Kisah Inspiratif

Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2017 Versi Forbes

Untuk tahun 2017, forbes sebagai majalah rujukan paling terkemuka di dunia baru saja merilis nama nama orang terkaya di dunia dan di beberapa negara di seluruh penjuru dunia pada akhir bulan Maret ini. Baru – baru ini, forbes juga merilis beberapa daftar orang terkaya di Indonesia. Siapa sajakah mereka? Mari simak artikel ini selengkapnya.

Forbes memang setiap tahunnya mengumumkan daftar orang dengan gelar “paling” di dunia ini. Misalnya orang paling berpengaruh, orang paling kuat, orang paling kaya dan sebagainya. Untuk jajaran orang terkaya di dunia memang diumumkan di websitenya setiap hari. Jadi setiap hari posisi peringkatnya selalu berubah ubah.

Nah untuk masing masing negara seperti di Indonesia, forbes mengumumkan 1 kali setiap tahunnya. Maka dari itu, peringkat naik turunnya bisa terlihat satu tahun sekali saja. Maka dari itu, silakan lihat daftar berikut ini yang termasuk ke dalam daftar orang terkaya Indonesia untuk tahun 2017.

Orang Terkaya di Indonesia 2017

Tentunya untuk bisa masuk ke dalam jajaran orang terkaya di negara kita sendiri saja tak semudah yang dibayangkan. Perlu melewati halangan dan rintangan. Namun jika takdir sudah mempertemukan dan keberuntungan menyertai kita, maka kita pun bisa masuk ke dalam jajaran orang terkaya seperti mereka entah itu 10 tahun mendatang atau lebih lama lagi. Yang penting jangan sampai malas untuk bekerja keras dalam mewujudkan cita cita yang anda ingingkan.

Kita tahu, bahwa di Indonesia ini, 80% jajaran top 20 orang terkaya bahkan hingga 50 orang terkayanya itu berasal dari keturunan Tiong Hoa. Jadi jangan heran jika anda melihat orang – orang terkaya di Indonesia ini mukanya terlihat wajah wajah orang Cina.

Inilah orang orang yang telah bertahan selama beberapa tahun untuk menduduki peringkat top terkaya di Indonesia yang dilansir dari laman forbes yang terbit pada 21 Maret 2017. Silakan simak!

1. R. Budi Hartono

orang terkaya di Indonesia

Sebenarnya orang terkaya nomor 1 dunia dan nomor 2 dibawahnya yaitu Michael Hartono masih satu keturunan dari Keluarga Hartono. Mereka berdua melanjutkan bisnis milik ayahnya yang telah runtuh sehingga kembali membangun dari awal, jadi tak hanya melanjutkan begitu saja.

Jadi total kekayaan yang dimiliki masing masing pun tak terlalu jauh berbeda. R Budi Hartono ini memiliki total kekayaan senilai 119 triliun atau senilai $9 miliar US dollar.

R. Budi Hartono (Oei Hwie Tjhong) yang lahir di Semarang pada 28 April 1940 atau sekarang berumur 76 tahun ini mendapatkan penghasilan utamanya dari Djarum. Ia juga mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber.

Hal itu meliputi Saham lebih dari separuhnya di Bank BCA, perkebunan kelapa sawit, dan ia juga pemilik grand Indonesia dan perusahaan elektronik salah satunya Polytron. Bahkan perusahaan grup jarum ini dibawah naungan polytron.

Selain itu, ada investasi lain yaitu melalui perusahaan ventures global digital prima, global digital niaga atau blibi, dan juga dari kaskus. Dari berbagai sektor inbestasi itulah bisnis dari R Budi Hartono berkembang meliputi ke perbankan, properti, agrobisnis, multimedia dan juga elektronik.

Dari situlah kekayaannya semakin hari semakin meningkat terus sehingga terus bertahan selama beberapa tahun dalam menjadi orang terkaya di Indonesia.

2. Michael Hartono

orang terkaya di Indonesia

Michael Hartono atau Michael Bambang Hartono yang memiliki nama lain Oei Hwie Siang sebagai pemilik Group Djarum yang sama dengan adiknya yaitu Budi Hartono dalam bisnisnya juga memiliki kekayaan yang sedikit sekali selisihnya.

Beda total kekayaanya yaitu cuma 1 triliun untuk tahun ini. Jadi michael Hartono ini memiliki kekayaan senilai 118 triliun rupiah atau US$ 8,9 miliar.

Karena sama sama bekerja dan berjuang secara beringingan, keduanya juga menjalankan bisnis yang sama. Mulai dari sektor perbankan, properti, perkebunan kelapa sawit dan juga elektronik.

Jadi kekayaan keduanya pun bisa dibilang hampir sama. Jadi dalam referensi lain ada yang menggabungkan antara Robert dan Michael sebagai Hartono Family yang menempati posisi sama yaitu peringkat 1 sebagai orang terkaya di Indonesia. Namun nampaknya forbes memisah mereka menjadi 2 peringkat yang berbeda pula.

3. Sri Pakash Lohia

orang terkaya di Indonesia

Orang berusia 64 tahun ini memiliki total kekayaan dengan lebih banyak dari urutan ke 4 dengan selisih hampir 11 triliun. Jadi total kekayaannya yaitu 71,9 triliun atau jika dikurskan dalam dollar Amerika, maka total kekayaannya mencapai 5,4 miliar dollar.

Total aset kekayaan dia sebagian besar berasal dari perusahaan yang dimiliknya yaitu Indorama Corp. Indorama sendiri merupakan perusahaan petrokimia dan juga tekstil. Dia bukanlah kerutunan Tiong Hoa juga bukan dari Indonesia. Ia lahir di India dan dibesarkan di Indonesia.

Grafik kekayaannya pun terus meningkat tajam dalam beberapa tahun ini. Karena 4 tahun yang lalu ia menempati peringkat 6 sebagai orang terkaya di Indonesia. Saat itu Ia memiliki kekayaan senilai 3 .4miliar dollar dan sekarang ini sudah bertambah sangat banyak hingga 5.4 miliar dollar.

Ia bisa sekaya ini karena investasinya di beberapa perusahaan. Contohnya ia pernah mengakuisisi pabrik pembuatan olefin sekaligus perusahaan petrokimia di Afrika Barat di tahun 2006. Pemasukan dari Indorama corporation pun terus menerus berjalan hingga saat ini. Perusahaan holding ini berpusat di Singapura.

4. Chairul Tanjung

orang terkaya di Indonesia

Chairul Tanjung yang merupakan keturunan asli dari Indonesia sekaligus sebagai orang yang paling muda dari ke 9 orang lainnya ini memiliki total kekayaan senilai 4,6 miliar dollar US atau jika dikurskan ke dalam rupiah, nilainya sama dengan 61,2 triuliun. Jadi bisa dipastikan jika umurnya sudah 60 atau 70 tahun lebih pasti dia akan memiliki kekayaan yang jauh lebih banyak lagi.

Nama Chairul tanjung memang terlihat di banyak orang sebagai seorang Politikus. Hal ini karena ia seringkali mengabdikan dirinya untuk membantu tugas presiden. Bidang kementrian yang ia jabat meliputi kementrian koordinator perekonomian Indonesia, Menteri energi dan SDA, menteri kehutanan Indonesia, dan selai itu ia juga pernah menjadi ketua umum PBSI.

Ia mendapatan pemasukan yang begitu besar dari perusahaan miliknya yaitu CT Corp. Induk perusahaan tersebut membawahi perusahaan seperti Trans Corp, CT global dan juga Bank Mega. Perusahaan itu pun bergerak dalam banyak bidang, meliputi asuransi, layanan finansial, ritel, media, hiburan, gaya hidup, dan juga sumber daya alam.

Berbagai penghargaan pun ia pernah raih. Misalnya pada tahun 2015 lalu mendapatkan penghargaan MUI award. Pada tahun yang sama ia pun digelari sebagai guru besar di bidang ilmu kewirausahaan Universitas Airlangga / UNAIR Surabaya.

Jika ingin mencontoh perjuangan hidupnya dalam bidang kewirausahaan, alangkah baiknya untuk mencotoh Ia. Karena selain sebagai orang Indonesia asli ia pun punya segudang kisah menarik bagaimana memulai belajar bisnis dari mulai kuliah hingga semasa ia menjadi semasa sekarang ini.

Baginya bisnis itu tak semudah membalikan telapak tangan. Hubungan baik dengan orang maupun perusahaan lain itu adalah hal yang sangat penting untuk mengembangkan usaha. Ia pun mengatakan bahwa relasi nya pun harus dibangun dengan tidak hanya kepada perusahaan ternama saja, tapi kepada yang belum terkenal sekalipun juga harus menjaga relasi yang baik.

5. Dato’ Sri Tahir

orang terkaya di Indonesia

Orang terkaya di Indonesia nomor 5 ini memiliki total kekayaan senilai 37,2 triliun. Nilainya jauh dibawah Chairul Tanjung memang. Tapi bagaimanapun juga ia masuk golongan top 5 orang terkaya di Indonesia dan meningkat sangat tajam.

Karena sebelumnya ia menjadi orang terkaya di Indonesia peringkat 12. Ia merupakan orang asli Indonesia yang lahir di Surabaya pada 26 Maret 1952, jadi sekarang ia berumur 64 tahun. Saat terlahir, ia memiliki nama Ang Tjoen Ming.

Dato’ Sri Tahir atau yang biasa disapa Tahir ini merupakan pendiri Mayapada Group. Pendapatan utamanya dari situ dan dari investasi. Selain itu, ia merupakan seorang filantropis. Mayapada group yang merupakan perusahaan holding membawahi beberapa bidang usaha seperti halnya propertei, perbankan, media cetak, TV berbayar (langganan TV), rumah sakit dan juga DFS atau rantai toko bebas pajak.

Dato’ Sri Tahir juga merupakan orang yang sangat senang dalam bidang sosial untuk membangun sesama. Terbukti dengan bisnis filantropis yang memberikan sumbangan senilai 75 juta US dollar untuk melawan penyakit seperti TBC, Malaria, HIV aids di negara kita. Selain itu ia juga bermitra dengan fondasi yayasan sosial milik Bill and Melinda yang bernama Bill & Melinda Gates Foundation. Melalui yayasan itu, ia juga menyumbangkan 150 juta US dollar.

Hal ini karena dia yang dulunya gagal menjadi dokter karena kurangnya biaya sehingga termotivasi untuk membantu memperbaiki kesehatan. Bill gates sendiri pun mengatakan bahwa hal ini adalah filantropi paling fenomenal bagi Indonesia sehingga mampu meningkatkan angka kesehatan dengan sangat drastis. Jadi hidupnya dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat ini tidak menjadikan ia semakin berkurang hartanya, justru sebaliknya. Dan macam inilah yang dapat kita contoh.

6. Murdaya Poo

orang terkaya di Indonesia

Poo Tjie Guan atau yang sering disapa Murdaya Poo memiliki total 27,9 miliar triliun atau jika dalam dollar Amerika kekayaannya mencapai 2,1 miliar dollar.

Angka itulah yang menjadikannya sebagai orang terkaya di Indonesia peringkat 6. Selain itu, istrinya yaitu Siti Hartati TJakraMurdaya ( Chow Li Ing) juga menjadi penyumbang besar aset kekayaan keluarganya.

Sumber kekayaan utama yang didapatkan dari istrinya sendiri adalah dari Cakra Murdaya atau Berca Group. Selain itu, ia juga merupakan ketua umum dari WALUBI (perwakilan umat Budha Indonesia). Sama seperti sebelumnya, ia juga merupakan pengusaha yang memiliki jiwa filantropi.

Istrinya pun ikut bersamanya menjalankan bisnis beragam jenis mulai dari sepatu, listrik, properti, argoindustri, perkebunan dan perkayuan, dan juga perbelanjaan.

Murdaya Poo yang merupakan pemilik dari Central Cipta Murdaya Group juga pernah mengakuisisi PT Jakarta International EXPO atau PRJ dengan nilai lebih dari 1 triliun. Kini ia telah memiliki lebih dari 42 ribu karyawan di bawah 36 perusahaan dibawah naungan Central Murdaya Grup. Maka dari itu kekayaan demi kekayaan terus menerus mengalir sepanjang tahun.

7. Thoedore Permadi Rachmat

orang terkaya di Indonesia

Total kekayaan yang dimiliknya ialah senilai US $1.9 miliar atau jika dikurskan dalam rupiah nilainya sama dengan total kekayaan nomor 8 dibawahnya yaitu 25,3 triliun. Cuma beda sangat tipis saja yang menjadikan Thoedore Rachmat berhasil mengalahkan Mochtar Riady. Ia adalah pemilik dari Adaro Group dan kekayaannya berasal dari bermacam macam industri.

Ia mengawali bisnisnya dengan menjadi sales Astra lalu ia pun menjadi karyawan disana. Setelah beberapa tahun diangkat menajdi pengelola United Tractors Astra. Setelah itu ia keluar dan mendirikan perusahaan sendiri yaitu Triputra Group.

Perusahaan itu memiliki beberapa bidang yang meliputi pengolahan karet, batu bara, agribisnis, perdagangan, manufakturing, logistik, dealership motor. Selain itu, ia memiliki sebagian besar atau bahkan menjadi pemilik dari Adaro Group yang merupakan perusahaan tambang batu bara yang ada di Kalimantan.

8. Mochtar Riady

orang terkaya di Indonesia

Mochtar Riady memiliki nama kecil Li Moe Tie / Li Wenzheng ini lahir di Malang pada tahun 1929. Pria berumur 87 ini merupakan pemilik, pendiri sekaligus presiden komisaris dari Lippo Grup.

Namun seluruh sumber kekayaan dengan total senilai 25,3 triliun dollar ini didapatkan dari berbagai jenis industri dari investasinya.

Ia merupakan ahli perbankan yang andal. Hal tersebut juga tercermin dari cita cita dia yang ingin menjadi seorang bankir saat ia umur 10 tahun. Namun karena ia berasal dari keluarga miskin ayahnya pun tidak menyetujuinya.

Pada suatu saat ada sebuah bank yang sedang terpuruk dan butuh orang untuk memperbaikinnya. Mochtar pun akhirnya tertarik dan mengambil kesempatan itu. Karena keinginan dan motivasinya yang besar itulah Moctar akhirnya menjadi direktur Bank Kemakmuran.

Dalam setahun ia berhasil memajukan bank tersebut dan akhirnya ia pindah ke bank buana dan ia pun berhasil mengkokohkan bank tersebut yang hampir bangkrut karena krisis ekonomi saat itu. Dari situ akhirnya lalu pindah lagi ke bank panin.

Karena kepandaiannya itu ia akhirnya melakukan merger dengan bank yang saat itu bernama bank umum asia. Sejak saat itulah terlahir Lippobank. Nah Lippobank ini merupakan cikal bakal dari Lippo Group yang memiliki beberapa bidang seperti halnya jasa keuasan, properti, urban development, elektronik, otomotif, bangunan, pertambangan, pembangunan infrstutur seperti jalan, listrik, gas dan masih banyak lagi.

9. Prajogo Pangestu

orang terkaya di Indonesia

Pria yang lahir pada tanggal 23 Mei 1944 ini memiliki kekayaan total senilai 23,8 triliun rupiah atau sekitar 1,8 miliar US dollar. Ia memiliki kekayaan yang melimpah dari berbagai pemasukan.

Salah satunya adalah dari pemotongan perkayuan. Walau sekarang usahanya tak sebesar dulu sebelum krismon / kris moneter tapi ia masih mendapatkan pemasukan besar dari perusahaan Tri Polyta Indonesia Tbk.

Tri Polyta Indonesia sendiri adalah perusahaan pembuatan polupropylene terbesar di Inodonesia saat ini. Ia adalah pemilik sekaligus pendiri dari Djajanti Timber Group dan pemilik dari organisasi Barito Pacific. Dari perusahaan itulah yang menjadi sumber kekayaan Prajogo Pangestu dan mengantarkan dia menjadi orang terkaya di Indonesia 2017.

10. Peter Sondakh

Orang dengan usia 63 tahun ini memiliki total kekayaan senilai 22,6 triliun rupiah atau senilai dengan 1,7 miliar dollar Amerika. Sumber kekayaan yang didapatkan yakni dari hasil investasi, yang mana ia adalah pemilik dan CEO dari Rajawali Group.

Awal kali dari ia menjalankan bisnisnya adalah dari kematian ayahnya saat ia berumur 20 tahun. Saat itu ia harus mau tidak mau memegang roda kendali perusahaan minyak kelapa dan juga ekspor kayu milik ayahnya. Dari situ ia mulai mendirikan perusahaan dengan nama PT Rajawali Corporation. Dari Rajawali Corporation ini ia bisa menjadi top 10 orang terkaya di Indonesia.

Semoga dengan artikel tentang orang terkaya di Indonesia ini kita jadi tahu siapa petinggi petinggi orang elit di negara kita ini. Selain itu, dengan melihat sedikit mengenai sisi kehidupannya, kita jadi termotivasi untuk bisa menjadi seperti mereka. Jangan lupa untuk selalu mendapatkan bergam informasi unik dan menarik di blog ini ya. Thanks


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close