Fitur Terbaru YouTube

Copyright Match, Fitur Terbaru YouTube untuk Menjegal Video Reupload

Copyright Match adalah sebuah fitur terbaru YouTube yang akan menguntungkan para konten kreator (pembuat video Youtube) atau sering disebut Youtubers.

Pasalnya, Copyright Match adalah sistem untuk mendeteksi pelanggaran hak cipta terkait video milik Anda yang dicuri atau di-reupload oleh pengguna lain atau tidak.

Fitur terbaru YouTube ini dirancang untuk menemukan video yang diunggah ulang oleh pengguna lain atau sering disebut reuploader yang kian meresahkan. Karena mereka seenaknya sendiri mengupload ulang, bahkan meng claim video tersebut sebagai miliknya.

Parahnya lagi, beberapa video tersebut berhasil atau lolos untuk di monetisasi dengan iklan yang bisa masuk ke kantong pribadi mereka.

Sebelumnya, pihak YouTube juga sudah menghadirkan fitur Content ID sebagai perlindungan hak cipta atas video – video yang diupload. Namun untuk menggunakan Content ID mewajibkan persyaratan khusus.

Kelebihan Copyright Match, Fitur Terbaru YouTube

Berbeda dengan Copyright Match, sebab cara kerjanya lebih sederhana. Algoritma YouTube bekerja dengan memindai video lain. Selanjutnya akan mencari tahu apakah ada kesamaan atau kemiripan video dengan video milik Anda.

Apabila YouTube menemukan pengguna lain yang mengunggah video dan mirip dengan milik Anda, maka pada video tersebut akan muncul pada tab “matches” yang tersedia.

Fabio Magagna, selaku Product Manager Copyright Match Tool mengclaim bahwa telah menguji tools ini dengan para pembuat konten selama kurang lebih satu tahun. Untuk membuatnya aman dan efektif untuk digunakan pada seluruh komunitas, seperti yang dikutip dari tekno.kompas, Kamis (12/7/2018).

Loading...

Tools ini dibuat untuk menemukan video yang diunggah ulang secara penuh. Tetapi apabila yang dicuri hanya sebagian kecil  video saja, Anda tetap bisa melaporkannya melalui halaman khusus untuk mengirim keluhan terkait hak cipta.

Selanjutnya pengguna bisa mengambil tindakan selanjutnya, apakah akan dibiarkan saja atau tidak. Anda pun bisa secara langsung untuk menghubungi pengunggah konten tersebut atau meminta pihak YouTube untuk menghapus video tersebut.

Perlu diketahui, sistem Copyright Match ini akan memindai sesuai waktu kapan dan siapa pengguna yang pertama kali mengunggah video tersebut. Pengguna yang mengupload/mengunggah video belakangan akan dianggap sebagai pencuri.

Fitur Copyright Match ini dibuat YouTube dengan tujuan melindungi konten dari tindak pencurian yang menggunakan konten milik kreator lain untuk kepentingan pribadi.

Baca jugaRahasia Youtubers Dalam Membangun Channel, Pahamilah!

Semoga dengan adanya fitur terbaru Youtube ini, para YouTubers akan lebih kreatif untuk membuat konten sendiri.



Loading...


Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *