Destinasi Wisata Kalimantan Barat yang Menarik untuk Dikunjungi

 

Tempat wisata Kalimantan Barat sangat menarik untuk dikunjungi. Wisata Kalimantan Barat tidak kalah unik dan indah dibandingkan di daerah atau provinsi lainnya.

Kalimantan Barat salah satu Provinsi di Indonesia dengan Ibukota provinsi Kota Pontianak. Kalimantan Barat menjadi Provinsi terbesar ke Empat setelah Kalimantan timur, Kalimantan tengah dan juga Papua.

Selain itu, Kalimantan Barat memiliki luas 146.807 km2 (Setara 7,53% Luas Indonesia).

Baca jugaHilangkan Stress: 7 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Julukan Kalimantan Barat yaitu Provinsi “Seribu Sungai” Dengan melihat kondisi Geografis dan memiliki ratusan sungai kecil dan besar. Dan sebagian dari sungai tersebut mudah untuk di layari.

Destinasi wisata Kalimantan Barat Memiliki surga tersembunyi mulai dari: Bukit, Pantai, Pulau, hingga Air terjun

Lebih jelasnya, lihat dibawah ini Destinasi wisata Kalimantan Barat yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Tugu Khatulistiwa

wisata kalimantan barat-Tugu Khatulistiwa
Image by: panduanwisata.id

Jika kamu berada di kota Pontianak, jangan lupa untuk mengunjungi Tugu Khatulistiwa dan  merupakan icon kota Pontianak (Kalimantan Barat). Julukan kota Pontianak adalah Kota Panas.

Loading...

Tugu Khatulistiwa berada di daerah Pontianak Utara dengan jarak tempuh sekitar 3 Km dari pusat kota Pontianak.

Setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, Tugu Khatulistiwa merupakan lokasi titik Kulminasi (Kulminasi Matahari) di mana matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa dan terjadinya fenomena alam yaitu hilangnya bayangan dalam beberapa detik ketika fenomena ini berlangsung.

2. Pantai Temajuk wisata kalimantan barat

pantai-temajuk
Image by: bobocantik.com

Jika kamu travelling di Kalimantan barat, tempat wisata pantai temajuk wajib kamu kunjungi. Pantai Temajuk banyak diminati oleh penggemar wisatawan yang terletak di ujung utara bagian barat Provinsi Kalimantan barat.

Temajuk adalah salah satu Desa yang terletak disebelah utara bagian barat dan hanya berjarak 4 Kilometer kamu sudah masuk wilayah Malaysia tepatnya di Desa Telok Melano.

Dengan berbatasan langsung dengan Malaysia, Pantai Temajuk berada di Desa Temajuk Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas Kalimantan Barat.

3. Air Terjun Merasap

Air Terjun Merasap
Image by: Duniasa.com

Air terjun merasap berada di Kota Bengkayang Kalimantan barat. Salah satu andalan wisata favorit kota tersebut selain Bukit jamur. Air terjun merasap memiliki ketinggian 20 meter dan lebar 8 meter dan memiliki julukan Niaga kecil.

Air terjun marasap memiliki tebing yang sering digunakan untuk memanjat dan menuruni tebing dengan menggunakan tali.

Air terjun marasap juga memiliki lokasi yang sangat mudah di jangkau dari kota Bengkayang sehingga menjadi salah satu wisata favorit yang tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Selain itu, hanya berjarak kurang lebih sekitar 200-300 meter kamu juga dapat mengunjungi Air Terjun Pangar.

4. Bukit Kelam

Bukit kelam kalbarBukit Kelam berada di Kota Sintang Kalimantan Barat dan menjadi salah satu icon Kota Sintang. Bukit Kelam adalah tumpukan batu raksasa (Batu Monolit) dan di gadang-gadang menjadi batu terbesar didunia.

Bukit Kelam memiliki pemandangan nan eksotis dari puncak bukit tersebut. Untuk mendaki Bukit Kelam sekarang sangat mudah, kamu bisa naik melalui tangga yang sudah di buat oleh para pengrajin. Dan kamu akan melihat hamparan hutan yang luas nan indah dari bukit tersebut.

5. Pulau Randayan

Pulau Randayan
Image by: kumpulanwisata.com

Pulau Randayan terletak di Kota Bengkayang Kalimantan Barat. Pulau Randayan sudah cukup terkenal sehingga menjadi salah satu objek wisata Kalimantan Barat.

Dari kalangan wisatawan, wilayah ini sudah cukup populer dan memiliki letak yang lumayan strategis. Hal ini, Pulau Randayan berdekatan dengan Kota Singkawang Kalimantan Barat.

Untuk menuju pulau ini, kamu membutuhkan waktu setidaknya 2 jam perjalanan dari dermaga Teluk Suak atau Dermaga di Pantai Samudera Kota bengkayang dengan perahu motor dengan biaya sekitar 35.000/orang.

6. Bukit Jamur (Penjamuran)

bukit jamur
Image by: regional.kompas.com

Salah satu tujuan wisata Kalimantan Barat bagi para Travelling dan pendaki. Bukit Jamur berada di kota Bengkayang Provinsi Kalimantan barat.

Untuk menuju Bukit jamur, kamu  membutuhkan jarak tempuh 3-4 jam perjalanan dari Kota Bengkayang.  Bukit Jamur memiliki ketinggian sekitar 500 Mdpl dan Julukan Bukit Jamur adalah Negeri di atas Awan.

Untuk mencapai puncak Bukit Jamur, Kamu harus memiliki fisik yang cukup dan membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan. Selain itu, kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat indah ketika berada disekitar bukit.

7. Taman Nasional Danau Sentarum

wisata danau sntarum
Image by: borneochannel.com

Taman nasional danau sentarum berada di Kabupaten  Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat. Untuk menuju kawasan destinasi wisata kamu memiliki dua jalur yaitu udara dan darat.

Untuk menempuh Danau Sentarum melalui udara memakan waktu hingga 45-1 jam perjalanan. Jika kamu melalui jalur darat waktu yang di butuhkan 1 hari perjalanan dari kota Pontianak.

Danau sentarum adalah tempat Habitat Ikan Arwana Kalimantan Barat

Danau Sentarum adalah danau yang menampung air hujan dan keadaan danau akan menggenagi pepohonan disekitar. Ketika air surut, air Danau akan menjadi padang sabana mirip lukisan yang sangat indah ketika di lihat dari atas.


Loading...

Bagikan

Penulis

Syarif Sabirin
Syarif Sabirin
Seorang Article Creator dan Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.

Article Seo Highquality & UX

Profil; https://bit.ly/2tRplRX
Syarif Sabirin

Penulis

Seorang Article Creator dan Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.Article Seo Highquality & UXProfil; https://bit.ly/2tRplRX

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *