Internet

Dihina Parasit Fundamental oleh Bos Reddit, TikTok Pilih Cuek

Sudah hampir seminggu, pernyataan Steve Huffman yang menyatakan TikTok sebagai parasit secara fundamental dikonsumsi oleh publik. Meski sudah hampir seminggu, pihak TikTok juga belum memberikan balasan terkait pernyataan yang dikeluarkan oleh Steve Huffman.

Bagi pihak TikTok, pernyataan Huffman yang cukup kontroversial itu bukanlah sesuatu hal yang patut dipermasalahkan. Nyatanya, mereka tidak membalas sama sekali dan lebih fokus pada fitur-fitur selanjutnya yang akan segera mereka luncurkan.

Tak Selamanya TikTok Cuek

Media sosial asal China itu nampaknya memang sudah kebal dengan hinaan atau akan bersifat cuek ketika hinaan itu tidak mempengaruhi perkembangan bisnis mereka. Artinya, ketika hinaan itu mengancam bisnis TikTok, maka mereka baru akan memberikan pernyataan.

Hal yang demikian itu bisa dilihat ketika pemerintah AS yang berencana memblokir TikTok. Saat itu, pihak TikTok tidak cuek, melainkan langsung memberikan reaksi. Dalam sebuah pernyataannya, pihak perusahaan tidak terima dituduh menjadi mata-mata China.

Saat itu, pemerintah AS berencana memblokir TikTok karena diduga melakukan aksi mata-mata seperti Huawei. Namun media sosial yang bernaung di bawah ByteDance itu membantah dan mengatakan jika mereka tidak melakukan aksi spionase.

“Kami menyimpan semua data pengguna TikTok AS di Amerika Serikat, dengan cadangan di Singapura. Pusat data kami terletak sepenuhnya di luar negara China, dan tidak ada data kami yang tunduk pada hukum China,” ucap pihak TikTok.

“TikTok berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang terpercaya dan bertanggung jawab di Amerika Serikat yang siap bekerja sama dengan kongres dan semua yang relevan sebagai badan pengatur,” tambah pihak TikTok.

Baca juga: Ancam Keamanan Negara, Apakah TikTok Akan Diblokir?

TikTok Jelaskan Teknologi yang Mereka Gunakan

Beberapa hari yang lalu, Steve Huffman melancarkan hinaannya kepada TikTok dalam sebuah acara yang bernama Social 2030. Social 2030 adalah sebuah acara yang mempertemukan para investor besar dengan para pelaku usaha yang berada di Silicon Valley.

Alasan Huffman mengatakan TikTok sebagai parasit dikarenakan media sosial asal China itu melacak setiap tindakan para penggunanya. “Mungkin aku akan menyesali ini, tapi aku bahkan tidak bisa mencapai tingkat berpikir dengan mereka,” kata Huffman.

“Karena saya melihat aplikasi itu sebagai parasit yang fundamental, sehingga selalu mendengarkan, teknologi sidik jari yang mereka gunakan benar-benar menakutkan, dan saya tidak bisa memasang aplikasi seperti itu di ponsel saya. Saya secara aktif memberi tahu orang-orang, jangan pasang spyware itu di ponsel Anda.”

Baca juga: Berbeda dengan Spiegel, CEO Reddit Sebut TikTok Sebagai Parasit

Terkait teknologi sidik jari yang dikritik oleh Steve Huffman, pihak TikTok menyampaikan bahwa teknologi sidik jari mereka adalah teknologi yang mengkombinasikan pelacakan audio dan browser untuk menentukan pengguna mana yang menonton dan berbagi video di aplikasi dan di web.

ByteDance Technology selaku induk TikTok mengungkapkan jika teknologi sidik jari yang mereka gunakan bertujuan untuk mengidentifikasi perilaku peramban jahat. ByteDance hanya menjelaskan itu saja tanpa mengomentari pernyataan Huffman yang mengatakan media sosial mereka sebagai media sosial parasit fundamental.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close