in

Amazing! Inilah 10 Destinasi Wisata Prioritas di Indonesia

Destinasi Wisata Prioritas di Indonesia

Destinasi wisata prioritas merupakan destinasi wisata baru yang akan dikembangkan pada tahun 2018 ini. Pemilihan destinasi wisata prioritas ini sebagai salah satu program dari kementrian pariwisata untuk terus mengembangkan pariwisata Indonesia.

Pariwisata di Indonesia tercermin dari kekayaan alam, budaya, sejarah, dan masyarakatnya. Semua elemen kebangsaan turut berperan dalam perkembangan wisata di Indonesia ini.

Destinasi Wisata Prioritas

Selama beberapa tahun terakhir, pergerakan pariwisata Indonesia melalui branding wonderful Indonesia memang menunjukkan keberhasilan yang cukup signifikan.

Dari tahun ke tahun jumlah wisatawan local maupun asing terus mengalami peningkatan. Hampir seluruh daerah di Indonesia ikut ambil bagian dalam kesuksesan pariwisata.

Daerah wisata ini terus berbenah baik dari segi fasilitas, aksesbilitas, maupun sumberdaya manusia pendukungnya.

Pada tahun 2018 ini, terdapat beberapa daerah yang akan dikembangkan sebagai tujuan pariwisata.

Sedikit berbeda dengan sebelumnya, karena daerah yang dipilih beberapa diantaranya lebih spesifik kepada objek destinasi wisata, bukan sebatas kota atau kabupaten yang dipilih sebagai daerah prioritas.

Dimana saja kah daerah yang terpilih memiliki potensi wisata ini? Berikut 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia yang akan dikembangkan pada tahun 2018.

1. Danau Toba

Danau Toba
Danau Toba via goodnewsfromindonesia.id

Danau Toba merupakan objek destinasi wisata prioritas yang berada di wilayah Sumatera Utara. Sebagai danau terbesar di Indonesia, Danau Toba memiliki sejarah pembentukan yang cukup panjang.

Terdapat berbagai versi tentang asal usul Danau Toba ini, yaitu menurut cerita rakyat dan menurut keilmuan.

Namun berdasarkan keilmuan yang dapat dijelaskan secara ilmiah. Awal mulanya daerah di Danau Toba berupa Gunungapi Toba.

Akibat letusan dahsyat, beberapa reruntuhan tubuh gunungapi selanjutnya akan menutup jalur magma.

Selanjutnya magma akan mencari jalur baru menuju lingkaran pinggiran reruntuhan hingga muncul ventilasi vulkanik di sekeliling kaldera.

Kaldera gunungapi seiring dengan berjalannya waktu terisi air hujan secara terus menerus sehingga dapat terbentuk danau seperti sekarang ini.

Danau Toba terus dikembangkan sebagai destinasi wisata prioritas karena keunikan dari tempat ini. Terdapat pulau kecil yang ada di tengah danau, yaitu Pulau Samosir.

Karena perairan danau yang sangat luas, Danau Toba sebenarnya lebih menyerupai seperti lautan.

Keunikan lain dari Danau Toba yaitu adanya beberapa spot wisata seperti danau kecil, air terjun, pegunungan, dan tentu saja kehidupan masyarakat termasuk di Pulau Samosir.

2. Tanjung Kelayang

Destinasi Wisata Prioritas
Pantai Tanjung Kelayang misvatour.com

Hampir sama seperti Danau Toba, Tanjung Kelayang ini sebenarnya merupakan nama dari objek wisata yang ada di Kabupaten Belitung.

Lebih tepatnya sebagai pantai yang masuk di wilayah Desa Keciput. Pantai Tanjung Kelayang sangat terkenal dengan pasir putih halusnya dan batuan granit yang berada di sekitar pantai.

Akses menuju tempat ini pun tergolong sangat mudah apabila ditempuh dari Kota Tanjung Pandan dengan kendaraan pribadi.

Hal inilah yang menjadikan Tanjung Kelayang sebagai pilihan utama yang diajukan menjadi destinasi wisata prioritas di Belitung.

Baca : Inilah 9 Hal Menarik Tentang Belitung Si Negeri Laskar Pelangi

Pantai Tanjung Kelayang juga merupakan pintu gerbang menuju pulau-pulau indah yang ada di pesisir utara Belitung.

Terdapat kapal-kapal milik nelayan di dermaga Tanjung Kelayang yang siap mengantar wisatawan berkeliling ke pulau, seperti Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang, Pulau Batu Garuda, dan pulau kecil lainnya.

Keindahan Pantai Tanjung Kelayang memang terhampar luas dengan pasir putihnya ditambah dengan jernihnya air sehingga ikan-ikan ditepian pantai dapat terlihat dengan jelas.

