Bisnis OnlinePeluang usaha

Ingin Dapat Duit Tambahan? Yuk Coba Ikutan Bisnis Via Online

Mendapatkan duit tambahan mungkin menjadi sesuatu yang diidam-idamkan banyak orang. Ya, tentu saja, dengan adanya duit tambahan, kamu tidak akan terlalu pusing dalam memanage pengeluaran dalam sebulan. Terlebih jika kamu adalah pelajar dan mahasiswa yang kebanyakan masih dibiayai oleh orang tua.

Untuk kalangan mahasiswa seperti saya ini, meskipun orang tua masih mampu untuk membiayai, tapi tetap saja saya tidak ingin membebankan keseluruhan biaya hidup saya kepada mereka. Tidak hanya saya, karena saya yakin kamu juga berpendapat seperti itu kan?

duit tambahan

“Darimanakah saya bisa mendapatkan duit tambahan tersebut?”

Dalam keinginan kita untuk mendapatkan duit tambahan, lalu dalam hati muncullah pertanyaan seperti itu. “Oh, andai saja aku punya waktu luang untuk bekerja”. Kebanyakan orang berpikir bahwa ketika kita ingin mendapatkan uang, maka kita harus bekerja di perusahaan. Tapi untuk kalangan mahasiswa dan pelajar tentu hal tersebut jadi mustahil karena kita masih memiliki tanggung jawab dalam pendidikan.

“Syukur saja jika kita mendapatkan pekerjaan kantoran yang masih mengerti jika kita adalah pelajar/mahasiswa, jika tidak bagaimana?”

Selain itu, tidak hanya pelajar dan mahasiswa saja yang membutuhkan duit tambahan. Dari kalangan lain seperti ibu rumah tangga, dan bahkan kamu yang sudah memiliki pekerjaan di kantorpun tidak akan menolak untuk mencari dan mendapatkan duit tambahan. Dengan catatan cara mendapatkan duit tambahan tersebut tidaklah sampai mengganggu aktivitas dan pekerjaan utama.

Meskipun kamu sempat dilanda kebingungan dalam mencari sumber penghasilan tambahan, tapi kini kamu tidak perlu kawatir lagi. Di jaman modern seperti sekarang ini, kita sudah tidak asing lagi dengan adanya teknologi Internet. Jika biasanya kita hanya menggandalkan Internet sebagai sarana untuk mencari online dan mencari hiburan, maka sekarang kita akan mencoba untuk menggunakan Internet sebagai tempat untuk mendapatkan penghasilan dan duit tambahan.

“Wah keren banget dong, Internet dijadikan sarana penghasil duit tambahan, caranya gimana?”

Ya iya lah, keren banget malahan. Kapan lagi kita bisa online asik sambil mendapatkan duit, tanpa mengorbankan aktivitas dan pekerjaan utama pula.

Kalau kamu tertarik untuk mencobanya, tenang saja. Karena saya sudah merangkum beberapa pekerjaan atau bisnis yang dapat kalian lakukan menggunakan media Intenet. Dan dari beberapa pekerjaan dan bisnis via online tersebut diantaranya sudah saya buktikan sendiri kebenarannya. Lumayan dapat tambahan buat jajan, 😀

Mendapatkan duit tambahan dari pekerjaan dan bisnis via online

duit tambahan

1. Mainan game dan aplikasi penghasil uang

Cara pertama dalam menghasilkan uang dan mendapatkan duit tambahan dari Internet, yaitu dengan mencoba untuk memainkan game serta aplikasi yang mau membayar kamu.

Saya yakin deh, pasti kalian pernah melihat iklan-iklan di media sosial yang terkadang terkesan spam, dengan isi untuk mengajak orang lain agar menginstall aplikasi yang katanya bisa mendapatkan uang. Meskipun iklan promosi tersebut terkesan spam dan mengganggu, sayangnya tidak semua promosi tersebut adalah hoax.

Dari beberapa aplikasi yang sering dipromosikan, ternyata banyak juga yang benar-benar mau membayar mereka yang telah menginstal dan menjalankan aplikasi tersebut. Hanya saja, kamu harus benar-benar teliti dalam melihat promosi yang banyak bertebaran di Internet, terutama media sosial. Karena kebanyakan, mereka rela menulis review palsu, dan bahkan terkesan dilebih-lebihkan, hanya agar orang lain terhasut dan mau mengikuti suruhan mereka.

Jadi, misalkan kamu melihat seseorang memromosikan sebuah aplikasi, yang “katanya” mampu memberikan mereka penghasilan 10jt perhari, maka jangan langsung percaya!. Jangan percaya disini, yakni tidak mempercayai bahwa orang yang mempromosikan aplikasi tersebut benar-benar mendapatkan penghasilan hingga 10jt perhari. Karena mereka memang sengaja menulis seperti itu agar kamu tertarik untuk menginstall aplikasi melalui link yang dibagikan dalam status mereka.

