Ulasan Bisnis

Dana Tambahan Penting yang Harus Anda Siapkan Mulai dari Sekarang

Sebagai seorang freelancer, pebisnis, karyawan atau bagi siapapun, itu tentunya tak pernah terlepas dari masalah keuangan. Bagi mereka yang bekerja dengan penghasilan tidak tetap tentu harus lebih eksta untuk mengatur keuangan. Karena apabila penghasilan bulan ini naik, belum tentu bulan depan akan sama, atau bahkan bisa saja bangkrut. Maka dari itu berbagai dana tambahan penting pun perlu disiapkan untuk menghadapi gelombang ekonomi.

Bagi mereka yang menjadi karyawan atau menjadi PNS yang mendapatkan uang rutin dan tetap dalam jumlah sama, mereka pun perlu mengatur keuangan sebaik mungkin. Karena jika kondisi itu dipertahankan, maka mau tidak mau akan menjadi karyawan selamanya. Paling tinggi juga cuma naik jabatan, dan itu pun sangat lama sekali terjadi. Belum belum nantinya akan terjadi PHK di perusahaan yang anda tempati.

Jadi pada dasarnya, dana tambahan penting ini perlu kita miliki, karena profesi setiap orang itu berbeda beda, namun semuanya memiliki risiko terhadap kondisi keuangan suatu saat nanti. Bisa saja hari ini mendapatkan penghasilan yang lumayan, tapi bulan depan tidak mendapatkan apapun. Saya sendiri juga sering mengalami hal ini. Saat ada uang tiba tiba uang terus berdatangan, tapi saat langka, satu rupiah pun sangat sulit dicari. Ya memang itulah namanya hidup, dan setiap orang pun mengalami hal yang sama.

Dari situlah, kita dituntut untuk bisa memiliki kemampuan memanajemen keuangan dengan sebaik baiknya. Pengelolaan keuangan juga tak akan pernah bisa berhasil apabila tidak dibarengi dengan pengelolaan gaya hidup yang baik. Misalnya anda memiliki penghasilan yang banyak dan setiap bulan nabung, namun karena gaya hidup anda serba gengsi dan ingin ini ingin itu, maka mau tidak mau anda pun akan menguras tabungan itu sehingga akan habis dalam sekejap.

Dana tambahan penting untuk anda dengan pendapatan tidak tetap

dana tambahan penting

Percaya deh, bagi orang yang memiliki pendapatan tidak tetap itu jauh lebih pusing soal masalah keuangan walau sama sama pusing. Contohnya saja anda itu seorang yang berprofesi sebagai seorang pedagang. Nah anda sendiri pasti akan pusing jika dagangan nggak laris. Ya kita tentu tidak akan bisa berbuat banyak dengan uang yang seadannya.

Memang sih untuk membeli kebutuhan pokok itu sudah cukup karena masih ada sisa bulan lalu. Tapi bayangkan sendiri kalau anda memiliki banyak sekali cicilan seperti cicilan rumah, mobil, motor, peralatan rumah tangga dan sebagainya. Pasti dalam waktu sekejap uang anda akan habis, kebutuhan pokok pun jadi tidak bisa terpenuhi.

Jadi hal yang bisa anda lakukan dengan sesimpel mungkin adalah tidak membelanjakan hal yang nggak dibutuhkan atau membeli barang mahal. Misalnya membeli smartphone yang mahal, membeli motor yang mahal, membangun rumah yang super mewah. Coba bayangkan kalau anda mendapatkan tagihan dibulan itu tapi sedang tidak ada pemasukan, pasti ribet kan urusannya.

Maka dari itu, usahakan anda selalu memiliki dana pokok. Usahakan ya minimal nggak habis sebulan itu saja, melainkan bisa digunakan di bulan bulan berikutnya. Dana pokok adalah dana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari hari seperti makan, minum, membeli pakaian, dan sebagainya. Dana pokok ini juga nggak harus tunai, tapi bisa juga seperti cicilan rumah. Intinya, seseorang sangat bergantung kepada dana pokok ini untuk bisa bertahan hidup.

Sedangkan dana cadangan merupakan dana yang dipakai untuk berbagai hal yang jarang dilakukan. Atau bisa dibilang kebutuhan sekunder, bukan merupakan kebutuhan utama anda. Misalnya membeli kendaraan bermotor, membeli peralatan rumah tangga, peralatan komunikasi dan sebagainya.