Di Pantai Tanjung Kelayang sudah dibangun berbagai fasilitas yang lengkap. Salah satunya yaitu adalah pendopo Tanjung Kelayang yang biasa digunakan sebagai tempat pertunjukan.

Selain itu juga terdapat warung-warung makan di sekitar pantai yang menyediakan makanan seafood.

Untuk tempat penginapan juga tidak perlu khawatir karena tidak jauh dengan pantai terdapat banyak homestay milik warga atau beberapa hotel di jalan utama Tanjung Kelayang.

3. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu via indonesiatourismboard.com

Kepulauan Seribu yang terletak di sisi utara Kota Jakarta, selain sebagai Taman Nasional juga merupakan salah satu destinasi wisata prioritas di Indonesia.

Kepulauan Seribu ini layaknya gugusan pulau-pulau karang yang tersusun membentuk kepulauan.

Meskipun namanya Kepulauan Seribu, namun jumlah total pulau yang ada di tempat ini hanya sebanyak 78 pulau. Setiap pulau memiliki karakteristik dan keindahan yang hampir sama.

Wisatawan yang ingin datang ke Kepulauan Seribu dapat menaiki perahu dari Jakarta menuju ke lokasi kepulauan.

Sangat disarankan mengunjungi tempat ini saat tidak ada ombak besar, yaitu waktu musim kemarau. Tentu saja ini berkaitan dengan keindahan pemandangan yang akan diperoleh saat berwisata ke pulau ini.

Kepulauan Seribu memiliki banyak sekali terumbu karang indah, sehingga wisatawan dapat melakukan snorkeling saat cuaca sedang cerah.

Sebagai fungsi Taman Nasional, tempat ini tentu juga memiliki keunikan lainnya. Salah satunya yaitu dijadikannya Kepulauan Seribu sebagai tempat konservasi penyu sisik.

Dengan dijadikannya Kepulauan Seribu sebagai tempat pelestarian maka nelayan sekitar maupun wisatawan juga harus turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian tempat ini.

4. Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung via tanjunglesung.com

Tanjung Lesung merupakan nama salah satu pantai yang ada di Banten. Sama seperti Pantai Tanjung Kelayang di Belitung, pantai ini dijadikan sebagai objek destinasi wisata prioritas yang ada di Banten.

Ciri khas dari Pantai Tanjung Lesung ini yaitu hamparan pasir putih luas, pepohonan yang tumbuh disekitar pantai, dan batu karang yang menghiasi dasar perairannya.

Kombinasi dari ketiganya seolah sudah cukup membuat wisatawan untuk datang berbondong-bondong ke pantai ini.

Satu hal menarik yang ada di Pantai Tanjung Lesung adalahnya banyak berdiri resort mewah di sekitar pantai. Hal ini tentu saja membuat kesan mewah dari pantai ini.

Berbagai fasilitas umum juga sudah tersedia di tempat ini untuk memanjakan wisatawan yang datang.

Sedangkan untuk akses menuju tempat ini dapat ditempuh dengan perjalanan darat dari Jakarta melalui jalur tol kurang lebih selama 3 jam.

Keunikan yang dapat ditemukan di Pantai Tanjung Lesung yaitu keindahan pemandangan sunsetnya.

Pantai Tanjung Lesung merupakan pantai paling barat di Pulau Jawa, sehingga tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai spot melihat sunset.

Selain itu banyak juga kegiatan yang dapat dilakukan disekitar pantai karena luasnya hamparan pasir putih di tempat ini.

Untuk perairannya, wisatawan dapat menaiki boat atau snorkeling melihat pemandangan bawah laut di sekitar Pantai Tanjung Lesung.

5. Borobudur

Candi Borobudur
Candi Borobudur via borobudur-silver.com

Candi Borobudur merupakan warisan leluhur sekaligus sebagai candi terbesar di dunia. Tempat ini berada di daerah Borobudur, Kabupaten Magelang.

Sebagai salah satu situs yang dilindungi di Indonesia, Candi Borobudur pernah mengalami beberapa kali pemugaran.

Bahkan karena lokasi yang berada cukup dekat dengan Gunung Merapi, candi ini pernah ditutup dengan kain besar untuk melindunginya dari dampak abu vulkanik.

Akses menuju Candi Borobudur tergolong sangat mudah, yaitu cukup menempuh perjalanan sekitar 1-2 jam dari Kota Yogyakarta.

Untuk fasilitas yang ada di dalam kompleks candi pun juga sudah lengkap. Pihak pengelola sudah menyediakan berbagai wahana, taman, dan tempat istirahat yang dapat digunakan oleh wisatawan.

Bagi wisatawan yang ingin berkeliling kompleks candi pun juga disediakan kereta wisata yang siap mengantar wisatawan berkeliling Candi Borobudur.

Selain sebagai tampat wisata, Candi Borobudur juga masih digunakan sebagai upacara keagamaan oleh umat budha.

Setiap tahunnya bahkan ada perayaan besar di Candi Borobudur ini, salah satunya yang terkenal yaitu pesta lampion di kompleks Candi Borobudur.

Sebagai destinasi wisata prioritas, Candi Borobudur juga berperan dalam mengangkat pariwisata di sekitar kawasan Borobudur seperti di daerah Mungkid atau Muntilan yang saat ini wisatanya sudah mulai berkembang.

6. Bromo, Tengger, Semeru

Bromo Tengger Semeru
Bromo Tengger Semeru via bromotenggersemeru.org

Kawasan Bromo, Tengger, dan Semeru selain sebagai Taman Nasional juga didaulatkan sebagai destinasi wisata perioritas yang ada di wilayah Jawa Timur.

Lebih tepatnya kawasan ini meliputi 4 wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang.

Kawasan Bromo, Tengger, dan Semeru ini terkenal dengan kawasan pegunungan dengan pemandangannya yang sangat indah.

Dengan adanya jajaran pegunungan dalam lokasi yang berdekatan inilah yang membuat kawasan ini menarik untuk dilirik wisatawan.

Terdapat tiga gunungapi besar yang ada di kawasan ini, yaitu Gunung Bromo, Gunung Semeru, dan Gunung Tengger yang saat ini tinggal tersisa Kaldera Tengger.

Selain itu ada juga padang pasir Tengger dan beberapa danau yang berada di kawasan gunungapi.

Salah satu danau yang paling terkenal dan memiliki keindahan luar biasa yaitu Danau Ranu Kumbolo di kaki Gunung Semeru.

Danau ini sering dijadikan sebagai tempat camping oleh para pendaki yang akan menaiki Gunung Semeru.

Sebagai destinasi wisata prioritas tentu Kawasan Bromo, Tengger, dan Semeru sudah memiliki fasilitas pendukung dalam menunjang pariwisata. Dari segi akses sudah banyak jasa travel yang siap mengantarkan wisata ke kawasan ini.

Sedangkan untuk fasilitas lain tentu saja sudah ada beberapa titik posko yang tersebar di Kawasan Bromo, Tengger, dan Semeru.

Bagi wisatawan yang tidak mampu naik sampai ke puncak pegunungan, melihat pemandangan dari kaki pegunungan pun tidak kalah menakjubkan.

Pengunjung masih bisa melihat hamparan padang pasir dan melihat ke arah puncak pegunungan tentunya.

7. Mandalika

Mandalika
Mandalika via tallypress.com

Lombok sebagai salah satu daerah dengan potensi wisata terbaik di Indonesia terus melakukan pembenahan dalam pariwisatanya.

Lombok sendiri telah memiliki branding wisata seirama dengan branding wisata nasional dan Taman Nasional Rinjani yang sudah sangat terkenal akan keindahannya.

Kali ini Lombok juga memiliki Mandalika sebagai sebuah kawasan yang siap dikembangkan untuk destinasi wisata prioritas di Indonesia.

Kawasan Mandalika menyuguhkan banyak keindahan alam yang dimilikinya. Mulai dari wisata bahari, wisata kuliner, dan wisata budaya juga ada disini.

Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dengan pasir putih dan perairan berwarna birunya. Ada juga perbukitan seperti Bukit Merese yang memiliki padang rumput hijau dengan pemandangan pantai di tepiannya.

Mandalika sebagai salah satu destinasi wisata prioritas memang masih dalam tahap pengembangan. Namun perkembangannya sudah mulai banyak dapat dirasakan.

Dari segi aksesbilitas sudah ada bandara baru di Praya sehingga untuk menuju Kawasan Mandalika cukup menempuh perjalanan darat selama 30 menit saja.

Selain itu sudah banyak pula investor-investor yang bersedia bekerjasama dengan pemerintah untuk membangun pariwisata di Mandalika.

Salah satu rencana besar yang paling populer adalah akan didirikannya sirkuit sebagai arena balap motor dunia di Kawasan Mandalika ini.

8. Wakatobi

Wakatobi
Wakatobi via tempatwisataunik.com

Wakatobi memang sudah layaknya menjadi andalan wisata bahari di Indonesia.

Selain sebagai destinasi wisata prioritas, Wakatobi juga terdaftar sebagai Taman Nasional sekaligus bersama Bunaken dan Raja Ampat menjadi coral wonders milik Indonesia.

Tidak salah memang Indonesia mengandalkan Wakatobi dalam hal pariwisata ini. Meskipun lokasinya cukup jauh dan diperlukan perjalanan panjang, nyatanya banyak sekali wisatawan yang datang berkunjung ke Wakatobi ini.

Wakatobi sendiri termasuk dalam wilayah Sulawesi Tenggara. Terdapat 4 kepulauan di wilayah Wakatobi, yaitu Pulau Wangi-wangi, Tomia, Binongko, dan Kaledupa.

Pusat kegiatan Wakatobi berada di Pulau Wangi-wangi.  Sedangkan untuk penduduknya yang sebagian besar adalah nelayan tersebar di keempat pulau tersebut.

Wisata bahari di Wakatobi dapat dijumpai di sekitar pulaunya, mulai dari pantai dan pemandangan bawah lautnya sangat menakjubkan.

Terdapat ratusan spesies terumbu karang dan biota laut yang hidup di perairan Wakatobi. Salah satunya yang unik yaitu adanya paus sperma yang selalu singgah di perairan Wakatobi saat musim kemarau.

Hal ini tentu menjadikan Wakatobi sebagai destinasi yang menarik bagi wisatawan untuk berdatangan ke tempat ini.

9. Pulau Morotai

Pulau Morotai
Pulau Morotai via traveliday.com

Pulau Morotai sekaligus sebuah kabupaten yang berada di Kepulauan Halmahera, Maluku Utara.

Morotai terkenal sebagai salah satu daerah terluar di Indonesia, yaitu merupakan pulau paling utara di perbatasan Indonesia.

Pulau ini berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik dan negara Filipina. Dengan karakterisitik berupa pulau, maka Morotai jelas memiliki kekayaan akan alam baharinya.

Keindahan alam dari Pulau Morotai tergambar jelas dari pantai-pantainya. Pantai Gorango dan Pantai Batu Lobang merupakan pantai andalan yang ada di Morotai.

Kedua pantai tersebut masih sangat sepi layaknya private beach sehingga wisatawan dapat menikmati dengan tenang keindahan alam sekitar.

Berbicara soal Morotai masih ada juga pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Morotai.

Kepulauan ini tentu juga menjadi objek wisata andalan di Morotai, sebut saja Pulau Mitita, Kolorai, Dodola, Kokoya, Zum Zum, Ngelengele, Batu Kopi, dan Wayabula.

Soal aksesbilitas menuju lokasi ini, wisatawan dapat melakukan perjalanan darat dari pangkalan Angkatan Udara Leo Wattimena.

Sedangkan untuk ke pulau-pulau di sekitar Morotai dapat digunakan perahu milik nelayan yang siap mengantarkan wisatawan.

Terkait dengan penginapannya disana sudah terdapat resort mewah dan beberapa rumah warga yang dapat disinggahi oleh wisatawan.

Keunggulan yang dimiliki Pulau Morotai sebagai destinasi wisata prioritas yaitu keindahan pantai-pantai pasir putih di kepulauannya maupun di Pulau Morotai sendiri.

10. Labuan Bajo

Pulau Padar
Pulau Padar via indosurflife.com

Labuan Bajo merupakan sebuah kelurahan yang saat ini sudah dikembangkan menjadi Kota Labuan Bajo. Tempat ini terletak di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Berbicara tentang Labuan Bajo, kota ini merupakan pusat kegiatan nelayan yang ada di Nusa Tenggara Timur. Tempat ini sudah banyak berkembang dengan penduduknya yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan.

Labuan Bajo layaknya sebuah pintu masuk untuk menuju ke Pulau Komodo karena lokasinya yang cukup berdekatan.

Di Kota Labuan Bajo sudah terdapat banyak fasilitas penunjang wisata, mulai dari bandara, penginapan, dan alat transportasi tentunya.

Salah satu hal menarik dari Labuan Bajo yaitu pemandangan sunset yang indah dengan siluet pulau-pulau kecil disekitar pelabuhan.

Destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Labuan Bajo diantaranya air terjun Cunca Wulang, Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Kanawa.

Selain itu wisatawan juga dapat melakukan scuba diving, snorkeling, ataupun berkeliling pulau dengan kapal. Keindahan alam di Labuan Bajo memang menarik untuk dijadikan sebagai destinasi wisata prioritas.

Kekayaan alam dan keramahan penduduknya seolah berpadu menjadikan Labuan Bajo sebagai surganya wisata di timur Indonesia.

Author Agung Hidayat

Penulis, Traveler, Geographer

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0