Sedangkan untuk kebenaran aplikasi tersebut akan membayar kamu atau tidak sebagai duit tambahan, sepertinya harus kamu telusuri lebih lanjut. Kebanyakan aplikasi memang benar-benar membayar kamu . Mereka memiliki sebuah sistem dimana kamu akan mendapakan uang, jika ada seseorang yang menginstall aplikasi melalui link yang kamu bagikan.

Hanya saja, pembayaran yang akan kamu terima dari aplikasi tersebut tidaklah banyak, hanya beberapa dolar untuk setiap orang yang menginstall aplikasi melalui link kamu. Makanya, banyak orang yang rela menulis review palsu agar banyak orang yang tertarik untuk menginstall aplikasi tersebut melalui link yang mereka bagikan.

Tapi ingat lho, tidak semua aplikasi membayar akan membayar kamu dengan sistem “sebar link”, karena beda aplikasi tentu beda juga sistem juga kan.

duit tambahan

Berikut Klik Mania punya beberapa contoh aplikasi yang ramai dibicarakan karena diyakini mau membayar mereka yang ikut bekerja sama :

#Whaff

Saya yakin kalian sudah pernah mendengar mengenai aplikasi penghasil uang yang pertama ini, tentunya dari mana lagi kalau bukan iklan sosmed. Kamu bisa mendapatkan uang dari aplikasi ini dengan dengan menyelesaikan task yang diberikan kepada kamu. Dan santai saja karena task yang tersedia jumlahnya banyak sekali, dan tiap task memiliki nilai pembayaran yang berbeda-beda lho.

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah, dan kamu akan menemui 2 buah pilihan, yakni premium picks dan whaff picks. Kalau kamu memilih premium pick maka kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak lagi. Dalam premium pick, kamu bisa mendapat imbalan dengan cara menginstall dan menjalankan aplikasi dalam daftar yang telah diberikan kepadamu.

Kamu juga bisa mendapatkan imbalan setiap membuka aplikasi setidaknya dalam satu kali dalam sehari, mendapatkan imbalan dengan menyelesaikan semua misi dalam daily finish. Serta mendapat imbalan dengan metode reward dimana kamu akan mendapat uang ketika tidak menghapus aplikasi yang sudah di install dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

Kabar baiknya lagi, imbalan atau bayaran yang bisa kamu dapat dari premium picks ini cukup tinggi, bahkan bisa mencapai 1$ lebih untuk tiap task yang diberikan. Kamu bisa mencairkan uang imbalan tersebut saat nominalnya sudah mencapai 10$, menarik bukan.

Selain menyelesaikan task yang diberikan, kamupun dapat medapatkan uang tambahan dengan cara mengajak orang lain untuk ikut berpartisipasi dalam aplikasi ini. Itulah sebabnya mengapa sering ditemukan iklan di media sosial, yang isinya tak lain dan tak bukan adalah mempromosikan aplikasi ini kepada publik

#Cash Pirate

Dari berbagai artikel yang saya baca di Internet, kabarnya aplikasi ini memiliki imbalan yang lebih besar, dan juga memberikan syarat minimal payout yang relatif lebih kecil jika dibandingkan aplikasi serupa.

Penggunaannya masih sama, di sini kamu hanya perlu menyelesaikan task yang diberikan, serta menyebarkan link referral jika ingin imbalan yang lebih besar lagi.

#Whaff Locker

Hampir sama dengan aplikasi Whaff, bedanya kalau di aplikasi Whaff kamu akan mendapat imbalan ketika menyelesaikan task. Di aplikasi Whaff Locker ini kamu hanya perlu mengusap lockscreen smartphonemu untuk mendapatkan uang.

Usap lockscreen bisa dapat duit?

Ya benar, tapi bukan sembarang locksreen ya. Whaff locker telah menyediakan lockscreen yang harus kamu pasang di smartphone Androidmu. Dan setiap 1-2 jam sekali kamu bisa mendapatkan imbalan ketika membuka smartphonemu dengan mengusap lockscreen dari Whaff Locker ini.

Hebatnya lagi, karena aplikasi Whaff dan Whaff Locker merupakan aplikasi dari vendor yang sama, maka imbalan yang kamu dapatkan bisa digabungkan dengan imbalan yang sudah terkumpul di aplikasi Whaffmu. Dan cara penarikannyapun tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

#App Reward

App Reward juga merupakan salah-satu aplikasi penghasil uang yang bisa dipercaya. Cara penggunaannyapun masi sama, yakni dengan mengerjakan task yang sudah disediakan kepadamu seperti mendownload aplikasi, game, atau menonton video.

#Celengan

Selain bisa mendapatkan uang, kalian juga harus bangga dengan aplikasi yang satu ini. Bagaimana tidak membanggakan, pasalnya aplikasi dengan konsep marketing ini adalah karya anak bangsa lho, alias produk lokal.

Meskipun aplikasi ini merupakan produk lokal, tapi jangan main-main deh sama imbalannya. Di aplikasi ini, kamu bisa memasang lockscreen, dan mengajak temanmu untuk mendapatkan imbalan yang lebih besar lagi. Saya sendiri sudah mencoba aplikasi ini, dan menurut saya aplikasi ini penggunaanya sangat mudah. Dan imbalannyapun dapat langsung saya gunakan untuk membeli pulsa modem, keren kan.

2. Menjadi reseller produk

duit tambahan

Pekerjaan lain yang bisa kamu lakukan di Internet adalah menjadi reseller sebuah produk. Tips yang satu ini mungkin sudah banyak sekali dibahas, karena memang layak untuk dibahas. Menjadi reseller menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan, terlebih jika dijakankan melalui Internet.

Tugas seorang reseller adalah membeli sebuah produk, dan menjual kembali barang tersebut kepada orang lain. Perbedaan ketika kamu menjadi reseller secara online, dan tidak (membuka toko fisik) yakni terdapat pada modal awal yang perlu kamu keluarkan.

Bayangkan saja, jika kamu berniat menjadi reseller dengan membuka sebua toko fisik. Maka menjadi sebuah keharusan kalau kamu dituntut untuk menyediakan produk yang ingin kamu jual, dan memajangnya pada tokomu.

Tidak seperti toko fisik, ketika mencoba untuk menjadi reseller online, maka kamu tidak diharuskan untuk menyediakan barang tersebut lebih dulu. Kamu hanya perlu menyediakan foto produk tersebut, dan menyebarkannya melalui, blog, website, dan media pengiklan lain di Internet.

Kamu tidak memerlukan modal untuk membangun toko, tidak memerlukan modal untuk menyediakan barang (Karena jika ada pesanan, barulah kamu mengambil barangnya). Dan kamu tidak memerlukan modal untuk mempekerjakan kariawan (semuanya bisa dilakukan sendiri dengan mudah).

Tapi, karena kamu tidak ingin mengeluarkan banyak modal, maka langkah pertama sebelum menjalankan bisnis ini adalah mencari orang yang mau diajak bekerja sama. Jadi kamu dapat memotret produk mereka untuk keperluan iklan, dan hanya membayar ketika pesanan datang.

Kamu tidak usah bingung mengenai keuntungan, ingat bahwa media yang kamu gunakan untuk mengiklankan baranmu adalah sebuah media yang dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia.

Baca : 12 Kunci Sukses Bisnis Reseller yang Wajib Anda Tau

Ya, seluruh dunia!

Produk kamu tidak hanya dibeli oleh orang lokal saja, karena produk yang kamu tawarkan berkesempatan untuk dibeli oleh seluruh orang di dunia. Walaupun aksesnya hingga seluruh dunia, tapi kalau kamu mau dengan mudah mendapatkan konsumen luar negeri, cara promosimu juga harus ditingkatkan.

Memasang iklan premium adalah jalan terbaik yang dapat kamu coba, atau menggunakan situs jual beli internasional seperti e-bay juga bisa “memikat” konsumen luar negeri kok.

3. Coba jalankan bisnis dropshipper

duit tambahan

Nyaris sama seperti bisnis reseller yang kita bahas pada poin sebelumnya.
Jika tadi kita membahas mengenai bisnis reseller sebagai sarana mendapatkan duit tambahan, maka dalam dalam poin ini bisnis yang direkomendasikan untuk kamu adalah bisnis menjual produk secara dropship.

Untungnya menjalankan bisnis ini, yaitu kamu tidak perlu modal sama sekali. Jika perlu modal, mungkin itu hanya untuk membeli kuota paket Internet di modem kamu.

Dalam menjalankan bisnis dropshipper, kamu tidak memerlukan sebuah produk. Kamu hanya perlu skill untuk mengiklankan dan mempromosikan barang dan tidak ada lagi yang perlu kamu lakukan.

Setelah mendapatkan konsumen, maka biarkanlah pemilik produk yang kamu ajak bekerja sama menyelesaikan orderan tersebut. Kamu hanya perlu duduk manis, sambil mempromosikan “barang daganganmu” di Internet.

Baca : Cara Mudah Bisnis Online Gratis dengan Menjadi DROPSHIPPER

4. Jualan foto buat kamu yang suka fotografi

duit tambahan

Buat kamu yang punya hobi fotografi, atau malah bekerja di bidang fotografi, sepertinya cara yang satu ini dapat membuat penghasilanmu semakin bertambah.

Bukan rahasia lagi, jika “peralatan tempur” seorang fotografer bukanlah sesuatu yang murah. Bukan masalah jika kamu adalah seorang fotografer senior, dimana peralatan yang dibutuhkan biasanya akan disediakan oleh tempat dimana kamu bekerja. Tetapi untuk mereka yang menjalankan aktivitas ini sebagai hobi dan pengisi waktu liburan, pastinya ingin sekali mendapatkan duit dari aktivitas ini.

Sekarang ini kamu tidak perlu kawatir, karena kamu bisa mendapatkan uang dari hobimu, dengan memanfaatkan situs yang mau membayar setiap jepretan kamu.

Baca : 7 Tips Ampuh untuk Kamu yang Tertarik Mempelajari Fotografi

Kalau kamu bingung dengan sistem kerja situs penjual foto tersebut, saya akan menjelaskannya sedikit

Ada beberapa perusahaan, designer, dan blog yang membutuhkan gambar dan foto yang sebagai ilustrasi dari pekerjaan mereka. Jika mereka menggunakan gambar yang terdapat pada Google Image, maka sudah jelas mereka akan melanggar undang-undang tentang hak cipta (Masa perusahaan nyolong gambar).

Dengan adanya situs penyedia gambar seperti inilah, perusahaan, designer dan blogger bisa mendapatkan gambar ilustrasi tanpa melanggar hak cipta. Kamu bisa menjual memajang foto hasil jepretanmu ke situs seperti ini, dan mendapatkan imbalan setiap kali ada orang yang mendownload gambar tersebut.

Tapi yang perlu diingat, karena peminat situs seperti ini kebanyakan datang dari kalangan perusahaan, desainer, dan blogger, maka pastikan bahwa gambarmu sudah layak untuk dipajang di situs tersebut. Kamu tidak bisa sembarangan lho, karena pihak situs penyedia gambar tersebut akan melakukan tahap review ketika kamu mendaftar.

Tipsnya mudah saja, ingat bahwa fotomu nantinya akan digunakan oleh perusahaan dan desainer, oleh karenanya pastikan kamu selalu memotret secara maksimal.

Berikut saya akan sertakan beberapa situs penjualan foto yang sangat direkomendasikan :

# iStock Photo

Dimulai dari situs jual beli foto yang paling tua di dunia, kamu bisa mendaftar untuk menjadi contributor di situs ini dan mengikuti tahapan review dan seleksi yang sudah disediakan oleh mereka.

Jika kamu lolos dari seleksi yang ada, maka kamu bisa memulai untuk menjual hasil jepretanmu dan akan mendapatkan komisi dari 15% hingga 45% setiap kali ada orang yang mendownload fotomu. Untuk mendapatkan uangnya, kamu dapat melakukan pecairan pada saat penghasilan sudah mencapai 100 dolar melalui cek, paypal, dan berbagai cara lain yang mereka sediakan.

# Bigstock Photo

Kamu bisa memasang foto kamu di situs ini dan mendapatkan uang ketika ada orang yang berminat dan mendownload foto yang kamu pajang.

Dari informasi yang saya terima, besar file dan metode payment yang digunakan oleh orang yang mendownload file kamu, sangat berpengaruh akan imbalan yang bisa kamu terima. Tapi di situs ini kamu bisa mendapatkan imbalan yang cukup besar, hingga 30% dari total harga yang dibayar oleh pembeli.

# ShutterScock

ShutterStock juga merupakan yang sagat direkomendasikan untuk mendapatkan duit tambahan dari menjual foto. Sudah banyak cerita sukses dari orang yang menjadi kontributor dari situs ini, bahkan teman satu kampus saya sudah ada yang menghasilkan uang dari menjual foto di situs ini.

Untuk pendapatan yang akan kamu terima, berkisar antara 20 sampai dengan 30 persen dari total harga yang harus dibayarkan oleh pihak yang membeli fotomu. Dan ada juga sistem pembayaran yang berbeda jika ada yang berlangganan harian, ondemad dan enhanced license.

#Alamy

Berdasarkan informasi yang banyak tersebar, maka saya dapat menyimpulkan bahwa situs Alamy ini merupakan situs yang layak dan sangat direkomendasikan untuk kamu.

Pasalnya, kamu bisa mendapatkan royalti higga 60% dari hasil penjualan. Meskipun saya sendiri belum pernah mencoba situs ini, tapi ini merupakan situs yang patut dipertimbangkan mengingat royalty yang bisa didapatkan cukup besar. Selain itu di situs ini kabarnya kamu diperbolehkan untuk menjual foto yang sama di situs penjual foto lainnya.

5. Menyediakan jasa pembuatan blog

duit tambahan

Bagi kamu yang suka atau mampu membuat dan mendesain blog, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis di dunia Internet dengan menyediakan jasa pembuatan blog atau website untuk mereka yang membutuhkannya.

Di jaman yang serba online seperti sekarang ini, sepertinya kemampuanmu dalam bidang website sangat amat dibutuhan. Tidak hanya blog personal, perusahaan-perusahaan yang awalnya berbasis offline pun sekarang ini mulai melirik keuntungan dari “pasar online”.

Jika kamu tertarik untuk berbisnis dengan menyediakan jasa sebagai desain blog, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Di situs-situs penyedia template premium saja, mereka biasanya mematok harga yang cukup besar untuk tiap template yang ditawarkan. Tidak hanya itu, saya juga sering melihat iklan jasa pembuatan dan desain blog, yang mematok harga sangat tinggi dari 1juta hingga 10juta lebih untuk tiap website yang dikerjakan.

Meskipun kamu akan mendapatkan bayaran tinggi jika menangani situs milik perusahaan besar, namun tidak menutup kemungkinan juga bila kamu bisa mendapatakan keuntungan yang lumayan dari mendesain blog milik personal.

