dasar seo

Belajar Dasar SEO Untuk Blogger Pemula

Search engine optimization (SEO) adalah salah satu hal yang cukup sering dibahas dikalangan blogger dan sering dianggap sebagai tugas seorang ahli. Melalui seri belajar, saya ingin memperkenalkan Anda kepada dasar-dasar SEO dan membekali Anda dengan pengetahuan yang diperlukan untuk belajar mengelola SEO dari blog Anda.

Apa Itu SEO?

Seperti namanya, SEO adalah tugas mengoptimalkan situs anda sehingga peringkat mesin pencari anda lebih baik pada halaman hasil mereka (SERPs – Search Engine Result Pages). Anda sudah memiliki banyak konten yang bermanfaat di blog anda dan pembaca anda dapat memahami dan suka. Namun, kadang apa yang kita cari tidak sesuai dengan mesin pencari.

Untuk memahami apa artinya, mari kita ambil contoh.

Berikan halaman yang berisi artikel tanpa judul untuk seseorang dan untuk mesin pencari. Orang, setelah membaca artikel itu, akan dapat memahami isi dari artikel yang ingin disampaikannya tersebut.

Namun, mesin pencari (yang merupakan program komputer) tidak akan mampu melakukannya. Karena tidak memiliki kecerdasan yang diperlukan untuk menguraikan makna kalimat dan menemukan kepentingan relatif mereka.

Anda perlu secara eksplisit memberikan judul pada artikel tersebut, menempatkan paragraf di bawah judul sisi dan menandai kalimat penting.

Sebelum pindah ke cara-cara untuk meningkatkan SEO situs anda, mari kita melihat ke dalam beberapa terminologi.

Black Hat SEO dan White Hat SEO

Black hat SEO mengacu pada teknik yang dianggap tidak dapat diterima oleh mesin pencari ketika mereka mencoba untuk menipu search engine. Berbeda dengan teknik White Hat SEO, teknik ini bisa diterima SEO.

Loading...

dasar seo

Misalkan anda menulis sebuah artikel tentang keyboard nirkabel tapi kemudian anda tahu orang mencari lebih banyak untuk ‘mouse nirkabel’ daripada keyboard nirkabel. Jadi, anda memberikan judul seperti mouse nirkabel bukan keyboard nirkabel.

Hal seperti ini jelas salah dan tidak dapat diterima. Ini dan hal-hal lain yang sejenis jatuh di bawah black hat SEO. Sebaliknya, teknik SEO white hat tidak mencoba untuk menipu mesin pencari. Mereka hanya mencoba untuk menyajikan konten dengan cara mesin pencari dapat memahami lebih baik.

Informasi yang mereka berikan untuk mesin pencari melalui pos, judul dll persis sama seperti manusia dapat menguraikannya dari artikel.

Gray Hat SEO

Ada jenis lain dari SEO, dikenal sebagai Gray hat SEO yang jatuh di antara keduanya. Komunitas blogging memiliki pendapat campuran tentang teknik dalam kategori ini.

dasar seo

Beberapa orang mengatakan bahwa itu adalah teknik white hat sementara beberapa yang lain mengatakan bahwa itu adalah teknik black hat. Dan karenanya, mereka dianggap sebagai berada di wilayah abu-abu.

Anda disarankan untuk tidak mengikuti penggunaan setiap teknik SEO black hat di blog Anda. Bahkan jika mesin pencari tidak bisa mengetahui hari ini bahwa anda sedang mencoba untuk menipu, itu mungkin akan ketauan setelah beberapa bulan atau tahun.

Ini negatif dan dapat mempengaruhi peringkat pencarian anda. Terkadang hukuman secara manual dikenakan pada situs oleh Google jika tingkat teknik black hat terlalu tinggi, situs anda mungkin secara permanen dihapus dari Google SERPs.

On page dan Off page SEO

On page SEO adalah SEO yang dilakukan pada halaman web itu sendiri, seperti judul menandai, membuat poin penting yang berani, memberikan deskripsi untuk gambar dll. Off page SEO merupakan hal yang tersisa.

Misalnya, nilai SEO dari halaman meningkat dengan jumlah backlink (link dari halaman lain). Ini bukan sesuatu yang dapat ditingkatkan dengan memodifikasi halaman itu sendiri dan karenanya berada di bawah kategori dari halaman SEO.

Baca juga : Cara Membuat Tautan Permanent Yang SEO

SEO dan Google

Cukup sering orang berbicara tentang dasar SEO dalam rangka meningkatkan posisi situs mereka di mesin pencari Google. Meskipun SEO berlaku untuk mesin pencari lain seperti Bing dan Yahoo Search, orang umumnya berbicara tentang Google sebagai pasar dari Google jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.

dasar seo

Meskipun teknik dasar SEO tetap sama, ada beberapa technqiues khusus untuk Google SEO. Sebagai contoh, ada beberapa tag HTML yang dapat digunakan untuk memberikan informasi lebih untuk Google tentang konten situs anda (tag ini tidak dipahami oleh semua mesin pencari).

Baca sumber resmi : Teknik analisis untuk Penelusuran Organik Google dan SEO

Sekian dulu postingan kali ini, semoga bisa membantu Anda yang sedang ingin belajar tentang dasar SEO. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silakan berkomentar.


Loading...

Bagikan

deni apriliandi

Penulis

Jika kita bermewah-mewah di dunia akan kurang ganjarannya di akhirat #umar bin khattab

Komentar

    Avatar

    Bali Harsa

    ( - 04:30)

    bermanfaat sekali buat saya yg baru belajar SEO

    Avatar

    Bali Harsa

    ( - 04:29)

    Terima kasih postingannya…bermanfaat sekali buat saya yg baru belajar SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *