Internet

e-Commerce Merajalela, Ini e-Commerce Terpopuler di ASEAN

Peran e-Commerce dalam membantu kehidupan manusia tidak bisa disepelekan atau dipandang sebelah mata karena e-Commerce banyak memberikan dampak positif. Salah satu bukti e-Commerce membantu kehidupan manusia adalah e-Commerce dapat membantu dalam urusan jual beli.

Di Indonesia sendiri, e-Commerce ada banyak seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan masih banyak lagi. Baru-baru ini, iPrice juga sudah membuat penelitian tentang e-Commerce terpopuler di ASEAN atau Asia Tenggara.

Baca juga: Peran e-Commerce dalam Kehidupan Manusia, Apa Saja?

e-Commerce Terpopuler di Asia Tenggara

Dari hasil penelitian yang dilakukan iPrice, didapati salah satu e-Commerce dari tanah air berhasil menjadi salah satu e-Commerce terpopuler di kawasan Asia Tenggara. e-Commerce yang dimaksud adalah Tokopedia.

e-Commerce yang didirikan William Tanuwijaya tersebut sukses membuntuti Shopee dan juga Lazada. Menurut iPrice, Shopee, Lazada, dan juga Tokopedia berhasil mencuri hati publik Asia Tenggara di kuartal ketiga tahun 2019 ini.

Penelitian sendiri dilakukan pada bulan Oktober lalu di enam negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan juga Vietnam. Dilihat dari catatan situs SimilarWeb dari keenam negara yang sudah disebutkan, Shopee dan Lazada memiliki jumlah pengguna aktif bulanan yang paling banyak.

Shopee berhasil menjadi e-Commerce terpopuler di Indonesia dan Vietnam dengan jumlah pengguna aktif bulanan tertinggi. Adapun untuk negara Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand, e-Commerce yang paling populer adalah Lazada.

Baca juga: e-Commerce Indonesia Bisa Bersaing di Dunia?

Daftar e-Commerce Terpopuler di Indonesia

iPrice tidak hanya melakukan riset untuk kawasan Asia Tenggara saja, namun mereka juga sudah melakukan riset e-Commerce terpopuler per negara. Riset yang dilakukan iPrice sendiri bervariasi seperti e-Commerce dengan kunjungan bulanan tertinggi dan pengguna bulanan paling aktif.

e-Commerce dengan kunjungan bulanan tertinggi di kuartal ketiga tahun 2019:

Tokopedia 66 juta kunjungan
Shopee 56 juta kunjungan
Bukalapak 42,9 juta kunjungan
Lazada 28 juta kunjungan
Blibli 21,4 juta kunjungan
JD.ID 5,5 juta kunjungan
Bhinneka 5 juta kunjungan
Sociolla 4 juta kunjungan
Orami 3,9 juta kunjungan
Ralali 3,6 juta kunjungan

Adapun untuk pengguna bulanan paling aktif, Shopee berhasil mendapatkannya. Shopee dibuntuti oleh Tokopedia yang berada di posisi kedua, kemudian Bukalapak dan juga Lazada yang berada di posisi ketiga dan keempat.

Baca juga: Bukan Hanya Bukalapak, Startup Unicorn Ini Juga PHK Karyawannya

Jika berbicara tentang persaingan e-Commerce, persaingannya tidaklah mudah karena saat ini ada banyak pelaku e-Commerce yang datang dengan membawa segudang ide brilian yang bisa memikat para penggunanya.

Salah satu e-Commerce yang datang dengan membawa segudang ide brilian adalah Shopee. e-Commerce yang satu ini cukup agresif dalam menjalankan penetrasi pasar, bahkan mereka juga sudah menyiapkan beberapa strategi baru lagi untuk mengukuhkan posisi di kawasan Asia Tenggara.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close