Tunggu apalagi, segera iklankan jasa pembuatan websitemu!

Untuk memulainya, kamu dapat mendesain beberapa template secara gratis untuk dibagikan di Internet. Tidak perlu kawatir, karena kamu akan membagikan template gratis tersebut. Dengan maksud sebagai pendekatan serta untuk menarik minat dan kepercayaan dari pengguna Internet.

Tidak hanya itu, membagikan template gratis di awal bisnis ini, dapat membuatmu memiliki portofolio yang baik. Dan kamupun tidak harus bingung saat ada konsumen yang meminta contoh-contoh karyamu.

Untuk mendatangkan keuntungan yang lebih cepat, kamu dapat membuat akun di berbagai tempat penjualan situs premium untuk mengiklankan templatemu lebih luas lagi. Jika kamu sudah terbiasa “memainkan” koding, pastinya kamu akan merasa senang dengan bisnis via online yang satu ini.

6# Menjual tulisanmu kepada website dan blog

duit tambahan

Jika kamu tidak pandai dengan kode-kode website, sepertinya pekerjaan yang satu ini bisa kamu jadikan sebagai bisnis sampingan yang menguntungkan. Tidak perlu pusing mikirin kode, karena kamu hanya perlu menuangkan inspirasi dan ide-ide mu kedalam sebuah tulisan yang baik. Setelah itu menjualnya kepada website dan blog yang membutuhkannya.

“Tulisan seperti apa yang bisa saya jual?”

Tidak ada batasan dalam menulis, sehingga tidak ada batasa pula dalam menjual karya tulis. Namun, kamu harus mempertimbangkan syarat-syarat tulisan yang sudah disediakan oleh pihak website dan blog yang bersangkutan.

Dan kamu juga tidak perlu bingung kemana mau menjual tulisanmu. Karena sekarang ini banyak sekali website dan blog yang membutuhkan tulisan segar untuk pembaca setia mereka.

Tapi penting untuk kamu ingat!

Karena tulisanmu nantinya akan dipublikasikan oleh website yang sudah terkenal, maka kamupun harus membuat tulisan yang baik. Tulisan yang baik bisa berarti ejaannya yang susuai, gaya bahasa yang tepat, serta ide-ide yang terkandung dalam tulisan tersebut.  Hal ini harus kamu perhatikan, agar nantinya tulisanmu dapat diterima dan diterbitkan oleh situs yang bersangkutan.

“Tulisan saya dihargai berapa?”

Tergantung, semakin baik tulisan kamu maka semakin besar pula upah yang akan kamu dapatkan. Di berbagai website yang pernah saya temui, mereka akan membayar tulisan berdasarkan jumlah kata yang terkandung didalamnya. Tetapi, ada pula website yang membayar upah yang sama, yakni 50ribu sampai dengan 100ribu tiap artikel tanpa memandang batas kata yang terdapat pada tulisan.

Kalau mau bayaran lebih besar lagi, kamu bisa menjual tulisanmu di situs bule (Websitenya orang luar negeri). Dari berbagai informasi yang saya dapatkan, situs bule mau membayar tulisan dari 500ribu hingga 1juta tiap artikelnya.

Jika tertarik menulis di situs bule, kamu juga harus memperhatikan beberapa syarat yang sudah mereka buat. Syarat tersebut contohnya adalah, artikel yang kamu buat merupakan artikel berbahasa inggris yang tepat (Bukan hasil Google Translate), serta banyak syarat lain yang musti kamu perhatikan.

“Bagaimana cara agar tulisan saya diterima?”

Mudah saja, selain mengikuti peraturan yang terdapat pada situs yang bersangkutan, kamu harus memperhatikan bahwa tulisanmu memenuhi berbagai aspek seperti di bawah ini :

#Tulisan bukan hasil copy paste

Ya iyalah, kalau cuma copas sepertinya pemilik website tidak usah pusing untuk mencari penulis. Tulisanmu haruslah original, alias merupakan tulisanmu sendiri. Oleh karenanya, menulis berdasarkan apa yang sedang dipikirkan, adalah cara terbaik agar kamu tidak kehabisan ide.

Meskipun tulisan yang kamu buat tidak diperbolehkan hasil copy paste, tetapi kamu tidak dilarang untuk mencari referensi dari tulisan yang sudah ada. Dalam mencari referensipun kamu harus ingat, bahwa yang kamu “copy” adalah ide yang terkandung, dan bukan mencopy tulisan secara mentah-mentah.

#Perhatikan apa yang sedang popular

Ketika kamu menulis di website, terutama website teknologi dan lifestyle. Maka tulisan yang tepat adalah yang berkaitan dengan apa yang sedang populer saat itu. Populer di sini, dapat kamu artikan sebagai sesuatu yang paling banyak dibicarakan di dunia nyata. Serta dapat berarti pula sebagai keyword yang paling banyak di cari di Internet.

