Internet

6 Fakta pada Desain Uang Pecahan Baru yang Harus Kamu Ketahui

Apa kamu sudah mendengar atau membaca “Gosip” mengenai pengeluaran dan pegedaran 11 pecahan uang Rupiah dengan desain baru?. Ternyata berita tersebut bukan sekedar gosip lho, karena pada tanggal 19 Desember 2016, Presiden RI Telah meresmikan pengedaran 11 uang pecahan baru tersebut.

11 Pecahan tersebut terdiri dari 7 pecahan uang kertas (Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp1.000), dan juga 4 pecahan uang logam (Rp1.000, Rp500, Rp200, Rp100).

6 Fakta pada Desain Uang Pecahan Baru

Akan tetapi, terdapat setidaknya 6 fakta penting pada desain baru pecahan Rupiah yang telah resmi beredar tersebut. Kamu harus segera mengetahuinya ya, karena akan sangat berguna untuk memastikan keaslian dari uang yang kamu miliki.6 Fakta pada Desain Uang Pecahan Baru yang Harus Kamu Ketahui

1. Color Shifting

Fakta pertama dari desain pecahan Rupiah yang baru, yaitu kamu akan mengenal istilah Color Shifting. Color Shifting merupakan keadaan dimana uang kertas akan berubah warna, apabila kamu melihatnya dari sudut pandang tertentu.

2. Rainbow Feature

Tidak hanya berubah warna saja, uang Rupiah pecahan baru yang kamu milikipun akan memunculkan gambar berupa angka nominal tersembunyi, yang terkesan memiliki bermacam warna (Pelangi) jika dilihat dari sudut tertentu.

3. Latent Image

Masih dengan sudut pandang dan gambar tersembunyi, uang dengan desain baru yang kamu miliki dapat memunculkan gambar berupa teks logo Bank Indonesia pada bagian depan, sedangkan pada bagian belakangnya dapat memunculkan angka nominal.

4. Rectoverso

Desain baru ini juga membuat uang kamu memiliki efek rectoverso, yaitu munculnya gambar saling isi apabila kamu menerawang uang tersebut baik dari sisi depan maupun belakang.

5. Tactile Effect

Fakta yang kelima adalah disempurnakannya blind code, atau kode yang biasa digunakan oleh tuna netra. Penyempurnaan tersebut tentu sangat bermanfaat untuk mereka yang menyandang tuna netra.

Loading...

6. Ultra Violet Feature

Fakta terakhir yang kita bahas di sini, yaitu pemyempurnaan dan peningkatan keamanan Ultra Violet yang terdapat pada uang kertas edisi baru. Rupiah dengan desain baru tersebut, apabila dilihat dengan sinar Ultra Violet maka akan memendar menjadi dua warna.

Gimana, jika dilihat dari keenam fakta tersebut terbukti dong kalau Indonesia itu keren?



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button