Adsense Di Youtube

Cover Lagu Di Youtube Untuk Di Uangkan

Apakah cover lagu atau menyanyikan lagu orang lain dan di upload ke youtube bisa di monetize atau di uangkan? Ya tentu saja bisa asalkan video tersebut diklaim oleh pemilik penerbit musik, dan kita menerima pendapatan berupa bagi hasil di google adsense. Di chanel youtube saya sendiri juga terdapat cover lagu milik orang lain dan masih bisa di uangkan.

Artikel ini saya buat sekaligus untuk menanggapi dari beberapa pertanyaan mengenai “konten pihak ketiga yang cocok”, apakah masih bisa di uangkan, walaupun lagu tersebut mempunyai hak cipta dan apakah tidak melanggar TOS youtube? Baiklah, saya akan menjelaskan nya, agar kita sama sama mengerti tentang aturan meng-cover lagu milik orang lain di youtube.

Pengertian meng-cover lagu

Istilah cover lagu bisa di artikan menyanyikan ulang lagu dari artis atau penyanyi terkenal dengan versi suara kita sendiri, dalam isilah cover lagu kita menyanyikan ulang lagu tersebut dengan di iringi alat musik seperti gitar, piano atau alat musik lain yang kita improvisasi dengan gaya kita tanpa mengubah lirik serta lagu aslinya. Dalam beberapa versi cover, bisa juga di nyayikan dalam versi karaoke, asalkan suara atau vokal dari lagu tersebut adalah suara kita.

Video versi cover

Untuk mengupload ke youtube, kita bisa merekam lagu versi cover tersebut untuk di jadikan sebuah video. bisa juga di buat lebih bagus dengan bantuan software video editor serta penambahan teks karaoke atau subtitles tanpa mengubah lagu aslinya

Apakah meng-cover lagu aman dan bisa di uangkan?

Asalkan lagu tersebut telah diklaim oleh pemilik penerbit musik melalui sistem content ID kemungkinan layak untuk monetisasi atau dapat di uangkan melalui google adsense.

Yang terpenting tidak melanggar TOS dari Youtube maupun dari google adsense, jadi sah dan aman dalam penggunaannya. Akan tetapi akan diterapkan sistem bagi hasil atau pendapatan yang kita peroleh dengan pemilik hak cipta.

Untuk dapat menguangkan sebuah video di Youtube, tentu saja anda harus mempunyai akun adsense terlebih dahalu. Bagi anda yang belum mempunyai akun google adsense untuk Youtube anda bisa baca artikel dibawah ini.

Mendaftar google adsense melalui youtube

Loading...

monetize cover lagu youtube

Cara mengaktifkan bagi hasil pendapatan untuk video lagu versi cover

Untuk mengaktifkan bagi hasil pendapatan untuk video lagu versi cover yang telah diklaim oleh penerbit musik

1. Aktifkan akun Anda untuk monetisasi, jika belum melakukannya. Kunjungi tab Monetisasi di setelan akun.

2. Cari video lagu versi cover yang layak dalam Pengelola Video. Video tersebut akan memiliki pemberitahuan “Konten pihak ketiga yang cocok” dan ikon simbol dolar abu-abu.

3. Klik ikon simbol dolar abu-abu di samping video. Pada tab Monetisasi, centang kotak di samping pesan yang berbunyi: “Monetisasi video saya. Ini adalah versi cover yang saya bawakan dari lagu yang ditulis orang lain. Pelajari lebih lanjut”

4. Video Anda selanjutnya akan ditinjau untuk diperiksa bila berisi konten pihak ketiga diluar lagu pihak ketiga tersebut.

5. Anda akan segera diberi tahu jika ada informasi lebih lanjut yang diperlukan. Jika ada pertanyaan, kunjungi pemecah masalah monetisasi.

Dikutip dan disalin dari sumber resmi

monetize cover lagu dari pihak ketiga youtube

Jadi untuk proses monetize adalah seperti biasa, sama halnya ketika melakukan proses monetize pada video original/asli tanpa terkait dengan hak cipta.

Hanya saja pada bagian monetize akan ada pemberitahuan yang menyatakan “Video ini adalah versi cover yang saya bawakan dari lagu yang ditulis orang lain” seperti gambar dibawah ini.

video versi cover youtube

Dalam proses ini anda hanya perlu memberikan tanda centang dan klik monetisasi versi cover, setelah itu video sudah berhasil untuk di uangkan. Jadi bagi anda yang hoby menyanyi, kesempatan ini dapat anda pergunakan untuk menghasilkan uang dari yotube.

Selain menyalurkan hoby menyanyi, anda juga akan berpotensi menjadi terkenal apabila banyak orang yang suka dan berlangganan ke chanel youtube anda.

Demikian penjelasan mengenai cara cover lagu di Youtube untuk di uangkan, semoga menambah wawasan serta pengalaman anda dalam hal bermain google adsense di Youtube. Jika ada pertanyaan, bisa melalui komentar.



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

103 Comments

  1. Mas mau nanya saya mau cover lagu. Tapi musik instrumen nya ngambil di chanel youtube karaoke. Nah yang jadi pertanyaan saya di deskripsi video yang ingin saya ambil instrumentalnya ngak ada keterangan lisensi itu lagu..! Saya berpikir pasti karna musik nya udah di ubah dari versi aslinya. Nah yang membuat saya bingung itu video tidak bisa di download/offline.. ! Nah apa bisa saya monotise video cover saya jika mengambil lagu nya di situs luar kaya savefrom agar bisa ambil tuh lagu.??? Nah pertanyaan yang lain saya apa si pembuat tuh lagu melindungi video musik karaoke nya pake contain id agar tidak di ambil orang.?

  2. permisi mas, klo cover lagu dengan aplikasi real drum terus di upload di channel apakah aman mas ?

  3. Mau tanya.. misal saya cover lagu versi karaoke tetapi menggunakan instrumen dari channel youtube lain misal Sing King Karaoke, apakah jika di monetize bagi hasil nya dengan pemilik lagu atau dengan si sing king karaoke? mohon pencerahannya hehe

  4. Mas saya buat video animasi tapi diiringi lagu aslinya, itu termasuk melanggar ga ?

  5. angko: kalo saya menggunakan jasa rekaman orang lain dan hasil rekaman itu menjadi lisensi [studio rekman} rekaman lagu itu kemudian menjadi cover di youtube, apakah saya yang menyanyikn lagu itu mendapatkan baagi hasil juga dari pemilik studio musik. mohon tanggapannya

  6. Mas numpang tanya, kalau sy membawakan harmonica cover tp iringan musiknya dr musik asli ny gmn? Apakah pelanggaran jg?
    Sama seperti karaoke tp tidak dengan suara melainkan dengan suara harmonika saya

  7. Mas kalo cover drum begimana? Masalahnya kan harus ada lagunya tuh. Apa jalan satu”nya cuma bagi hasil ya ?

  8. Gan boleh tanya nih, ane bikin video gambar misal lagu barat dan teks sesuai lagunya. Apakah bisa diterima youtube, atau dapat di monetisasi. ane liat juga banyak tuh video gambar artis dengan lagu hitsnya. Gimana kasih masukan donk.

  9. Mas Gani mau nanya.saya pemain gitar instrumental dan mengkover lagu seperti joe satriani,yngwie,dream theater dll menggunakan backingtrack dari youtube.contoh mengkover lagu Joe Satriani berjudul Cryin,dan backingtrack lagu Cryin itu ada beberapa orang/pihak yg membuat backingtrack tsb.jadi saya mengkover lagu joe satriani dan menggunakan backingtrack yg disediakan oleh katakanlah MR.x.itu boleh apa ngak(bisa jadi masalah apa tdk?)apa itu bisa dimonetisasi?.Semoga Mas Gani paham maksud pertanyaan saya.mohon penjelasannya.Trm kasih banyak Mas.

    1. Semua itu termasuk jenis cover mas, jadi pendapatan akan dibagi dua dengan pemilik content ID atau pemegang copyright.

  10. need help bang.
    kalo misalnya lagu asli gua ilangin suara vocalnya, terus gua ganti sama suara gua yg nyanyi apakah aman untuk dimonetasi?

    jadi musik dari lagu aslinya, tapi suaranya gua yg nyanyi. itu bisa di monetasi gak?

    1. Itu bukan cover namanya mas, tetapi versi karaoke.
      Kemungkinan bisa di monetisasi, tetapi suatu saat pasti akan kena teguran.

  11. Mas saya mau tanya. Saya sudah monetisasi bagi hasil dengan pemilik hak cipta, tetapi kenapa data adsense seperti jumlah tampilan laman, tayangan, dan klik tidak bertambah di akun adsense saya. apakah datanya ada di pemilik hak cipta, dan apakah saya akan tetap mendapat penghasilan. Terima kasih mohon dijawab mas.

  12. mau nanya mas, kalo misalnya saya cover lagu daerah dgn aransemen saya sendiri itu bisa di monetise gk mas.

    kalo misalnya penyanyi aslinya tidak mendaftarkan hak ciptanya karena lagunya hanya tenar di daerah saya mas.

    saya takutnya gk bisa dimonetise, karna lagunya cuma tenar di daerah saya saja mas ?

    1. Bisa mas, bahkan beberapa lagu dengan hak cipta bisa di monetize, asalan di nyanyikan ulang, baik musik maupun vocal suara.

  13. Mas Gani mau tanya kalau pakai lagu2nya NCS itu aman nggak untuk di monetisasi ?
    ada tulisan No copyright sound, tapi masih ngeri mau coba

  14. kalo lagu no vocalnya dari smule trus kita cover lalu di upload di youtube, apakah kena copyright?

  15. Kalau saya membuat lirik lagu dengan lagu aslinya gimana mas?

  16. permisi mas . saya mau nyari uang di youtube dengan cara bagi hasil . saya sudahbuat cover nya . trus ngupload nya . langkah atau syarat agar tidak terkena copyrigh bagaimana

  17. permisi mas . saya mau nyari uang di youtube dengan cara bagi hasil . saya sudahbuat cover nya . trus ngupload nya . langkah atau syarat agar tidak terkena copyright bagaimana