Jika hal ini sudah bisa kamu lakukan, maka tulisan yang kamu buat pastinya merupakan tulisan yang paling berpotensi terkenal di mesin pencari. Sehingga pihak website tempat kamu menjual tulisanpun akan dengan senang hati menerima dan menerbitkan tulisan yang kamu kirimkan.

# Siapkan portofolio

Ada beberapa situs yang akan meminta contoh tulisan terlebih dahulu, sebelum akhirnya benar-benar menerimamu untuk menulis di website yang mereka kembangkan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu sering-sering menulis, untuk menjadikannya sebagai contoh hasil tulisan meskipun tidak dibayar sama sekali.

Dalam menulis sebagai portofolio, memang kamu tidak akan dibayar oleh pihak manapun. Namun, pikirkan bahwa kegiatan tersebut nantinya akan membawa perubahan yang lebih baik dalam kemampua menulismu, serta membantumu ketika ingin bekerja sebagai penilis bayaran.

#Jangan mudah menyerah

Ada kalannya website dan blog tidak mau menerima tulisan yang kamu kirim dengan berbagai alasan. Jika hal tersebut terjadi, kamu jangan mudah putus asa dengan tidak mau menulis lagi. Atau malah jadi anti sama website yang bersangkutan.

Cobalah memeriksa tulisan yang ditolak tersebut, dan temukan kesalahan yang menyebabkan tulisan kamu tidak diterbitkan. Hal seperti ini akan membuat kamu banyak belajar, dan akhirnya mampu membuat kemampuan menulismu semakin baik lagi.

7# Membuat blog pribadi untuk investasi masa depan

duit tambahan

Jika kamu tidak mempunyai kemampuan dalam bidang koding website, dan tidak dapat menciptakan tulisan yang baik untuk dijual kepada situs web. Maka, menbuat blog untuk menampung tulisanmu secara pribadi juga baik untuk dijadikan bisnis secara online.

Blog untuk investasi masa depan

Kalau kamu pikir kalimat tersebut menggelikan, maka kamu salah besar. Di jaman sekarang yang segalanya membutuhkan Internet ini, tulisan yang terdapat pada sebuah blog sepertinya sangat diperlukan.

Jika kamu tidak pandai menulis di blog orang lain, maka menulis di blog sendiri dapat dijadikan sebagai solusi. Tetapi, karena bayaran yang akan kamu dapat ketika mengurus blog pribadi tidak akan kamu dapatkan seketika itu juga, maka blog lebih tepat dikatakan sebagai sarana untuk investasi. Kamu dapat menerbitkan tulisan di blogmu, dan suatu saat nanti kamu bisa mendaftarkan blog yang kamu miliki sebagai publisher iklan seperti Google Adsense.

Karena mendaftar sebagai publisher tidaklah mudah, makanya kamu harus menerbitkan tulisan dengan rutin agar suatu saat nanti Google dapat menerimamu sebagai publisher mereka. Tulisan yang kamu harus kamu terbitkanpun tidak perlu terlalu bagus, dengan menerbitkan tulisan yang bermanfaat saja dirasa sudah cukup.

Kamu pasti tertarik dengan artikel ini :

8# Siapkan video unikmu dan jadilah Youtuber

duit tambahan

Youtube siapa sih yang tidak kenal media yang katanya lebih baik dari TV ini? Saya yakin pasti kamu semua sudah pada tahu dan sering juga membuka situs Youtube ini.

Tapi, tahukah kamu bahwa rata-rata pemilik video di Youtube itu dibayar mahal?

Saya dulu pernah tidak percaya bahwa orang yang mengunggah videonya ke Youtube akan mendapatkan bayaran, hal itu dikarenakan saya bingung akan sumber pendapatan mereka.

“Siapa yang membayar Youtuber?”

Itu pertanyaan yang saya pikirkan kala itu, tapi setelah mencari informasi di berbagai sumber, saya akhirnya tahu bahwa mereka mendaptkan penghasilan dari sumber yang sama seperti para blogger di luar sana.

Apalagi kalau bukan Iklan.

Yap! Iklanlah yang membuat Youtuber bisa mendapatkan bayaran, malahan bayaran Youtuber saat ini bisa lebih mahal ketimbang kamu yang bekerja sebagai kariawan kantoran (Dengan catatan bahwa chanellmu sudah terkenal). Tidak ada salahnya mencoba, kamu dapat membuat video-video unik mengenai apapun termasuk kegiatanmu sehari-hari. Mengunggahnya ke Youtube serta mendapat keuntungan dari Iklan yang terpasang dari videomu.

Baca : Bagaimana Perincian dan Cara Youtube Membayar Para Vlogger

Kabar baiknya lagi, proses pendaftaran sebagai publisher iklan di Youtube ternyata lebih mudah ketimbang website dan blog. Wow, ayo siapkan videomu dari sekarang!

9# Membuat tulisan dalam bentuk ebook dan menjualnya

duit tambahan

Dalam poin sebelumnya kita telah membahas mengenai mencari duit tambahan dengan menjual tulisan kepada website, dan membuat blog pribadi. Hampir mirip, hanya saja dalam poin ini kamu akan mencari duit tambahan dengan cara membuat sebuah ebook dan menjualnya kepada publik melalui Internet.