Anda harus menyiapkan berbagai macam dana tambahan penting sesegera mungkin. Karena bisa saja anda akan dihadapkan pada berbagai masalah yang serius yang akan membutuhkan banyak dana.

Inilah beberapa macam dana tambahan penting yang perlu anda siapkan dari sekarang juga:

#Biaya sosial

Kondangan, angpau, bantuan korban bencana, menjenguk orang sakit, memberikan hadiah kepada teman dan sejenisnya itu termasuk jenis biaya sosial. Biaya ini harus anda perhatikan dan sisihkan sendiri. Bagi sebagian orang, untuk menyisihkan dan membagikan berbagai dana, mereka menggunakan rekening berbeda di bank. Misal untuk kebutuhan pokok ada sendiri, untuk keluarga sendiri, untuk tabungan masa depan menggunakan rekening sendiri, untuk dana tambahan seperti ini juga memakai rekening sendiri dan sebagainya.

Hal tersebut dapat digunakan untuk mengatur keuangan. Karena secara tidak langsung diri kita sudah tahu mengenai pembagian uang itu dan kemana uang itu harus keluar digunakan. Jadi saat kita ingin menggunakan uang untuk kondangan, kita tak perlu lagi mengambil dari uang untuk kebutuhan pokok, demikian pula sebaliknya. Orang yang sudah menggunakan cara ini, perekonomian mereka biasanya sudah lebih baik, kalaupun belum, lama lama juga akan semakin membaik.

Biaya sosial ini memang terjadi secara dadakan. Jadi bisa disebut dengan dana emergency atau dana darurat. Hal ini memang bisa terjadi dalam suatu saat yang tidak benar benar diinginkan. Misalnya saja, ada masalah kecelakaan yang dialami oleh tetangga anda. Maka mau tidak mau anda harus menjenguk dan menolongnya bukan?

Dana sosial bukanlah kewajiban

Berbicara mengenai dana sosial, ini sebenarnya dana yang bisa saja kita keluarkan maupun tidak. Namun hal ini biasanya menyangkut harga diri dan martabat seseorang. Misalnya sama saudara sendiri masa gak hadirin pernikahannya, kan ini menjadi masalah yang bikin hati kita jadi gak enak, bahkan jadi omongan sendiri.

Dana sosial pun ada yang wajib, misalnya iuran pembangunan fasilitas air bersih, infak wajib pembangunan masjid, iuran untuk suatu acara tertentu. Maka dari itu, hal yang dapat anda lakukan adalah mempunyai sejumlah dana yang dialokasikan khusus untuk hal semacam ini biar kalau ada hal seperti ini anda tak kebingunan mencari uang atau repot mencari cari utang.

Karena menurut pengalaman saya sendiri, kalau sedang musim orang mengadakan khitanan atau pernikahan, maka banyak banget. Seminggu bisa hingga lebih dari 10 kali pengeluaran untuk kondangan. Coba saja kalau dalam satu kondangan saja mengeluarkan dana sekitar minimal 30 ribu, kalau 10 kali kondangan saja sudah mencapai lebih dari 300 ribu.

Kalau gak sedia uang yang khusus untuk itu, pasti anda akan kebingungan dengan sejumlah uang itu. Maka dari itu, alangkah pentingnya untuk menyisihkan sedikit penghasilan untuk dana tambahan penting semacam ini. Saran saya sendiri itu dengan menggunakan minimal 3% dari gajih anda untuk dialokasikan untuk hal ini. Jadi kalau penghasilan anda 3000000, maka bisa menyisihkan minimal 100 ribu. Semakin banyak maka akan semakin baik.

#Dana membeli sesuatu yang di idamkan

dana tambahan penting

Pernah gak sih anda menginginkan sesuatu yang begitu diinginkan dari kecil atau dari lama banget tapi hingga detik ini belum kesampaian?

Saya sendiri juga memiliki banyak sekali hal yang diinginkan selain barang pokok. Misalnya saja laptop, atau selain benda, misalnya suatu software tertentu. Namun hal itu sering tidak terlaksana dengan penghasilan yang tidak pernah cukup untuk membeli barang itu.

Barang yang diidam idamkan itu bukan barang branded yang begitu mahal karena gengsi dengan barang murah. Barang itu bisa saja barang yang memang bisa memberi manfaat yang dibutuhkan. Kalau saya sendiri memang suka membeli barang yang agak mahal sedikit itu agar barang itu bisa bertahan lama dan jarang terjadi perawatan. Karena kalau menggunakan barang yang murah, sudah gak memuaskan, bikin repot, mudah rusak, dan tentunya menjadikan dana tambahan yang lainnya.

