Blogging

Hati – hati, Dampak Buruk Blogging Berlebihan Ini Harus Anda Hindari

Dampak buruk blogging – Sejak ramainya orang memberitakan bahwa mereka bisa menghasilkan uang dari internet tanpa modal dan tentunya tidak perlu harus ngantor. Ada dari mereka yang menghasilkan 5 juta setiap bulannya, ada yang menghasilkan 10 juta dan lebih dari itu setiap bulannya.

Hal itu membuat banyak orang ingin mencoba peruntungan di jalan ini. Padahal pada dasarnya blogging itu bertujuan untuk mendapatkan penghasilan sampingan, namun ada juga orang yang benar – benar menjadikan blogging sebagai penghasilan utamanya atau biasa disebut full blogger.

Menjadi full blogger memiliki tantangan tersendiri, terlebih bagi anda yang belum berpengalaman. Mulai dari membuat blog, mengoptimasinya agar dapat muncul di halaman pertama di google hingga me-monetisasi blog agar dapat menghasilkan uang.

Untuk melakukan semua itu pastinya anda harus mengorbankan banyak waktu dan pikiran anda agar tujuan blogging dapat terealisasi dengan cepat.

Dan dibalik itu semua sedikit banyaknya anda harus berhati – hati karena ada dampak buruk blogging secara berlebihan yang harus anda hindari , apa saja dampak buruknya,berikut saya akan membahas dampak buruk blogging berlebihan yang harus anda hindari secara jelas.

Dampak buruk blogging berlebihan

dampak buruk blogging1. Terganggunya kesehatan

Anda yang ingin menjadi full blogger memiliki banyak hal yang harus dilakukan dalam blogging sehingga anda harus bekerja ekstra duduk dan melihat monitor komputer. Jika ada banyak hal yang harus dilakukan tentunya anda juga memerlukan waktu yang lama.

Duduk dan melihat monitor terlalu lama bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan anda. Duduk terlalu lama bisa membuat pinggang menjadi nyeri, melihat monitor komputer terlalu lama juga bisa membuat mata menjadi perih dan gatal.

Ingatlah kesehatan itu mahal harganya, bukan kan kita lebih baik mencegah daripada mengobati.

Loading...

Nah untuk mengatasi hal itu, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, yaitu :

  • Untuk mengatasi pinggang yang nyeri

Jika duduk terlalu lama, tentu pinggang anda menjadi nyeri. Untuk mengatasinya saya sarankan agar anda melakukan peregangan setiap 30 menit .

  • Untuk mengurangi mata perih dan gatal

Mata perih dan gatal hanyalah dampak awal yang ditimbulkan jika anda tidak mencegahnya secepat mungkin. Dan jika dibiarkan, anda bisa menderita rabun jauh karena anda terlalu lama melihat monitor komputer.

Untuk sedikit mengurangi resikonya anda bisa memandang ke jarak jauh, kurang lebih sekitar 20 meter setiap 30 menit sekali.

Ini bertujuan untuk mengistirahatkan mata anda yang kelelahan setelah lama melihat monitor komputer.

O iya usahakanlah jarak pandangan anda pada monitor tidak kurang dari 30 centimeter.

Kesehatan itu sangat berharga dan tidak bisa dihargai dengan uang, jadi jagalah kesehatan anda sebaik – baiknya.

2. Kejiwaan terganggu dan akan memicu stres

dampak buruk blogging
Image by https://www.pexels.com

Setiap full blogger memiliki ambisi lebih daripada blogger biasa. Seorang full blogger adalah orang yang benar – benar menjadikan kegiatan blogging sebagai pekerjaan utamanya, sehingga mereka sangat bergantung pada penghasilan dari blogging.

Banyaknya hal yang harus dilakukan saat blogging pastinya akan menguras pikiran anda dan membuat anda terus berkonsentrasi pada blogging semata.

Semua itu akan membuat kejiwaan anda menjadi terganggu terlebih saat anda melakukan hal lain diluar kegiatan ngeblog.

Terlalu konsentrasi pada kegiatan blogging akan membuat kejiwaan anda terganggu dan pasti akan berujung pada stres atau gangguan kesehatan lainnya . Misalnya anda menjadi tidak selera makan karena selalu memikirkan blog anda, jika kurang makan pastinya akan membuat anda sakit.

Jadi saya sarankan agar jangan terlalu berambisi atau terpaku pada suatu hal, jika anda meras pusing dengan kegiatan blogging, lupakanlah kegiatan ngeblog sejenak dan carilah hiburan agar pikiran anda menjadi rileks.

3. Berkurangnya interaksi dengan keluarga dan lingkungan

Banyak waktu yang dihabiskan untuk blogging, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Waktu dari pagi sampai malam dihabiskan hanya untuk melakukan semua kegiatan blogging seperti perawatan blog, optimasi dan menulis artikel.

Menjadi full blogger itu tidak salah tapi jangan lupakan interaksi sosial anda. Interaksi sosial itu sangat diperlukan terutama interaksi dengan keluarga. Siapa lagi yang akan memberi dukungan pada kita jika bukan keluarga, keluarga juga menjadi kunci keberhasilan bagi seorang blogger.

Interaksi dengan masyarakat dan lingkungan sekitar juga tidak kalah penting. Jangan sampai anda dianggap sebagai orang yang tertutup  dan tidak suka bergaul, sehingga masyarakat menjadi tidak peduli terhadap apa saja yang terjadi pada anda.

Misalnya rumah anda kebakaran maka pada siapa anda meminta tolong jika anda tidak pernah melakukan interaksi sosial dengan masyarakat.

4. Kurang merawat dan mengurus diri

Jika anda seorang blogger, pastinya anda tahu bahwa ada banyak hal yang harus blogger lakukan setiap harinya. Terlebih jika semua itu dilakukan sendiri, maka 1 hari pun tidak cukup rasanya untuk melakukan semua itu.

Karena terlalu sibuk pasti anda menjadi lupa waktu, lupa makan lupa mandi dan jangan sampe lupa gimana cara bernafas ya… hehe..

Sering terlambat makan akan membuat lambung anda menjadi perih dan tentunya akan mengganggu kesehatan anda.

Jika kesehatan anda terganggu, bagaimana anda bisa menjadi blogger yang sukses.

Ingatlah selalu bahwa merawat dan mengurus diri itu juga penting.

Jadi pandai – pandailah dalam membagi waktu agar anda juga bisa meluangkan waktu untuk mandi, makan ataupun berolahraga.

Itulah dampak yang ditimbulkan jika anda terlalu blogging berlebihan. Saya rasa kebanyakan blogger sudah pernah merasakan dampak negatif yang terjadi jika berlebihan ngeblog.

Referensi lain : Ayo Dukung dan Ikuti Gerakan 1000 Startup Digital Indonesia

Blogging itu penting terlebih bagi anda yang menjadikan blogging sebagai penghasilan utama, tetapi jangan terlalu berambisi. Karena ambisi yang berlebihan akan membuat anda lupa dan mengabaikan dampak negatif yang ditimbulkan oleh kegiatan blogging yang berlebihan.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

NaufalAbdi

Saya mahasiswa di sebuah Sekolah Tinggi Swasta di Kota Padang, Sumatera Barat

Artikel terkait

2 Comments

  1. Ada benarnya juga. Untuk itu perlu penjadwalan dalam blogging agar lebih tertata dan hidup yang sebenarnya tidak terancam. Hehe… Lanjutkan !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *