Internet

Ditendang Lagi dari Play Store, Apa Kesalahan Aplikasi ToTok?

Ada banyak ribuan aplikasi yang menjejali Google Play Store. Dan tiap-tiap aplikasi yang berada di dalam toko aplikasi Google tersebut tidak sepenuhnya aman. Hal yang demikian itu bisa dilihat dari banyaknya temuan-temuan baru tentang aplikasi-aplikasi berbahaya di Play Store.

Di tahun 2019 lalu, Google juga sudah menendang beberapa aplikasi dari Play Store. Jika dihitung-hitung, total mencapai 40-an lebih aplikasi. Dan ketika beberapa aplikasi berbahaya sudah ditendang, aplikasi berbahaya lainnya pun juga ikut bermunculan.

Google Tendang Aplikasi ToTok

Aplikasi ToTok adalah salah satu aplikasi perpesanan yang ada. Nama ToTok memang kurang familier di Indonesia. Namun, aplikasi ini sangat populer di Timur Tengah, khususnya di UEA yang merupakan negara asal aplikasi tersebut.

Selain di UEA, ToTok juga populer di benua Amerika. Aplikasi ini sendiri sudah diunduh 10 juta kali oleh para pengguna. Meski sudah diunduh jutaan kali oleh para pengguna, ToTok justru terindikasi sebagai aplikasi yang berbahaya.

ToTok terindikasi sebagai aplikasi yang berbahaya karena aplikasi tersebut diduga menjadi alat spionase oleh pemerintahan UEA. Pihak Google sendiri, saat ini sudah menarik ToTok dari peredaran di Play Store. Jika Anda mencari aplikasi tersebut di Play Store, maka Anda tidak akan berhasil menemukan ToTok.

ToTok Sudah Diblokir Sebanyak 2 Kali

Ini adalah kedua kalinya ToTok mengalami pemblokiran. Aplikasi yang menjanjikan pesan dan panggilan cepat, gratis, dan aman itu pada Desember 2019 lalu telah ditendang oleh Google. Bukan hanya Google saja, namun ToTok juga ditendang oleh Apple di App Store-nya.

Namun pemblokiran ToTok hanya berlangsung beberapa minggu saja karena setelah itu aplikasi sudah tersedia di Play Store maupun App Store. Namun untuk tahun 2020 ini, ToTok kembali tidak tersedia di Play Store.

Terkait pemblokiran ToTok ini, pihak Google masih belum memberikan jawaban. Seperti yang dikutip dari The Verge, pihak Google ketika ditanyai alasan pemblokiran ToTok tidak bisa memberikan penjelasan secara gamblang.

Apa yang dilakukan Google ini memang sedikit menimbulkan tanya. Pasalnya, saat ini pihak Apple tidak melakukan pemblokiran sebagaimana yang dilakukan oleh Google. Sampai saat ini, aplikasi ToTok buatan perusahaan Breej Holding Ltd masih bisa ditemukan di App Store.

Baca juga: Google Amankan Play Store dengan App Defense Alliance, Apa Itu?

Ketika kabar pemblokiran aplikasinya ini menyeruak, pihak ToTok menyampaikan bahwasanya mereka sangat menghormati privasi para penggunanya sehingga mereka membantah bahwa pihak perusahaan telah menjadi mata-mata pemerintahan UEA.

“Kita hanya menghormati privasi dan memastikan keamanan, pengguna kami juga memiliki kontrol penuh atas data apa yang ingin mereka bagikan dengan kebijakan mereka sendiri,” ucap pihak ToTok dalam sebuah pernyataan seperti yang dikutip dari The Verge, Minggu (16/02/20).


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close