Misal anda menginginkan membeli tanah untuk usaha anda. Maka mulai dari sekarang anda harus menyisihkan uang yang harus digunakan untuk itu dan jangan digunakan untuk keperluan lainnya. Perhitungan yang matang juga diperlukan agar anda tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk hal ini.

Misalnya anda menginginkan membeli tanah seharga 50 juta. Maka jika penghasilan anda senilai 5 juta perbulan, maka dengan menyisihkan 20% dari penghasilan yaitu 1 juta perbulan maka dalam kurun waktu 50 bulan anda bisa melunasi untuk membeli tanah itu.

Nah dana yang sudah direncanakan untuk membeli tanah itu jangan sampai digunakan untuk berbagai hal yang tidak diperlukan dan hanya menambah beban keuangan saja. Saran saya, buatlah sebuah rekening baru yang digunakan khusus untuk menyimpan uang jenis ini. Karena kalau menyimpan dirumah atau bahkan dibawah bantal, pasti jika butuh apapun langsung diambil, butuh ini dan itu langsung diambil.

#Dana untuk investasi

Dana untuk investasi juga termasuk dana tambahan penting yang perlu anda siapkan sedari dini. Karena bagaimanapun juga, dana tambahan ini akan menjadikan anda tidak kebingungan di suatu saat nanti. Misalnya anda sekarang menyisihkan minimal 5% setiap bulan untuk investasi, maka di masa depan, anda bisa mendapatkan uang itu secara terus menerus tanpa perlu modal lagi.

Ada banyak investasi yang dapat anda jalankan. Mulai dari reksadana, saham, properti, dan masih banyak lagi. Memang, masing masing orang memiliki pilihan yang berbeda soal investasi, jadi anda sendiri bisa menginvestasikan uang anda sesuai dengan pengetahuan anda atau bisa diimbangi dengan uang yang dimiliki.

Bagi anda yang bisa dibilang pemula, maka mau tidak mau anda harus belajar tentang investasi. Untuk jenis investasi yang mudah, saya sarankan investasi reksadana saja. Karena kita tak perlu mengelolanya sendiri, ada pihak yang ahli yang akan mengelola keuangan kita nantinya.

Menyisihkan sebagian uang untuk hal ini memang begitu penting. Investasi ini bisa dijadikan dana cadangan untuk masa tua nantinya. Bahkan jajaran orang terkaya dunia pun bisa mendapatkan kekayaan dari hasil investasinya. Jadi kalau anda tidak mencobanya dari sekarang, maka akan kesulitan nantinya.

Atau kalau anda adalah tipe seorang pebisnis, maka mau tidak mau anda harus menyisihkan banyak uang untuk urusan bisnis. Dan itu juga termasuk salah satu bentuk investasi. Karena kalau usaha yang didirikan itu sudah maju, maka uang yang anda keluarkan itu akan kembali ke anda dalam jumlah yang berkali kali lipat.

Ya itulah investasi, uang yang telah kita tanam akan menghasilkan hasil yang lebih banyak nantinya. Namun sama saja seperti tanaman, jika kita tak pintar dalam hal perawatan, maka tanaman itu akan mati, sehingga kerugianlah yang akan didapatkan.

Baca : Investasi Reksadana: Modal Sedikit Keuntungan Selangit

#Dana asuransi

dana tambahan penting

Kalau investasi ini diibaratkan sebagai menanam tanaman, kalau asuransi itu sebagai proses jaminan dari tanaman itu sendiri. Apapun bisa diasuransikan. Termasuk hidup kita sendiri. Namun dalam hal asuransi ini, kita perlu membayarnya kepada pihak pengelola asuransi. Misalnya Jiwasraya. Dengan anda membayar sejumlah uang secara rutin, maka mereka akan memberikan jaminan kepada anda mengenai apa yang anda asuransikan.

Bagi anda yang sudah tahu mengenai pentingnya asuransi, pasti kesadaran asuransi juga akan tumbuh. Namun bagi anda yang belum paham tentang asuransi, biasanya hanya akan menganggap kalau asuransi hanya akan menghabiskan uang saja.

Asuransi adalah dana tambahan penting yang wajib kita miliki. Misalnya kita mengalami kecelakaan, maka jika kita sudah pernah mengasuransikan diri dan kendaraan, semua itu akan ditanggung oleh penyedia asuransi. Kita pun tak perlu membayarnya. Misal kita mengeluarkan 500 ribu saja, tapi tanggungan asuransi bisa sampai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

#Dana keluarga

Pernahkah anda menginginkan untuk berlibur bersama keluarga ke tempat yang anda impikan? Anda pun harus punya dana sendiri untuk ini. Sehingga walaupun anda mengeluarkan uang yang banyak, maka anda tidak akan merasa kecewa atau merasa ngajog terhadap pengeluaran itu, karena itu memang uang yang khusus dialokasikan untuk liburan.

Selain itu, ada dana seperti dana untuk pernikahan anak, pesta ulang tahun, perayaan hari raya, khitanan anak, syukuran, dan sebagainya. Hal ini tentunya akan membutuhkan banyak sekali uang. Bisa sampai puluhan juta. Maka dari itu, jika anda memang sudah merencanakan tentang pernikahan dan sebagainya, maka dari sekarang sudah harus mengumpulkan sedikit demi sedikit. Karena jika mendadak pasti nanti akan sangat besar sekali yang dibutuhkan.

Kadang seseorang tidak memperhatikan hal tersebut. Tapi jika waktunya sudah dekat, maka mau tidak mau harus hutang sana sini penuh akan kebingungan. Jadi mulai sekarang, sisihkan penghasilan anda untuk dana tambahan penting bagi keluarga, agar selalu merasa aman dan nyaman. Terutama saat keluarga sakit, maka sudah punya tabungan sendiri untuk berobat.

#Dana untuk kewajiban

Ada juga dana yang memang wajib kita keluarkan. Ini urusannya untuk dunia dan akhirat. Misalnya seperti pajak, atau kalau masala kewajiban akhirat seperti sedakah, zakat, atau haji bila mampu. Anda harus mengupayakan untuk bisa menunaikan kewajiban tersebut. Karena nantinya anda akan mendapatkan masalah jika tidak menunaikan kewajiban membayar pajak tersebut.

Dana tambahan penting satu ini memang sering dilupakan bagi sebagian orang. Hal itu karena mereka memang tidak menyiapkan sejumlah uang yang dikhususkan dalam hal ini. Namun bagi mereka yang sudah mempersiapkan uang untuk hal ini, maka mereka akan ingat kalau ada bagian dari uang yang bukan merupakan haknya.

Biasanya untuk para PNS sudah ada lembaga yang mengatur uang untuk zakat mal. Jadi penghasilan perbulan mereka akan dipotong. Jadi mereka tidak pernah memikirkan lagi masalah ini.

Namun bagi anda yang bekerja dengan gaji tidak tetap, maka anda harus pandai pandai untuk mengatur uang untuk diberikan kepada orang lain.

Selain itu, ada pula dana kewajiban lainnya, yaitu dalam hal membayar hutang. Bagaimanapun juga, utang itu harus dibayar. Kalau utang ke bank atau utang cicilan motor itu memang walau mahal akan diusahakan sebisa mungkin. Tapi kalau utang ke tetangga atau utang ke teman atau utang ke warung, kadang suka menunda nunda dan jadinya lupa.

Untuk mengatasi hal ini, anda perlu membuat catatan tetang utang anda. Dan silakan atur sebaik mungkin dalam membayaranya, yang penting tidak terlalu membebani kondisi keuangan anda.

#Dana pensiun/masa tua

Ini tak kalah penting dengan berbagai jenis dana tambahan penting lainnya. Jika anda bukan merupakan pegawai negeri, maka tidak ada pensiunan. Jadi anda harus selalu rutin menyisihkan sebagian uang untuk kebutuhan masa tua anda.

Karena setelah umur 65 tahun itu adalah masa sulit. Kita sudah tidak berdaya. Jika kita tidak memiliki dana hasil investasi atau dana pensiunan, maka kita akan terus menerus bekerja. Ini sangat menyengsarakan diri kita saat kita sudah penuh akan penyakit nantinya.

Demikianlah pembahasan mengenai dana tambahan penting yang wajib kita siapkan sedari dini. Karena jika kita menunda, lalu terjebak di dalam masalah ekonomi, maka kita akan susah payah untuk bangkit. Memang dengan menyisakan uang untuk dana tambahan penting seperti diatas membuat gaji yang bisa kita belanjakan jadi sedikit, namun hal itu akan terbayarkan setelah sekian lama nantinya.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close