Tekno

Dokodemo Door, Pintu Kemana Saja Doraemon Ada di Dunia Nyata

Dokodemo Door – Pasti ada diantara pembaca yang benar-benar menyukai serial kartun doraemon. Serial kartun ini memang sudah digemari oleh banyak orang sejak lama. Doraemon adalah judul sebuah manga yang merupakan karangan dari seorang berkebangsaan Jepang yang bernama Fujiko F Fujio. Manga ini berkisah tentang kehidupan seorang anak kelas 5 SD yang sangat pemalas bernama Nobi Nobita yang didatangi oleh robot yang datang dari abad ke-22 bernama Doraemon.

Doraemon dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya. Daripada harus menanggung hutang finansial di masa mendatang yang disebabkan oleh kebodohan Nobita. Ketika Nobita membutuhkan sesuatu, maka Nobita akan meminta bantuan kepada Doraemon. Kemudian biasanya Doraemon akan membantunya dengan mengeluarkan alat-alat canggih dari kantong ajaibnya.

Ada dua alat canggih Doraemon yang telah banyak dikenal oleh kalangan pemirsa. Dua alat canggih itu adalah Baling-baling Bambu dan Pintu Kemana Saja. Baling-baling Bambu membantu orang untuk terbang dengan meletakkannya diatas kepala.

Sedangkan Pintu Kemana Saja dapat digunakan untuk pergi ke tempat mana pun yang dibayangkan. Pintu Kemana Saja dapat menjangkau  lokasi yang sangat jauh dengan kecepatan 100.000 tahun cahaya.

Nah, kali ini penulis akan memuat informasi tentang Pintu Kemana Saja Doraemon yang biasanya disebut di serialnya dengan Dokodemo Door. Ternyata di zaman sekarang dokodemo door ini benar-benar telah ada di dunia nyata. Dengan bantuan teknologi yang super canggih, negeri sakura berhasil menjadikan Pintu Kemana Saja Doraemon tak lagi hanya di bayangan.

Dokodemo Door di Tokyo Solamachi

Yah, sekarang tidak hanya doraemon yang bisa mengeluarkan Pintu Kemana Saja karena di dunia nyata sudah dapat ditemui. Pintu Kemana Saja seperti milik Doraemon ini berada di pusat perbelanjaan Tokyo Solamachi, Tokyo, Jepang. Setelah sampai di lantai 3 pusat perbelanjaan ini, pengunjung dapat menemukan pintu ajaib doraemon.

Seperti yang dilaporkan oleh Rocket News 24, Pintu Kemana Saja Doraemon ini dapat dinikmati dari 20 Februari 2017 hingga 14 April 2017. Untuk mencobanya pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya. Tetapi sebelum pembaca benar-benar percaya dengan adanya Pintu Kemana Saja Doraemon ini, penulis akan sedikit meluruskan penjelasannya.

Pada dasarnya tidak sejauh yang dipikirkan pembaca. Yang penulis maksud adalah VR (virtual reality) dengan tema Dokodemo Door di Jepang. Sistem VR akan membawa penggunanya pindah ke tempat lain melalui pintu tersebut.

Pengunjung yang ingin mencobanya akan dibekali dengan tas ransel dan helm VR. Untuk menjajal penjelajahaan seru menggunakan pintu ajaib ini, dipatok usia minimat 13 tahun.

Virtual Reality via http://www.travelerstoday.com

Berpetualang dengan Dokodemo Door Doraemon

Dengan virtual reality ini pengunjung dapat menikmati pengalaman merasakan seolah sedang berpetualang bersama Doraemon menggunakan Pintu Kemana Saja selama 10 menit. Meskipun tidak sama persis dengan yang ada di dalam serial kartun Doraemon, namun jika pengunjung mencobanya akan merasakan benar-benar seperti sedang berada dalam serial kartun tersebut.

Saat pengunjung memasang helm VR, maka akan langsung melihat kondisi sekeliling berubah sepersi kamar nobita. Kamar yang pengunjung lihat akan sama dengan kamar nobita yang ada di serial kartun aslinya. Ada piring yang berisi dorayaki diatas tatami dan Pintu Kemana Saja yang sudah terletak di tengah ruangan kamar nobita.

Ketika pintu dibuka, pengunjung akan melihat paparan es raksasa di Antartika lengkap dengan penguin-penguinnya. Selain itu, ketika pengunjung telah masuk melalui pintu, pengunjung akan benar-benar merasa berada di Antartika. Berdiri di atas bongkahan-bongkahan es yang menegangkan karena bisa jadi es tersebut retak. Saat menikmatinya, beberapa pengunjung bahkan bisa sangat panik hingga berteriak-teriak.

Tak hanya bepetualang ke Antartika yang dapat pengunjung nikmati. Kamar nobita pun menarik untuk dijelajahi. Di kamar nobita terdapat meja belajar dengan laci yang biasanya Doraemon gunakan sebagai mesin waktu. Dari dalam laci ini juga nantinya pengunjung akan dikejutkan dengan kedatangan Doraemon yang muncul dan menyapa.

Doraemon Keluar Dari Laci Meja Belajar Nobita via http://www.lostateminor.com

Virtual Reality oleh VR ZONE Project I Can

Virtual reality ini merupakan ide dari VR ZONE Project I Can. Tujuan menciptakan pintu ini adalah untuk mewujudkan mimpi menjadi nyata melalui teknologi virtual reality. Selain itu, hadirnya area bermain di pusat perbelanjaan ini juga sekaligus menjadi pembuka film terbaru Doraemon the Movie 2017.

Film ke-37 dengan judul Nobita no Nankyoku Kachi Kochi Daiboken (Petualangan Besar di Antartika Kachi Kochi) telah ditayangkan di Jepang pada tanggal 4 Maret 2017 lalu.

Nah, itulah sekilas informasi yang dapat penulis sampaikan tentang Pintu Kemana Saja Doraemon yang menawarkan petualangan dengan teknologi virtual reality ciptaan Jepang. Sedikit demi sedikit negara sakura mengubah hal yang mustahil menjadi nyata dengan memanfaatkan teknologi.

Untuk remaja Indonesia, jangan mau kalah dengan remaja-remaja Jepang yang begitu kreatif dan produktif.


Loading...
Baca selengkapnya

"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah." -Pramoedya Ananta Toer- Email: [email protected] IG: @arifa_nida

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close