Dampak buruk smartphone dan teknologi

Ini Dampak Buruk Smartphone yang Nyata di Kehidupan Sehari-hari

Dampak buruk smartphone – Gadget atau Smartphone yang kini menjadi bagian tak terpisahkan di dalam kehidupan manusia ternyata memiliki dampak yang buruk, terlebih lagi jika digunakan secara berlebihan.

Memang, dahulu ponsel diciptakan “hanya” untuk mempermudah manusia untuk saling berkomunikasi dengan orang lain dari jarak jauh dengan mudah. Ponsel dahulu dengan smartphone masa kini tentu sudah berbeda fungsinya.

Jumlah penduduk Indonesia yang jumlahnya kurang lebih 250 juta jiwa ini, setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah pengguna smartphone.

Untuk tahun ini,  dilansir dari situs kominfo.go.id sudah lebih dari 100 juta orang Indonesia mengakses ponsel cerdas di kehidupan mereka sehari-hari. Baik itu anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Tentu jumlah yang begitu banyak.

Dibalik kecanggihannya, smartphone tetap saja memiliki sisi buruk yang benar-benar harus anda waspadai.

Disini penulis bukannya melarang anda untuk menggunakan ponsel pintar untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca : Ini 7 Alasan Mengapa Orang Selalu Kecanduan Smartphone

Namun bagi siapapun itu perlu rasanya untuk mengetahui dampak buruk suatu produk teknologi semisal smartphone.

Loading...

Baik anda yang sudah terlanjur menggunakan smartphone, ataupun berencana menggunakannya berikut ini beberapa dampak buruk penggunaan smartphone yang dinilai begitu merugikan :

Dampak Buruk Smartphone

1. Membuang Waktu Luang

Sebelum smartphone hadir ditengah-tengah kehidupan manusia, setiap waktu luang selalu diisi dengan kegiatan yang bermanfaat dan berfaedah.

Seperti belajar, membaca buku, bercocok tanam, berolahraga, menyalurkan hobi, mengunjungi panti sosial, dan aktivitas bermnberma lainnya.

Berbanding terbalik saat ini dimana waktu luang hanya diisi dengan menatap layar smartphone yang sebenarnya tidak jelas apa yang dilakukan dengan smartphone tersebut.

2. Kini Manusia Hidup Dalam Dunianya Sendiri

Setelah smartphone hadir ditengah-tengah manusia, rasanya dunia nyata seakan tak berarti apa-apa bagi mereka. Lihatlah saja, betapa banyak orang yang bertatap muka namun tak saling berinteraksi.

Mereka justru sibuk dengan smartphonenya masing-masing, bahkan untuk berbicara pun kini ponsel yang berbicara bukanlah mulut manusia.

Hubungan antar teman tak berarti lagi, waktu berkumpul yang seharusnya digunakan untuk bersenda gurau, kini malah sibuk pada dunia maya.

3. Membuat Manusia Kecanduan

Kini smartphone bisa dikatakan sudah mirip dengan narkotika. Dimana telepon seluer canggih ini telah membuat seseorang menjadi candu dan seakan tidak ingin lepas dengan benda tersebut.

Tiada waktu tanpa smartphone, bahkan hal lain sudah tidak ada artinya lagi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, waktu dan hubungan seseorang menjadi tidak baik hanya karena seseorang terlalu candu mengggunakan ponsel pintar.

4. Membuat Manusia Sakit

Dampak buruk smartphone tidak hanya menyerang psikologis manusia, tetapi juga berdampak pada Kesehatan. Mungkin dalam jangka waktu dekat, anda belum merasakannya.

Namun jika terlalu sering digunakan, anda dapat merasakan kemampuan penglihatan mulai terganggu karena seringnya menatap smartphone yang penuh dengan radiasi berbahaya.

Baca Juga : Waspadalah!! Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Paling Tinggi

5. Menimbulkan Kematian

Bukan bermaksud mengagetkan, tetapi pada faktanya telah banyak ditemukan seseorang yang harus terenggut nyawanya karena menggunakan ponsel jenis ini.

Contohnya saja, kini smartphone banyak digunakan seseorang ketika menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya. Dengan kurangnya konsentrasi, akhirnya kematian pun tak terelakan.

Itu hanya contoh kecil saja, masih banyak kejadian lain yang membuat orang tewas karena menggunakan benda canggih tersebut. Jika sudah begini, siapa yang tidak menyesal.

Namun bukan berarti smartphone tidak perlu anda gunakan. Tetap, benda ini memang harus tetap anda gunakan asal dengan cara yang bijak, benar, dan tidak berlebihan.

Tau kapan waktu untuk bermain smartphone, dan tau kapan saatnya melakukan hal lain. Jangan sampai smartphone mendominasi hidupmu daripada yang lain, apalagi sampai mendominasi ibadahmu.

Akhir kata, semoga artikel mengenai dampak buruk smartphone ini bermanfaat bagi anda dan juga siapapun yang membacanya.



Loading...


Bagikan

Penulis

Content Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *