Tutorial Blog

Claim Situs Alexa Rank Sudah Tidak Berlaku Lagi (Tidak Gratis)

Claiming has been retired – May 2016 by Alexa, Itu artinya Anda sudah tidak bisa melakukan verifikasi situs/blog ke Alexa secara gratis. Sebagai gantinya Anda akan dirujuk sebuah link yang menuju kehalaman site’s metrics Certified yang mengharuskan Anda untuk membayar.

Saya sendiri juga baru mengetahuinya ketika salah satu teman menanyakan perihal “tidak bisa verifikasi alexa” yang sebelumya berada di alamat URL : http://www.alexa.com/siteowners/claim. Ketika membuka tautan tersebut kita akan dialihkan ke sebuah halaman “Claiming has been retired – May 2016”.

tidak bisa verifikasi alexa

Apakah Claim Situs Alexa Berpengaruh Pada Peringkat Situs?

Dengan kondisi  “claiming has been retired” atau sudah tidak bisa verifikasi situs ke alexa rank apakah berpengaruh pada peringkat situs Anda? Tentu saja tidak, peringkat alexa untuk blog Anda tidak akan terpengaruh sama sekali.

Pihak Alexa akan tetap menghitung peringkat situs seperti biasanya, site’s metrics Certified disediakan untuk melacak keberadaan situs Anda, mulai dari pengunjung, kompetitor, SEO audit tool, Audience Geography, serta Historic Traffic lainnya secara lengkap.

Untuk itu Anda diwajibkan membayar semua tracking Alexa (pelacakan) agar bisa mengetahui hasil secara terperinci. Pihak Alexa menyediakan plans And Pricing yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa mencoba versi Trial-nya terlebih dulu selama 7 hari.

tidak bisa verifikasi alexa

Untuk pilihan service “Basic” dari Alexa dibandrol dengan harga $9.99/Month, harga ini dikhususkan untuk “small site owners” dengan fitur tracking danWebsite Research & Analysis, untuk melihat perbedaan service lainnya anda bisa lihat Compare Plans.

Loading...

Alternatif Tracking Website Gratis Pilihan Blogger

Tentu saja harga service Alexa yang cukup lumayan mahal ini kurang cocok bagi kantong blogger seperti saya, dan hal ini saya anggap tidak seberapa penting. Peringkat situs Alexa rank bukan jaminan untuk menghitung jumlah visitor secara akurat.

Baca juga : Perhitungan Alexa Rank Tidak Akurat Ini Buktinya

Alternatif tracking website pilihan saya adalah Google Analytic, meskipun tidak menghitung peringkat situs tetapi dapat menganalisa visitor dan pelaporan “tracking” secara akurat. Dan satu kelebihan dari Google analytic adalah gratis selamanya.

Meskipun Google juga menyediakan versi premium, tetapi google analytic versi gratis sudah lebih dari cukup. bahkan tersedia juga versi aplikasinya untuk Android.

Nah, sekarang Anda yang bisa memilih, perhitungan peringkat situs melalui Alexa rank tetap bisa Anda lihat melalui Alexa toolbar walaupun sekarang tanpa verifikasi (claim situs) dan tanpa mendaftar site’s metrics Certified ke pihak Alexa.com.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

26 Comments

  1. Dulu ane pernah coba gan,,, terus ane instal ulang karna males buat artikel,, bingung juga euy,, eh sekarang bingung lg mau nerusin wkwkw

  2. mas broo mohon tips dan trik nya bagaimana cara nya supaya blogger saya bisa di setujui oleh google adsense ??

  3. Ternyata selama ini claim ke alexa nggak ada pengaruhnya ya….

    Saya sendiri juga sering mantau perkembanngan blog melalui…. Google analytic

    walaupun cuman seminggu sekali….heheheh

  4. pihak alexa tengah mencari penghasilan tambahan sepertinya 😀 mungkin kebanyakan sebelumnya pake yang free* jadi begini deh alexa …

  5. bisa claim alexa maupun tidak saya ngga peduli! pasalnya dari awal alexa memang bukanlah sebagai tolak ukur dr peringkat blog kita, bahkan blog punya saya juga banyak yang ngga saya claim .. yang terpenting traffik blog tetep stabil dan bisa naik itu sudah cukup, alhamdulillah 😀

    1. Betul mas..yang penting trafik tetap meningkat..saya juga nggak terlalu memikirkannya..yang penting trafik lancar jaya 😀

  6. mas, blog saya sudah terverifikasi ke alexa sebelumnya .. dengan berita diatas, kode verifikasi nya dibiarkan terpasang atau gimana untuk saat ini ?

    1. Tidak akan terpengaruh kok mas Widodo, ini trik pihak alexa saja agar sebagian owner blog membeli service dari pihak Alexa.

  7. tidak ada kode verifikasi lagi buat blog baruku…kecuali membayar…hmm..mahal….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *