Internet

Curug Cipendok, Keindahan Alam di Lereng Gunung Slamet

Curug Cipendok terletak di desa Karang Tengah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, masih berada di lereng gunung Slamet, gunung api terbesar di Jawa Tengah yang merupakan salah satu Gunung untuk Pendakian. Curug cipendok memiliki ketinggian 93 meter dan masuk dalam wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur.

Curug cipendok berjarak kurang lebih 15 km dari arah barat kota Purwokerto dengan waktu tempuh sekitar setengah jam atau sekitar 7 km dari Ajibarang. Untuk menuju Curug Cipendok tidaklah terlalu susah. Hanya saja, belum ada angkutan umum resmi yang sampai ke sana, sehingga kalau  mengunjungi tempat itu harus dengan kendaraan pribadi atau sewaan.

Jika dari kota Purwokerto dengan melewati jalan Jendral Sudirman ke arah alun-alun. Kemudian lurus menuju ke jalan raya Losari, sekitar 7 km jauhnya dari Purwokerto.  Selanjutnya akan ditemui plang tanda jalan masuk ke curug yang keberadaannya disebelah kiri jalan raya.  Plang masuk ini berada di rambu lampu kuning berkelap-kelip di pertigaan jalan raya Cilongok.

Dari pertigaan ini ambil belokan ke kanan ke jalan raya Cilongok dengan jarak sekitar 8 km hingga pintu gerbang curug. Kondisi jalan ini  cukup berkelok-kelok dan naik, namun kondisi jalan sudah beraspal semua dan ada penunjuk jalannya.

Curug Cipendok
Jalan menuju curug cipendok via http://igunwinarno.blogspot.co.id
Curug Cipendok
Tampak depan Curug Cipendok via http://www.jajandolan.com

Saat memasuki kawasan curug cipendok, wisatawan akan disuguhi dengan hijaunya hamparan bumi cipendok. Karena berada dalam wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur, wisatawan dapat menemukan tumbuhan-tumbuhan langka yang di tanam di kawasan wisata ini.

Selain sebagai habitat tumbuhan langka, kawasan wisata curug cipendok juga dapat dijadikan sebagai wisata edukasi. Karena tumbuhan-tumbahan yang ditanam di sepanjang jalur menuju curug cipendok sudah diberi nama sesuai jenis tumbuhannya, terutama jenis tumbuhan langka.

Kawasan Curug Cipendok

Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang Rp.9000,- per orang. Membutuhkan waktu 10 menit dari pintu masuk loket untuk sampai di parkiran curug cipendok.

Meskipun jauh dan lama, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan hijau yang menyejukan dan tidak akan membosankan. Karena terletak di lereng gunung Slamet, udara di kawasan curug cipendok sangat segar. Obyek wisata ini sangat cocok untuk melepas penat setelah disibukan dengan pekerjaan dan bergumal dengan debu di kota Purwokwerto.

Tempat parkir di curug cipendok cukup luas, cukup untuk menampung puluhan kendaraan wisatawan yang datang dari dalam maupun luar kota. Jalur pendakian ke curug cipendok dimuali dari tempat parkir, dengan menaiki anak tangga yang telah disediakan oleh penyedia obyek wisata.

Perjalanan dari tempat parkir menuju curug cipendok sekitar 500 meter dan menghabiskan waktu sekitar 20 menit. Dengan perjalanan yang cukup lama tersebut, wisatawan tidak akan merasa bosan. Karena di sepanjang anak tangga menuju curug cipendok, terbentang tumbuhan hijau yang dapat menyegarkan hati dan pikiran wisatawan. Selain itu, wisatawan juga dapat belajar mengenai tumbuhan-tumbuhan langka yang ditanam sepanjang jalan menuju tempat ini.

Pengelola obyek wisata curug cipendok juga menyediakan berbagai fasilitas untuk para wisatawan. Seperti tempat istirahat, arena bermain anak-anak seperti ayunan, outbound, jungle track, jogging track, camping ground dan tentu saja kamar mandi.

Dilokasi curug ini terdapat menara pandang  yang dapat melihat pemandangan kota Purwokerto apabila cuaca sedang cerah. Juga sepanjang jalan menuju lokasi, banyak warung yang menjajakan mendoan, susu murni dan makanan kecil.

Jika anda berada diluar kota purwokerto, bisa menggunakan kendaraan kereta api dan turun di stasiun Purwokerto. Wisatawan bisa meminta bantuan giude untuk sampai ke lokasi dengan biaya Rp. 30.000,- per kelompok. Dikawasan curug cipendok juga terdapat cottage yang bisa disewakan untuk wisatawan yang ingin menginap. Berikut informasi hotel yang berada tidak jauh dari kawasan curug cipendok:

Hotel pelita

Alamat: jl. Curug cipendok, karangtengah, cilongok, banyumas, jawa tengah, indonesia

Nomor telepon : 085842956557

Hotel dian

Alamat: desa karang tengah

Nomor telepon: (0281) 7640556

Tarif kamar : mulai dari Rp.40.000-Rp.150.000 per malam

Hotel Diana

Alamat: Desa Karang Tengah

Nomor telepon: (0281) 7647268

Jumlah kamar: 8

Tarif kamar: mulai dari Rp 50.000 – Rp–150.000 per malam

Cempala villa

Alamat: Jl. Raya Baturaden, Karangmangu

Nomor telepon: (0281) 7651967

Jumlah kamar: 16

Tarif kamar: mulai dari Rp 50.000 – Rp 200.000 per malam

Hotel Cendana Jaya

Alamat: Jl. Raya Baturaden Karangmangu

Nomor telepon: (0281) 681798

Jumlah kamar: 23

Tarif kamar: mulai dari Rp 60.000 – Rp 150.000 per malam

Flamboyan Villa

Alamat: Jl. Raya Baturaden Karang Mangu

Nomor telepon:  081547626616

Jumlah kamar: 5

Tarif kamar: mulai dari Rp 75.000 – Rp 200.000 per malam

Hening Griya

Alamat: Ds. Munggangsari RT 03 RW 04, Baturaden

Nomor telepon: (0281) 681819

Jumlah kamar: 60

Tarif kamar: mulai dari Rp 100.000 – Rp 250.000 per malam

Hotel Andini

Alamat: Jl. Raya Baturaden Barat, Karang Mangu

Nomor telepon: (0281) 684963

Jumlah kamar: 6

Tarif kamar: mulai dari Rp 30.000 – Rp 150.000 per malam

Selain menikmati kesegaran udara, wisatawan juga dapat mengunjungi sumber mata air Pucung yang berada di Kampung Panginyongan, yang ditampilkan dalam nuansa budaya Banyumasan. Di sini, suasana sangat hening dan asri, sesuai untuk melonggarkan pikiran sehingga sangat cocok untuk camping ground.

Selain keindahan alamnya yang masih asli, di sekitar telaga pucung juga masih terdapat elang dan macan (harimau) Jawa. Dimana keberadaannya kini semakin berkurang.

Itulah sekilas tentang Curug Cipendok, selain menenangkan hati dan pikiran setelah lelah bekerja, anda juga dapat mengajak anak atau keponakan yang masih kecil untuk berwisata edukasi mengenai tumbuhan langka. Jika masih punya banyak waktu luang, anda dapat mengunjungi obyek wisata lain yang berada di daerah ajibarang.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

2 Comments

  1. Maaf … untuk gambar paling atas, saya ragu, kebetulan dari tahun 1990 hingga terakhir tahun 2001, sudah lebih dari 5x saya kesana, kayaknya gak gitu dech tampilannya, mohon dikoreksi dan juga mohon maaf bila ternyata saya yang keliru

    1. Terimakasih atas masukan dan kritikannya,
      Ada kesalahan untuk set background image dan sudah diperbaiki, maklum untuk dokumentasi gambar masih sangat minim, dan masih ambil sumber dari berbagai pihak dengan mencantumkan keterangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close