Internet

Diperbarui, Postingan Lama di Facebook Bisa Dihapus Secara Massal

Media sosial Facebook pertama kali meluncur secara publik pada tahun 2004. Di tahun tersebut pula, media sosial besutan Mark Zuckerberg itu menjadi media sosial primadona karena para pesaing belum banyak bermunculan.

Mengingat Facebook sudah lama mengudara, maka sangat tidak mengherankan apabila para penggunanya juga sudah berjumlah miliaran. Bahkan meski diterpa skandal kebocoran data, pengguna Facebook tetap mengalami peningkatan.

Baca juga: Ada COVID-19, Facebook Luncurkan Fitur Shops di Platformnya

Facebook Bisa Hapus Postingan Secara Massal

Dilansir dari The Verge, (5/6/20), Facebook meluncurkan fitur baru yang bernama Manage Activity yang memungkinkan para pengguna untuk menghapus postingan lama mereka. Manage Activity sendiri dapat digunakan untuk menghapus postingan per individual atau secara massal.

Facebook juga mengatakan bahwasanya mereka akan memberikan opsi penyaringan kepada para pengguna untuk membantu menemukan postingan orang-orang tertentu dalam rentang waktu tertentu pula. Fitur Manage Activity sendiri akan hadir di versi aplikasi terlebih dahulu ketimbang di versi desktop.

Ketika menggunakan Manage Activity, para pengguna akan disuguhkan beberapa opsi, yaitu membuat postingan lama menjadi pribadi (diarsipkan) atau langsung menghapusnya secara massal. Ketika para pengguna memilih opsi pertama, maka postingan lama akan hilang dari timeline.

Apabila opsi pertama yang dipilih, maka para pengguna harus mengarsipkan postingan terlebih dahulu. Ketika postingan sudah diarsipkan, maka postingan akan tetap tersimpan rapi di akun Facebook para pengguna, namun pengguna lain tidak akan melihatnya.

Sedangkan untuk opsi kedua, yakni penghapusan secara massal, maka para pengguna bisa memilihnya langsung di Manage Activity. Namun pihak perusahaan akan tetap menyimpan postingan selama 30 hari di sampah sebelum akhirnya melakukan penghapusan secara otomatis.

Baca juga: Facebook Rilis CatchUp, Aplikasi Khusus Panggilan Audio

Dengan adanya opsi ini, maka akan ada banyak para pengguna yang terbantu. Pasalnya, pengguna Facebook sejak tahun 2004 jumlahnya juga sangat banyak, dan keaktifan mereka sejak tahun 2004 itu tentu dibarengi dengan banyaknya postingan yang mereka buat sehingga kehadiran Manage Activity ini akan sangat membantu, khususnya opsi penghapusan secara massal.

Menurut Facebook, Manage Activity bertujuan untuk menonjolkan siapa penggunanya hari ini. Seperti yang sudah diketahui, siapa atau bagaimana seseorang itu bisa dikenali melalui postingannya. Sebagai contoh, jika postingan yang dibuat itu berbau olahraga, maka itu menunjukkan bahwa sang pembuat postingan seorang yang menyukai olahraga dan begitu pula sebaliknya.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close