjutkan pendidikan hingga setinggi mungkin.

13# Ajukan diri untuk dipromosikan

Anda yang sudah merasa mampu untuk menduduki jabatan tinggi, serta mampu memimpin dan mempertanggung jawabkan nasib perusahaan, tidak ada salahnya untuk megajukan diri agar dipromosikan.

Tanyalah kepada atasan mengenai masalah naik jabatan tersebut, dan berikan juga alasan yang pasti mengapa anda layak untuk jabatan tersebut. Jika selama bekerja anda selalu memberikan hasil yang terbaik, maka anda tidak perlu kawatir karena  keinginan anda untuk naik jabatan bisa saja dikabulkan degan cepat.

Baca Juga  : 12 Tanda Bahwa Anda Akan Meraih Sukses di Kemudian Hari

Demikianlah 13 cara dalam mempercepat naik jabatan yang dapat anda terapkan, mungkin dengan menerapkannya anda tidak akan langsung menerima efeknya. Tetapi lama-kelamaan kegiatan baik pastinya membuahkan hasil yang baik pula. Sekian dan terimakasih ya guys.


Loading...

Bagikan

Vilandus

Penulis

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *