Internet

ClamXav Antivirus Terbaik untuk MacBook Pro dan Air

Antivirus Terbaik untuk MacBook – Saat ini pengguna MacBook Pro dan MacBook Air sangat mungkin terserang virus trojan atau malware. Hal ini bisa terjadi, karena macOS Sierra juga dapat mendukung aplikasi dari pihak ketiga. Anda perlu antivirus untuk keamanan agar terhindar dari serangan virus.

CalmXav adalah Antivirus terbaik untuk MacBook yang bisa dipilih untuk di instal pada MacBook Pro maupun MacBook Air Anda.

ClamXav Powerful, Ringan & Mudah Digunakan

ClamXav adalah antivirus terbaik yang sebelumnya dapat diinstal pada MacBook Pro dan MacBook Air secara gratis. Namun saat ini ClamXav tidak lagi gratis. Anda perlu melakukan pembelian lisensi resmi untuk melakukan proses scaner file dan penghapusan virus trojan atau malware yang menginfeksi perangkat macOS Sierra Anda.

Meski tidak gratis, ClamXav dinilai oleh para pengguna Mac, MacBook Pro dan Air cukup powerfull dalam membasmi semua jenis virus. Antivirus terbaik ini juga ringan saat dijalankan, dan pastinya juga mudah digunakan.

ClamXav dapat diatur dengan mudah untuk melakukan scan secara spesifik beberapa file yang terjangkit virus, atau bahkan melakukan scaning virus trojan dan malware dalam drive MacBook Pro dan MacBook Air Anda.

Jika Anda mau, Anda bahkan dapat mengaktifkan fitur terbaik yang bernama Sentry. Ini adalah fitur antivirus ClamXav yang berfungsi untuk melakukan monitoring kondisi perangkat macOS sierra, dan melakukan scaning pada file-file baru.

ClamXav juga memungkinkan pengguna untuk melakukan scaning dan update database secara otomatis sesuai jadwal yang Anda tentukan.

ClamXav Antivirus terbaik untuk MacBook berbayar juga terbukti benar-benar ringan ketika beroperasi melakukan scaning. Berjalan di latar belakang perangkat macOS Sierra, Anda tetap dapat dengan nyaman mengoperasikan MacBook. Anda tidak akan terganggu, bahkan kadang Anda tidak menyadari bahwa ClamXav sedang melakukan scanning.

Dengan menginstal ClamXav pada MacBook Pro atau Air yang Anda miliki. Anda dapat dengan tenang bekerja dan tidak perlu khawatir lagi gangguan yang disebabkan oleh virus trojan maupun malware.

Versi terbaru dari antivirus ini adalah ClamXav 2. ClamXav 2 sudah support dengan MacBook yang menjalankan Mac OS X 10.6.8 atau versi yang lebih tinggi.

Tiga Jenis Lisensi ClamXav yang Bisa Dipilih, Diantaranya adalah :

#1. ClamXav 2 Personal Licence

Lisensi ini dapat anda beli dengan harga 29.95 USD. Lisensi personal hanya dapat digunakan untuk satu perangkat tidak lebih, dan tidak dapat digunakan untuk penggunaan komersial atau diinstal pada perangkat lainnya.

#2. ClamXav 2 Commercial Licences

Ini adalah lisensi untuk keperluan instalasi pada perangkat yang digunakan oleh sebuah perusahaan dan bisnis.

#3. ClamXav 2 Personal Licence with Educational Discount

Ini adalah lisensi personal namun dengan diskon khusus sebesar 30%. Diskon ini diberikan bagi pelajar, pengajar atau staff pada sebuah institusi pendidikan.

Panduan Instalasi ClamXav Pada MacBook Pro dan MacBook Air

Antivirus Terbaik untuk MacBook
Dealing with Infected Files via Clamxav docs

Langkah pertama : Silahkan download antivirus ClamXav versi terbaru melalui situs ClamXav.

Langkah kedua : Extract “ClamXav_2.xx.zip” yang sudah didownload lalu klik file ClamXav.app untuk memulai proses instalasi.

Langkah ketiga : Baca seluruh End User Licence Agreement. Lalu klik setuju untuk melanjutkan proses instalasi antivirus ClamXav ke perangkat MacBook Anda.

Langkah keempat : Masukan lisensi antivirus ClamXav for Mac yang telah Anda beli dan dapatkan pada kolom registrasi. Lalu klik tombol “Enter Registration”.

Atau dengan cara mengakses link registrasi yang Anda terima melalui email, untuk memasukkan key lisensi pendaftaran Anda secara otomatis.

Langkah terakhir : Anda mungkin diminta untuk menginstal atau memperbarui mesin pemindaian anti-virus. Jika ya, klik “Install” dan tunggu proses instalasi selesai. Terakhir, klik “Update Now” maka perangkat Anda akan otomatis mendownload definisi virus terbaru.

Setelah semua proses intalasi antivirus ClamXav maka Anda dapat menjalankannya untuk melakukan scanning virus yang mungkin menginfeksi perangkat MacBook Anda.

Setelah scanning selesai, maka anda dapat mengkarantina seluruh virus atau memilih untuk menghapus seluruh virus tersebut selamanya dari Apple MacBook Anda. Kini berkat ClamXav Antivirus terbaik untuk MacBook perangkat Anda dapat terhindar dari bahaya serangan virus trojan dan malware.

