Creator

Creator Instagram Vs Creator Youtube

Membahas mengenai masalah creator memang bukan hal yang mudah. Dimana setiap creator mempunyai sudut penglihatan dan ide masing-masing. Semua tergantung pada media tempat mereka berkarya.

Namun bagaimana jika kedua bidang creator ini kita bandingkan dengan satu sudut pandang. Yaitu dari segi prospek bisnisnya. Bagi sebagian orang mungkin akan mengatakan bahwa youtube jelas akan memberikan keuntungan yang luar biasa.

Apakah benar demikian? Langsung saja kita menuju ke TKP.

Kenapa harus dibandingkan?

Creator

Youtube dan Instagram. Jika kedua media ini kita bandingkan jelas sebagian orang akan memilih youtube. Karena memang youtube sedang dalam pasar penjualan atau rating yang tinggi. Apalagi jika anda memang seorang penikmat youtube.

Kedua media ini mempunyai beberapa kesamaan yang sangat jelas. Yaitu sama-sama merupakan sebuah media penyalur ide-ide kreatif dari para creator yang ada di seluruh dunia. selain itu kedua media ini juga menjadi salah satu media promosi yang sangat efektif terutama dari segi bisnis.

Mungkin untuk segi menghasilkan uang semua akan menjudge youtube adalah tambang emas yang pasti memberikan lembaran rupiah bagi creator video disana. Mungkin bagi sebagian youtubers terkenal seperti Raditya dika, Bayu Skak, Chandraliow, itu benar.

Loading...

Sudah jelas itu adalah sebuah tambang mas yang dapat memberikan mereka pundi pundi rupiah. Adsense memang sangat menjanjikan uang kepada orang orang terkenal yang mempunyai jutaan viewers.

Namun adsense bukanlah hal yang dapat kita perdebatkan jika lawan mainnya adalah instagram. Karena jelas di instagram tidak ada yang namanya adsense atau apapun yang dapat memberikan kalian uang. Apalagi berharap akan ada iklan di dalam video instagram kalian. Oh jelas tidak bisa.

Kebayang jika video instagram ada iklannya. Wah pasti sangat mengganggu pandangan penonton video. Maka dari itu sangat mustahil akan ada adsense yang muncul didalam instagram dan saya yakin dari pihak instagram juga tidak akan mengeluarkan ide seperti itu.

Aspek Bisnis Instagram dan Youtube

Terus sebenarnya kita mau membahas apa? Jadi sesuai dengan tema Creator Instagram dan Creator Youtube. Saya sebagai bagian dari keduanya. Namun untuk sekarang saya lebih fokus ke instagram. Karena saya mencoba untuk masuk ke dua aspek ini.

Buat yang ingin lihat instagram saya bisa di cek di @chardsonz bisa langsung di klik. Untuk youtube bisa di youtube.com/chardsonz semua sudah saya cek dan meneliti seluk beluk bisnis yang bisa dilihat dari kedua bagian ini.

creator

Sebagai seorang creator saya akan berbagi pengalaman. Terutama dari aspek bisnis. Walau memang saya tidak memakan uang sepeserpun dari karya saya as a creator. Namun saya tahu jelas aspek bisnis yang terdapat dalam media tersebut.

Namun semua itu tidak sesuai dengan tujuan utama saya menjadi seorang creator. Mungkin bagi sebagian orang yang melihat dari segi bisnis akan mengatakan “nih orang buat konten hanya untuk uang doang.” But sebenarnya konten saya tidak ada yang memancing pemikiran seperti itu sih. Jadi tidak terlalu menjadi sebuah permasalahan.

Karena pada dasarnya prinsip saya sebagai creator adalah to entertain. Jadi disini saya berperan sebagai enteratainer bukan bussiness man. Jadi tujuan utamanya hanya untuk membuat penonton bahagia dan tujuan utamanya adalah mencari kesenangan penonton bukan uang.

Jika ada yang menanyakan saya apakah enak jadi creator di youtube apa di instagram. Saya akan mengatakan di instagram. Nanti akan saya berikan penjelasan yang lebih jelas lagi mengenai kedua ini.

Dari aspek bisnis jelas youtube bisa memberikan pemasukan longlasting. Namun instagram bisa memberikan efek amazing. Percaya? Tidak? Nanti bisa kita buktikan. Pasti akan saya bahas.

Jadi kesimpulan di point ini adalah media apapun yang kalian gunakan akan semangkin baik jika kalian pandai melihat prospek yang ada. Bagaimanapun di setiap media mempunyai sisi kelemahan dan kelebihan masing masing.

Kelebihan masing-masing

Mari kita membandingkan dari kedua sisi ini. Silahkan pembaca dibagi menjadi dua kubu. Kubu instagram silahkan bacanya dari arah kiri ke kanan sedangkan kubu youtube dari kanan ke kiri. Haduh ini cara apaan sih. Lanjut.

Kelebihan youtube

Creator

Kita mulai dari youtube karena lebih terkenal saat ini dan konon katanya merupakan sumber ladang emas bagi youtubers.

Durasi lebih lama.

Durasi, ini adalah salah satu kekuatan youtube dibanding instagram. Jika kalian ingin membuat video yang lebih lama seperti vlog atau dokumentasi kegiatan lainnya. Youtube adalah sebuah media yang cocok untuk kalian. Jangan sekali sekali mengupload di instagram karena itu salah besar.

Ada Adsense.

Para pemuja Adsense mana suaranya? Ya memang adsense adalah salah satu hal yang di puji puji oleh creator yang ada di youtube alias youtubers. Kenapa, karena adsense itu ibarat orangtua. Karena bisa memberikan uang untuk jajan. Itu bagi sebagian youtubes sukses. Jika belum sukses jangan terlalu mengharap banyak dari adsense.

Keren.

Jadi youtubers keren. Bisa dibilang orang yang berkarya itu semua keren. Hanya youtube sekarang merupakan media yang dapat memberikan kalian sebauh julukan. Julukannya adalah youtubers. Jadi kalian jika berkarya di youtube kalian keren.

Mudah di akses.

Youtube bisa dikatakan sebuah media yang sangat mudah untuk di akses. Karena youtube bisa diakses dimanapun. Terutama bagi para creator jadi bisa upload video melalui hp maupun komputer. Tidak seperti instagram yang harus di upload dari hp atau smartphone.

Statistik jelas.

Terkadang creator juga harus mengetahui statistik. Hal ini dibutuhkan para creator dalam menargetkan video kepada para penonton. Sehingga video mereka dapat dinikmati dengan mudah dan tepat sasaran.

Kelebihan Instagram

Creator

Video pendek.

Pertanyaannya lah kok video pendek malah menjadi kelebihan. Jelas karena video yang pendek merupakan kenikmatan sendiri bagi editor video. Enak banget kan bisa ngedit dengan durasi yang tidak lama. Jadi menghemat waktu dan tidak terlalu menyiksa laptop saat rendering.

Tema jelas.

Jadi di instagram itu videonya enak jelas dan terarah. Karena bagi sebagian creator kita sudah mempunyai jenis jenis video yang dapat kita buat dan nantinya akan di berikan kepada penikmat video instagram.

Jenis jenisnya seperti video comedy, sport, beauty, animal, music, travel. Hanya itu saja jadi tidak perlu banyak tema yang harus kita cari sendiri seperti di youtube. Karena youtube merupakan media yang sangat luas dan kalian harus menentukan temanya sendiri. Jelas ini melelahkan bukan.

Viewers lebih mudah.

Video instagram mempunyai kelebihan tersendiri karena mudah di akses dan gampang di lihat banyak orang. karena di instagram ada yang namanya hastag dan juga ada yang namanya explore jadi video kalian bisa dilihat banyak orang asalkan akun kalian tidak di gembok.

Editan mudah.

Video instagram kalian tidak memerlukan editan yang spektakuler dengan color grading yang mewah layaknya youtube. Karena video yang kalian masukkan kedalam instagram tidak akan kalian saksikan dalam wujud 1080p tidak. Hasilnya ya standar aja karena akan masuk kedalam penyaringan sistem dari instagram itu sendiri.

Nah sudah lihat kelebihan masing masing. Sekarang kita ulas mengenai kelebihan dari sisi bisnisnya. Apakah youtube tetap menang dalam bisnisnya? Ya maksudnya dengan the power of adsensenya? Mari kita simak.

Adsense youtube

Youtube. Adsense youtube tidaklah mudah. Jika sobat klik mania berharap banyak pada adsense yang ada di youtube itu jelas salah besar. Jangan berharap terlalu banyak jika kalian tidak mempunyai pasukan tukang mengklik iklan.

Karena setelah saya telusuri, jika kalian mau penghasilan youtube kalian besar ternyata ada cara curangnya. Namun ada resiko kena banned IP nya. Jika mau cara curangnya gampang nanti akan saya buat pada postingan selanjutnya.

Namun kebalikan halnya jika kalian hanya orang yang suka dalam berkarya. Mungkin diawal kalian tidak anak merasakan apa apa terutama uang dari youtube ini. Bahkan kalian akan merasa rendah dengan tukang minta minta yang biasa ada di penyetan. Hasil ngemis dia satu jam aja lebih dari hasil ngeyoutube selama sebulan. Hadeh.

Jadi sekali lagi jangan berharap banyak pada adsense. Namun saya tidak melarang kalian untuk tetap berkarya dan membuat adsense memberikan rupiah mereka ke kalian. Tidak. Silahkan saja.

Bahkan jika kalian sudah profesional ngeyoutubenya kalian akan diberikan uang tambahan atau product seperti youtubers youtubers ternama lainnya. Semua bisa terjadi pada waktunya. Yang kalian butuhkan hanya semangat.

Baca : Mau Tau Jenis video yang Pernah Booming di Youtube?

Bisnis di Instagram

Hah memangnya instagram bisa menghasilkan uang. Ya jelas lah. Bahkan uang yang dihasilkan oleh instagram bisa lebih gede dari penghasilan di youtube loh.

Mungkin kalian akan bertanya bagaimana uang akan mengalir dari instagram. Jelas halnya dengan youtube yaitu dari iklan. Namun dalam konteks yang berbeda. Karena konsep iklan youtube adalah iklan yang di atur dari youtubenya. Sedangkan di instagram kalian yang bisa menentukannya. Dengan catatan ada orang yang ingin memasang iklan di akun kalian.

Iklan produk juga merupakan sasaran empuk rupiah di instagram nama lainnya adalah endorsement. Atau barang endorse siapa sih yang tidak mau di endorse? Sudah dapat barang dapat produk lagi. Wah lumayan banget kan?

Kenapa saya bilang demikian karena saya pernah baca pengalaman dari saleb gram si Awkarin. Siapa yang tidak kenal awkarin. Sempat booming di youtube dengan videonya ketika sedang putus dengan pacarnya gaga. Padahal ini video biasa aja.

Lah kenapa jadi gosip. Ya saya pernah membaca kisahnya yang kaya raya karena uang dari endorse tersebut. Bayangkan sekali endorse awkarin bisa membuka dengan harga 800 ribu per item.

Bayangkan jika iklan yang masuk 10 saja sudah berapa? Itu hitungannya perhari loh. hanya modal foto kreatif tidak perlu capek capek buat video yang bisa menjadi viral di berbagai dunia. tidak.

Bahkan awkarin pernah mengatakan jika ia pernah membuka endorsement hingga mencapai 30 juta sehari. Namun karena waktunya limited dia sekarang membatasi jumlah endorse dalam akunnya.

Bisa dilihat instagram ternyata juga mempunyai prospek bisnis yang lumayan ya. Jadi bagaimana menurut pendapat kalian apakah kalian lebih memilih untuk menjadi youtubers apa selebgram?

-RJ-


Loading...

Bagikan

Penulis

Richard Goodboy
Richard Goodboy
Mahasiswa yang hobi menulis 🙂

Find me:
Instagram : Chardsonz

Support saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya 🙂
Youtube : Youtube.com/chardsonz
Richard Goodboy

Penulis

Mahasiswa yang hobi menulis :)Find me: Instagram : ChardsonzSupport saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Komentar

    Avatar

    Arief Ghozaly

    ( - 21:40)

    Awkarin, gadis yang dulunya belia kini sudah menginjak remazaahh ahahaaa… Lumayan banget, 30 juta per hari. Lambat laun, bisa lebih dari itu nantinya. 50:50 sih.

      Richard Goodboy

      Hahahaha, kalian semua syucihh aku penuh dosyahh :)) Amin semoga tercapai ya sob.

      Thanks sudah membaca artikel ini – Richard Goodboy (author)

    Avatar

    kalau aku sih kurang pengalaman dalam pembuatan atau editing video kang, lebih suka menulis karena menulis lebih mudah ketimbang creator video, hehe

      Richard Goodboy

      wahh lanjutkan sob! siapa tahu karir menulis lebih menjanjikan 🙂 video hanya sebagai hobby juga boleh 🙂 Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *