Internet

Diperbaiki, Facebook Tarik Instagram Lite di Toko Aplikasi Google

Instagram sama seperti aplikasi-aplikasi lain di mana aplikasi pimpinan Adam Mosseri itu juga menyediakan versi Lite untuk para penggunanya. Instagram Lite sendiri diluncurkan oleh pihak perusahaan untuk para penggunanya yang berada di negara berkembang.

Dilansir dari TechCrunch, (13/5/2020), penggunaan Instagram Lite sangat populer di beberapa negara seperti Kenya, Meksiko, Peru, dan Filipina. Di negara-negara tersebut, Instagram Lite menduduki posisi yang sangat tinggi di Google Play Store.

Baca juga: Cara Gunakan Efek Kamera AR Ramadan Lantern dari Instagram

Instagram Lite Hilang di Peredaran Play Store

Pada 13 April, Android Police melaporkan bahwasanya Instagram Lite telah menghilang di peredaran Play Store. Ketika pengguna mengakses Instagram Lite, maka mereka akan diarahkan ke aplikasi Instagram utama melalui pesan yang menyatakan “Instagram Lite Tidak Lagi Didukung.”

Pihak Instagram sendiri dalam sebuah pernyataannya kepada TechCrunch membenarkan hal yang demikian itu di mana mereka memang sengaja menarik versi Lite untuk memperbaiki aplikasi tersebut agar lebih baik ke depannya.

“Kami sedang menguji kembali aplikasi Instagram Lite,” kata juru bicara Facebook. “Anda dapat mulai menggunakan versi terbaru Instagram sebagai gantinya untuk terhubung dengan orang-orang dan hal-hal yang Anda sukai.”

Instagram Lite adalah aplikasi yang diluncurkan di Google Play pada Juni 2018 lalu tanpa pemberitahuan yang berlebihan dari pihak perusahaan. Tujuan dibuatnya Instagram Lite sendiri adalah untuk menawarkan unduhan yang lebih kecil yang menghabiskan lebih sedikit ruang di perangkat seluler. Saat diluncurkan, versi “Lite” dari Instagram adalah 573 kilobyte, atau 1/55 dari ukuran aplikasi Instagram yang saat itu 32 megabyte.

Baca juga: Lolos Tahapan Uji Coba, Instagram Luncurkan Stiker Challenge

Aplikasi Instagram Lite Populer di Meksiko

Seperti halnya Instagram, aplikasi Instagram Lite ini memungkinkan para pengguna untuk memfilter dan memposting foto ke feed atau ke stories, dan untuk menelusuri halaman jelajahi guna mendapatkan lebih banyak konten. Namun, Lite tidak memiliki pilihan untuk mengirim video atau mengirim pesan langsung ke pengguna lain.

Pada 28 Juni 2018, Meksiko menjadi pasar pertama yang menerima Instagram Lite. Di negara tersebut, jumlah pemasangan Instagram Lite mencapai 62 persen. Hingga saat ini, Instagram Lite telah diunduh sekitar 4,4 juta kali di Meksiko menurut data dari Sensor Tower.

Adapun untuk pasar terbesar kedua dari Instagram Lite jatuh ke negara Filipina. Filipina mendapatkan jumlah pemasangan sebanyak 14 persen, yang kemudian diikuti oleh Kenya sebesar 12,5 persen, dan Peru sebesar 12 persen. Karena Lite cukup populer di empat negara yang sudah disebutkan, Lite pun berhasil menduduki posisi atas di Google Play Store.

Baca juga: Siaran Langsung Instagram Sekarang Bisa Ditonton di Web

Di negara Kenya, Lite berada di peringkat 8 dalam kategori sosial di Google Play. Adapun untuk negara lain, Instagram Lite juga berada di posisi atas, yakni berada di posisi 12 untuk Peru, 15 untuk Meksiko, dan 22 untuk Filipina. Di beberapa negara, contohnya Indonesia, Instagram Lite kurang begitu populer. Publik Indonesia justru lebih memilih untuk menggunakan Instagram utama untuk aksesnya.

Saat ini, para pengguna akan diarahkan ke aplikasi Instagram utama sebagai upaya alternatif. Namun, para pengguna juga bisa menggunakan Instagram web untuk mengakses media sosial pimpinan Adam Mosseri tersebut karena pihak perusahaan telah menghadirkan beberapa pembaruan di web.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close