Bagi Anda yang ingin mencoba ClamXav versi trial, Anda dapat menggunakan ClamXav secara gratis selama 30 hari. Cara silahkan download ClamXav versi trial 30 gratis

terlebih dahulu. Lalu instal antivirus ClamXav dengan mengikuti panduan instalasi yang sudah disampaikan di atas sebelumnya.

Penutup

Meski Anda telah menginstal ClamXav Antivirus terbaik untuk MacBook milik Anda. Sangat penting juga tetap menggunakan MacBook dengan kehati-hatian. Anda bisa menerapkan beberapa tips terbaik gratis untuk mencegah virus trojan dan malware menginfeksi MacBook berikut :

Perbaharui Sistem Operasi MacBook Anda

Tips ini sangat disarankan untuk Anda yang masih menggunakan OS versi lama seperti Leopard dan juga Lion. Sebaiknya lakukan pembaharuan sistem operasi MacBook Anda ke versi terbaru yang telah mendapatkan sejumlah pembaharuan fitur dan perbaikan sistem keamanan.

Update Software-software MacBook Secara Berkala

Dengan melakukan update secara rutin terhadap seluruh software yang terinstal pada perangkat MacBook Anda, maka hal ini memungkinkan perangkat terhindar dari serangan trojan dan malware.

Untuk melakukan Update masing-masing software pada MacBook cukup mudah. Anda hanya perlu memilih menu dibagian pojok kiri atas software lalu cek pembaharuan yang tersedia dengan cara klik “Software Update”.

Periksa juga update untuk aplikasi yang sudah dibeli melalui Mac App Store. Sedangkan untuk aplikasi pihak ketiga, kamu bisa menggunakan AppFresh.

Perbaharui Browser MacBook Anda

Browser menjadi gerbang pertama bagi kemungkinan masuknya trojan dan malware ke perangkat Mac milik Anda. Sebaiknya cek kembali apakah web browser Anda juga telah mendapatkan update terbaru, setelah Anda melakukan update sistem operasi.

Selalu Gunakan Adobe Flash Versi Paling Baru

Meski beberapa pengguna MacBook ada yang tidak menggunakan bahkan sudah menghapus Flash dari perangkat. Tapi Flash masih dianggap penting dan dibutuhkan bagi beberapa pengguna macOS Sierra lainnya. Untuk pengalaman browsing yang lebih nyaman dan aman, sangat disarankan Anda untuk selalu menggunakan Adobe Flash versi terbaru pada perangkat MacBook Pro atau MacBook Air Anda.

Hindari Menggunakan Banyak Plugin

Beberapa plugin yang terinstal dan berjalan pada web browser biasanya cukup riskan dan rentan. Jika dijalankan tanpa control plugin dapat membuat browser MacBook tidak aman, mudah crash, lambat dan lebih boros baterai.

Bagi anda yang terbiasa menggunakan Safari, Anda bisa menggunakan extension bernama ClickToPlugin. Plugin ini cukup efektif membantu pengguna MacBook untuk mengontrol semua plugin semua plugin yang terinstal pada browser MacBook Anda. Dengan demikian, kamu bisa menjalankan plugin yang dibutuhkan sesuai keinginan.

Matikan Fitur “Open Safe Files Aftar Downloading”

Ini adalah sebuah fitur yang memungkinkan perangkat MacBook Anda menjalankan atau mengeksekusi file yang sudah didownload atau semacam autorun. Meski macOS Sierra terbaru benar-benar canggih, namun virus-virus terbaru yang beredar juga tidak kalah canggih dan berbahaya. Virus torjan dan malware yang menyusup pada file, bisa saja memanfaatkan celah ini.

Kamu bisa menonaktifkan fitur yang ada pada Safari ini dengan cara masuk ke menu bar Safari lalu pilih Preferences, selanjutnya hilangkan check box pada Open “safe” files after downloading.

Selalu Lakukan Review Sebelum Menginstal

Jangan sembarangan menginstal aplikasi atau software yang belum jelas sumbernya atau software bajakan. Jika terpaksa, maka ada baiknya lakukan research terlebih dahulu melalui internet mengenai software tersebut. Cara ini memungkinkan MacBook anda terhindar dari software bajakan yang telah tersusupi trojan dan malware. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan software atau aplikasi yang sudah tersedia melalui Mac App Store.

Ringan, mudah digunakan dan benar-benar efektif dalam membasmi semua virus trojan dan malware, manjadi alasan mengapa antivirus ClamXav menjadi rekomendasi Antivirus terbaik untuk MacBook Pro dan MacBook Air.

Bagi Anda yang mungkin membutuhkan antivirus terbaik gratis. Maka anda juga bisa memilih menggunakan  antivirus populer untuk MacBook Pro dan Air seperti AVG, Avast, Avira Shopos, Comodo dan lainnya.

Sumber bacaan : MakeMac, ClamXav dan MacPoin


Loading...
Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

2 Comments

  1. Saya tidak membaca adanya fitur payment protection seperti yang beberapa antivirus lain tawarkan (contoh AVG Internet Security). Tapi berdasarkan ClamXav FAQ, Software ClamXav dilengkapi dengan Sentry Documentation yang dapat memberikan notifikasi jika browser pengguna terinfeksi virus atau trojan. Sehingga ini dapat meminimalisir pengguna terjebak pada scam website yang biasanya mengintai data personal dan info perbankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close