Bagi sebagian besar orang, ebook dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan informasi gratis yang terdapat pada internet. Terlebih jika informasi terebut merupakan sebuah tips yang banyak dibutuhkan orang. Anggapan seperti itu, lebih didasari karena informasi yang terdapat pada ebook adalah sebuah informasi yang premium. Hal ini jelas membedakan ebook dengan informasi di internet yang bisa dibaca oleh orang banyak secara gratis.

Sebelum berbisnis menggunakan ebook, kamu wajib memperhitungkan berbagai hal, seperti memastikan bahwa ebook yang kamu buat berisikan informasi yang baik serta layak untuk dijual.

Kebanyakan orang memulai bisnis seperti ini dengan tidak mementingkan hal di atas. Jika kamu tidak memperhatikan hal tersebut maka yang terjadi hanyalah gagalnya bisnis ebook yang kamu jalankan.

Saya pernah membeli sebuah ebook, karena si pembuat ebook menjelaskan bahwa ebook yang dijualnya berisikan informasi dan strategi yang jitu dalam mengurus sebuah blog.

Sayang sekali, setelah merogoh kocek hingga 200ribu untuk membeli ebook tersebut. Ternyata apa yang saya temukan dalam ebook itu hanyalah informasi yang banyak dibahas oleh website dan blog yang bertemakan blogging. Hal ini membuat saya kapok membeli ebook premium di lapak yang bersangkutan, dan mulai berhati-hati ketika hendak membeli ebook kembali.

Jangan sampai pembeli ebookmu, mendapatkan pengalaman yang sama seperti saya!

Jangan berbohong mengenai isi yang ada pada ebookmu. Buatlah ebook yang menarik dengan yang bermanfaat untuk orang lain, pastikan harga yang kamu patok memang layak disandingkan dengan informasi yang terdapat pada ebook tersebut.

10# Menyediakan jasa desain grafis

duit tambahan

Berbeda dengan jasa desain blog yang sempat saya jelaskan tadi, disini kamu akan menyediakan jasa desain grafis secara online. Banyak kalangan yang membutuhkan desan kamu, mulai dari personal dan juga perusahaan seperti majalah dan website terkenal.

Sedangkan jasa yang kamu tawarkan, bisa meliputi jasa desain vector, logo, karikatur, atau bisa juga dengan desain fashion. Semua itu biasanya diperlukan oleh perusahaan dan website, sebagai ilustrasi dari proyek yang sedang mereka kerjakan.

Untuk masalah bayaran yang bisa kamu terima, kamu sepertinya tidak perlu kawatir. Desain memerlukan seni dan kreatifitas yang tinggi, sehingga kamu pantas mendapat bayaran yang setimpal akan hal ini.

11# Cari kerja di situs Freelance untuk nambah pemasukan

duit tambahan

Buat kamu yang bingung mau cari duit tambahan dimana, sepertinya kamu perlu mengetahui tentang keberadaan situs freelance yang mau membayar kamu untuk menyelesaikan proyek yang ditawarkan.

Saat ini sudah banyak situs freelance yang dapat kamu gunakan untuk mencari proyek dan menyelesaikan proyek tersebut untuk mendapatkan upah, dan duit tambahan untuk jajan sehari-hari. Pada situs freelance, kamu bisa memilih proyek yang tersedia berdasarkan kemampuan yang kamu miliki. Ada banyak sekali proyek yang ditawarkan di sini, mualai dari menulis, desain website, desain logo, editing, software dan masih banyak lagi.

Jadi pada intinya, situs freelance hanyalah sebuah situs yang menyediakan tempat berkumpulnya para peminat dan penyedia jasa. Mereka yang membutuhkan jasa akan memasang iklan yang bertujuan untuk merekrut orang untuk bekerja sama dengan mereka. Sedangkan kamu harus menyelesaikan proyek yang sudah disepakati dan mendapatkan bayaran yang bervariatif.

Berikut ini akan saya sebutkan beberapa situs freelance yang sangat direkomendasikan untuk kamu :

#Sribulancer.com

Merupakan situs freelancer yang dikembangkan oleh anak bangsa, situs ini sedang populer bagi kalangan freelancer karena telah memiliki lebih dari 2000 klien dan 5000 lebih jenis proyek yang tersedia di situs ini. Di situs ini kamu dapat mengerjakan proyek yang berkaitan dengan desain, programming, translator, menulis blog, editing, dan masih banyak lagi.

Baca : Kiat Usaha Online Dengan Menjadi Freelancer Di Sribulancer

#Projects.co.id

Masih buatan Indonesia, di situs ini kamu dapat menemukan proyek yang lebih beragam lagi. Terdapat bermacam-macam proyek yang di antaranya adalah affiliate program, penjualan jasa produk dan produk bagi internet, serta masih banyak lagi yang dapat dikerjakan.

