Review ProdukTekno

Dibandrol Harga 1,6 Juta, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Realme C3

Realme seri C merupakan smartphone yang dibandrol dengan harga Rp. 1 Jutaan, juga merupakan seri yang paling laris di pasaran. Setelah kesuksesan Realme C1 dan C2, Realme kembali menghadirkan seri baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen yaitu Realme C3.

Karena memiliki harga yang ramah, dan juga spesifikasi yang memumpuni. Maka, tak heran apabila banyak masyarakat yang tertarik dengan smartphone Realme seri C terbaru ini.

Smartphone yang dibandrol harga Rp. 1,6 Juta ini, sudah dibekali dengan tiga kamera utama dan prosesor yang mendukung untuk performa gaming lebih baik.

Spesifikasi

Rilis Februari 2020
Layar
  • IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • 6.5 inches, 102.0 cm2
  • 720 x 1560 pixels, 20:9 ratio
  • Corning Gorilla Glass 3
Prosesor
  • OS : Android 10.0; realme UI 1.0
  • Chipset : Mediatek Helio G70 (12 nm)
  • CPU : Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.7 GHz Cortex-A55)
  • GPU : Mali-G52 2EEMC2
RAM 2 GB, 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera Utama
  • 12 MP, f/1.8, 28mm (wide), 1/2.8″, 1.25µm, PDAF
  • 2 MP, (makro)
  • 2 MP, f/2.4, (sensor mendalam)
  • Fitur : LED flash, HDR, panorama
Kamera Selfie
  • 5 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1/5″, 1.12µm
  • Fitur : HDR, panorama
Baterai 5000 mAh Standard charging 10W

Kelebihan Realme C3

Meskipun dibandrol dengan harga yang terjangkau, namun smartphone ini menawarkan beberapa kelebihan untuk pengguna. Apa saja kelebihannya? Simak penjelasan dibawah ini :

1. Performa Kencang

Performa Kencang

Merupakan ponsel pertama milik Realme, yang mengusung prosesor MediaTek G70 yang ideal untuk gaming.
Chipset ini dibangun dengan proses fabrikasi 12 nm, Mediatek juga memiliki chipset Helio G series lain yaitu Helio G90 yang digunakan di Redmi Note 8 Pro.

Chipset ini juga didukung dengan teknologi HyperEngine, berfungsi untuk meningkatkan kualitas gambar, gerakan gambar mulus, dan koneksi jaringan yang stabil.

Pada chipset Helio G70 tersemat prosesor octa core, yang terdiri dari 2 core Cortex-A75 berkecepatan 2.0 GHz untuk performa kencang dan 6 core Cortex-A55 1.7 GHz untuk kebutuhan performa yang lebih hemat daya. Chipset ini juga didukung dengan pengolah grafis Mali-G52 2EEMC2.

C3 hadir dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Dengan memori yang besar tersebut, membuat performa ponsel ini tergolong bagus di kelas harganya. Apabila masih terasa kekurangan ruang, kamu bisa menambahkan kartu memori micro SD.

2. Baterai Berkapasitas Besar

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Realme C3

Jika Realme C1 dan C2 hadir dengan baterai berkapasitas dibawah 4500 mAh, kini Realme seri C terbaru dibekali dengan baterai lebih besar yaitu 5000 mAh.

Apabila hanya digunakan untuk bermain beberapa aplikasi ringan seperti Whatsapp, Instagram, atau melakukan penelusuran di Google ponsel ini diklaim dapat bertahan selama 48 jam dalam satu kali pengisian.

Apabila digunakan untuk bermain game berat seperti PUBG, baterai ponsel ini dapat bertahan selama 10 jam. Untuk menelpon dapat bertahan hingga 43 jam, nonton video maupun streaming musik hingga 19 jam.

Meskipun hadir dengan harga terjangkau C3 masih membawa fitur yang diturunkan dari realme 5i, yaitu reverse charging. Dengan menggunakan kabel OTG khusus, pengguna dapat mengisi daya perangkat lain dan membuat ponsel ini layaknya power bank atau baterai cadangan.

3. Hadir dengan Triple Kamera

Kamera Realme C3

Berbeda dengan versi yang ada di India, di India Realme seri C3 ini hanya hadir dengan dual kamera utama. Namun, di Indonesia kini hadir dengan tiga kamera utama.

Kamera belakang yang masing-masing berukuran kamera 12MP dengan bukaan f/1.8, ukuran piksel 1,25um, 5P lens dan PDAF. Kamera ini mendukung zoom digital hingga 4 kali, dilengkapi dengan fitur-fitur seperti AI HDR serta AI Beauty.

Untuk lebih menyempurnakan hasil jepretanmu juga terdapat mode expert, berfungsi untuk mengatur fokus, eksposur, white balance, ISO (hingga 6400) dan kecepatan (hingga 16 detik) pada ponsel ini.

Terdapat pula kamera portrait sebesar 2MP f/2.4, dan kamera depth sensor 2 MP. Hasil tangkapan kamera dari ponsel ini tergolong memuaskan untuk kelas harganya, bahkan lebih baik jika dibandingkan hasil foto ponsel lain di kelas harga yang sama.

Detil yang dihasilkan cukup baik, apabila dalam kondisi cahaya cukup. Apabila pada pencahayaan minim, foto akan secara otomatis terlihat lebih halus, tapi masih cocok untuk sekadar dibagikan ke media sosial. Mode potret bekerja cukup baik, serta mode makro memberikan perspektif baru dalam mengambil foto.

4. Tahan dari Percikan Air

Realme C3

Realme mencoba mendesain produk sesuai yang dibutuhkan masyarakat, misalnya menghadirkan penutup plastik dan penyegelan port untuk dapat melindungi bagian dalam ponsel. Sehingga apabila ketika terkena cipratan air, ponsel tidak mengalami kerusakan.

5. Memiliki Fitur Fingerprint

Fingerprint Realme C3

Fitur keamanan tentunya patut menjadi pertimbangan, salah satu yang menjadi daya tarik ponsel yang dibandrol harga sejuta-an ini yaitu sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint.

Kekurangan Realme C3

Ponsel ini terbilang cukup baik di kelas menengah, memiliki fitur yang memumpuni dan harga yang ramah. Namun, dengan harga yang terjangkau tentunya ponsel ini memiliki kekurangan apalagi jika dibandingkan dengan smartphone kelas atas.

Berikut merupakan kekurangan C3 secara umum :

1. Hasil Kamera Kurang Memuaskan

 Kelebihan dan Kekurangan Realme C3

Smartphone ini memang memiliki keunggulan pada sektor kamera, yaitu memiliki tiga kamera utama. Namun, banyak yang mengklaim hasil dari kamera tersebut kurang memuaskan.

Menghasilkan gambar yang detailnya kurang, memang kamera ini bisa menghasilkan foto yang baik apabila mendapatkan cahaya yang cukup. Namun apabila dalam keadaan minim cahaya, foto yang didapat terasa kurang memuaskan para pengguna.

2. Tidak Dilengkapi Fitur Fast Charging

 Kelebihan dan Kekurangan Realme C3

Ponsel ini hanya mendukung pengisian 10W, sehingga untuk mengisi penuh daya hingga 100% membutuhkan waktu yang bergolong lama yaitu 3,5 jam. Untuk kapasitas baterai 5000 mAh, akan lebih cocok jika dilengkapi dengan fitur fast charging.


Loading...
Baca selengkapnya

Menyukai Traveling dan Fotography

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close