Bisnis OnlinePeluang usaha

Tips Digital Marketing untuk Bisnis Kuliner yang Paling Efektif

Digital marketing untuk bisnis kuliner – Bisnis kuliner dapat dikategorikan sebagai salah satu bisnis yang memiliki prospek yang cerah dari segi meraup keuntungan. Tidak mengherankan apabila jumlah pelaku bisnis kuliner, khususnya di Indonesia terus bertambah.

Menurut data tahun 2013 lalu, diketahui bahwa Industri kuliner menyumbang berkisar 32,5% total sektor PDB (Produk Domestic Bruto) yang apabila dirupiahkan mencapai hingga 208,63 triliun rupiah. Data tersebut menjadi semacam penegas mengenai baiknya progress bisnis kuliner saat ini.

Sama halnya dengan jenis bisnis lainnya, strategi marketing tentu dibutuhkan untuk mempromosikan dan mengembangkan bisnis kuliner. Salah satu strategi marketing yang kerap digunakan dalam rangka mempromosikan atau memasarkan bisnis kuliner adalah digital marketing.

Saat ini telah sangat banyak pelaku bisnis kuliner yang menggunakan media digital/ internet untuk memperkenalkan bisnis kuliner yang mereka jalankan. Alasannya jelas, dengan menerapkan digital marketing, audience atau target marketing bisnis anda menjadi tidak terbatas (target pasar sangat luas).

Namun bagaimanakah cara efektif untuk mempromosikan bisnis kuliner dengan menerapkan digital marketing ini?.

Untuk pertanyaan yang sebelumnya, Klik Mania memiliki jawabannya yang dirangkum dalam beberapa tips digital marketing berikut ini.

Membuat brand atau merek yang punya nilai jual

Digital Marketing untuk Bisnis Kuliner

Tips digital marketing untuk bisnis kuliner pertama yang perlu diketahui adalah berkaitan dengan brand atau merek, dari bisnis atau kuliner yang anda tawarkan pada pasar. Jika anda memulai sebuah bisnis kuliner, salah satu poin penting yang harus mulai anda pikirkan adalah menentukan nama brand/ merek dari bisnis kuliner anda.

Hal ini ditujukan untuk dapat menarik perhatian pasar/ konsumen untuk membeli produk kuliner yang anda tawarkan. Saat ini, cara ini adalah salah satu hal yang banyak diterapkan oleh pebisnis kuliner, khususnya di Indonesia.

Loading...

Sebagai contoh, lihat saja brand bisnis kuliner Nasi Goreng Jablay dan Mie Merapi di Bandung. Kedua bisnis kuliner tersebut adalah beberapa bisnis kuliner yang berhasil menarik perhatian masyarakat melalui nama brand/ merek yang unik dan menjual.

Selain itu, di dunia maya, nama yang unik cenderung lebih banyak dicari. Apalagi jika anda menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana digital marketing anda. Bisnis kuliner anda akan memiliki potensi besar untuk menjadi viral apabila menggunakan nama yang unik dan eye catching.

Masih berkaitan dengan tips digital marketing mengenai brand/ merek. Logo juga merupakan bagian yang harus anda perhatikan dan akan mempengaruhi brand/ merek bisnis kuliner. Buatlah logo yang unik sehingga customer akan familiar dengan brand bisnis kuliner anda.

Menentukan menu andalan bisnis kuliner anda

andalan

Menentukan menu andalan adalah salah satu terobosan digital marketing untuk bisnis kuliner. Dalam bisnis kuliner, tentunya anda tidak mungkin hanya memiliki satu jenis menu saja. Pastinya ada beberapa menu yang anda tawarkan kepada customer anda (meskipun dari jenis yang sama).

Meskipun demikian, anda harus dapat memutuskan menu yang menjadi andalan bisnis anda. Sebagai contoh, lihat saja beberapa brand kuliner terkenal seperti McD yang terkenal dengan burger sebagai menu andalannya. Contoh lainnya yang juga dapat dilihat adalah KFC yang menjadikan paket ayam sebagai menu andalannya.

Hal ini terbilang penting, dikarenakan promosi digital marketing akan menjadi lebih efektif apabila anda hanya meng-highlight/ mempromosikan satu produk saja.

Memanfaatkan website sebagai digital marketing untuk bisnis kuliner dan berpromosi

Bicara mengenai digital marketing, pastinya penggunaan website adalah salah satu hal yang masuk ke dalam langkah penerapannya. Keberadaan website dalam bisnis kuliner dapat dikatakan sangat penting. Website menjadi  media yang dapat digunakan untuk memberikan informasi detail mengenai produk kuliner yang anda jualkan.

Meskipun banyak orang berpikir bahwa website dapat digantikan dengan social media, namun faktanya website memiliki fungsi yang  lebih banyak dibandingkan dengan page atau akun social media. Website juga dapat anda desain sesuai dengan keinginan anda, sehingga dapat memiliki poin menarik yang lebih dibandingkan hanya menggunkan social media.

Oleh karena itu, membangun website dan memanfaatkannya sebagai sarana promosi adalah salah satu tips digital marketing untuk bisnis kuliner yang tidak boleh dilewatkan.

Tips Membangun Website Bisnis : Cara Meningkatkan Jumlah Subscriber

Walaupun demikian, anda juga tetap perlu membuat akun atau page bisnis kuliner anda di media sosial yang juga ditujukan untuk membantu kegiatan promosi atau branding bisnis kuliner anda.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya adalah content writer dan juga social media designer.Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button