Baca : Tips Mendapatkan Pekerjaan di Projects.co.id

#Freelancer.co.id

Freelancer sepertinya adalah situs yang paling tepat untuk kamu yang ingin memulai karier sebagai freelancer online. Telah digunakan lebih dari 10juta pengguna, serta memiliki proyek yang bermacam-macam mulai dari editor, penulis, desain, dan masih banyak lagi proyek yang bisa kamu kerjakan.

Tidak hanya itu, alasan lain mengapa situs yang satu ini patus kamu coba, adalah karena mereka menyediakan kontes dan lomba yang diperuntukan khusus bagi para freelancer.

12# Menyediakan aplikasi dan game untuk pengguna smartphone

duit tambahan

Meski tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menciptakan aplikasi dan game berbasis smartphone. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau kamu yang membaca artikel ini adalah orang yang memiliki keahilan khusus dalam bidang pengembangan aplikasi dan game.

Selain itu, ada banyak pula tutorial dan panduan membuat aplikasi dan game yang tersebar secara gratis di Internet. Kalau kamu telaten bukan tidak mungkin kamu akhirnya mampu membuat aplikasi dan game yang nantinya akan dipergunakan untuk smartphone.

Aplikasi dan game yang kamu buat sebenarnya sederhana saja, tidak perlu terlalu bagus, apalagi berkualitas hd. Sederhana tetapi dapat bersaing di pasaran adalah kunci yang paling utama dalam membuat aplikasi maupun game untuk smartphone.

Contoh saja, kamu dapat membuat sebuah aplikasi dimana dalam aplikasi tersebut berisikan panduan dan informasi yang bisa dibaca oleh para pengguna (Blog berbasis aplikasi). Atau bisa juga membuat game sederhana yang ditargetkan khusus untuk kalangan anak-anak. Kedengarannya cukup rumit ya, tapi kalau kamu telaten dalam mempelajari serta mempraktekkannya, dijamin deh lama-kelamaan juga kamu bakalan terbiasa.

13# Ikutan program affiliate

duit tambahan

Kalau kamu pusing gimana caranya dapat duit tambahan di Internet, tips yang satu ini juga sangat ampuh dalam menyembuhkan rasa pusingmu itu.

Ya!

Kamu dapat mengikuti program affiliate untuk mendapatkan duit tambahan malalui Internet

Apa itu program affiliate ?

Mudahnya kamu dapat beranggapan bahwa affiliate adalah sebuah pekerjaan makelar di dunia nyata, namun karena penerapannya adalah menggunakan media internet maka bisa disebut sebagai affiliate.

Jadi buat kamu yang berbisnis affiliate, maka tugas kamu adalah mengiklankan kembali sebuah jasa atau produk yang terdapat di Internet. Kamu bisa mendapatkan bayaran setelah ada orang yang menggunakan jasa, atau membeli produk melalui iklan yang kamu sebarkan.

Nah, jika seperti itu jelas sekali dong kalau siapa saja bisa ambil bagian dalam program seperti ini. Tidak harus punya blog atau website, dengan modal sosial mediapun sepertinya kamu bisa menjalankan salah satu bisnis via online ini.

14# Jualan item game online

duit tambahan

Bisnis yang satu ini sangat cocok buat kamu yang suka banget sama main game. Gimana engga, kamu bisa menghasilkan uang, tapi tetap bisa main game kesukaan kamu.

Kalau kamu suka main game, terutama game online, pasti kamu tahukan kalau item-item yang ada pada game tersebut, kadang tidak bisa didapatkan dengan mudah.  Karena tidak mudah untuk didapat, maka banyak gammers lainnya yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli item yang kamu miliki, wihh.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapat duit tambahan dengan menjual char atau id game online yang kamu miliki. Dengan level atau pangkat yang tinggi, harga jual dari char game online tersebut bisa ikut melambung tinggi lho.

15# Mengikuti survey online untuk mendapat bayaran

duit tambahan

Pasti ada di antara kalian yang ragu dengan tips pada poin terakhir ini ya. Awalnya saya juga ragu, tapi setelah cari informasi sana-sini ternyata ini beneran lho.

Bahkan di Indonesia sendiri, bisnis yang satu ini sudah banyak diminati oleh pengguna Internet. Salah-satu survey online yang paling digemari adalah survey milik Nusa Research. Nusa Research yang merupakan program riset pasar online di Indonesia ini adalah program review yang sudah berbadan hukum, dan memiliki kantor di Jakarta.

Siapa saja boleh mengikuti program yang diberikan oleh Nusa Researh ini, dan nantinya kamu dapat mencairkan penghasilanmu dalam bentuk uang, atau bisa juga dicairkan dalam bentuk pulsa. Wah keren banget, lumayan kan buat mencari duit tambahan.

Kamu pasti tertarik dengan artikel ini :

Gimana kamu pasti sudah tertarik untuk mengikuti salah-satu tips di atas untuk mendapatkan duit tambahan melalui Internet? Atau malah kamu berencana untuk mencoba semuanya. Semoga beruntung ya.


Loading...
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close