Internet

e-Commerce RI Siap Tendang Penjual Masker Mahal

Penyebaran virus Corona yang tak kunjung mereda membuat publik dunia panik, tak terkecuali publik Indonesia. Sayangnya, di saat kepanikan menyelimuti masyarakat, ada sebagian oknum yang bermain nakal.

Aksi nakal yang dilakukan oleh sebagian oknum adalah dengan menimbun masker, kemudian menjualnya dengan harga yang mahal ketika keberadaan masker menjadi langka di tengah-tengah masyarakat. Dan saat ini, hal yang demikian itu sudah terjadi di Indonesia.

e-Commerce RI Siap Tendang Masker Mahal

Dilansir dari Telset, Kamis (5/3/2020), Bukalapak akan menindak secara tegas para pelapak yang menjual masker dengan harga mahal. e-Commerce yang baru saja mengganti CEO-nya itu tidak mentolerir pelapak yang bermain-main di saat banyak masyarakat yang panik akan wabah virus Corona dan membutuhkan masker.

Intan Wibisono selaku Head of Corporate Communication Bukalapak mengatakan jika perusahaan memang mengizinkan pelapak atau pedagang untuk menentukan harga produk dan strategi penjualan masing-masing.

Namun, mengingat situasi saat ini yang tidak kondusif lantaran virus Corona, Bukalapak akan melakukan tindakan tegas kepada para pelapak nakal. Intan juga menambahkan bahwasanya para pengguna bisa melaporkan pelapak masker nakal ke pihak Bukalapak.

Nantinya, para pelapak nakal akan ditindak tegas dengan cara melakukan penghapusan barang dagangan. Oleh karena itu, para pengguna diminta aktif untuk memberikan laporan agar ruang gerak penimbun masker semakin sulit, dan harga masker pun kembali normal.

“Pelapak yang dilaporkan para pembeli menaikkan harga barang secara tidak wajar akan segera kami takedown dan kami juga mengadaptasi algoritma kami untuk mendeteksinya. Bukalapak sangat menghargai kerja sama dari pengguna yang bersedia melaporkan temuan seperti ini pada tim BukaBantuan untuk ditindaklanjuti,” ucap Intan.

Baca juga: Langka Akibat Corona, Foxconn Pilih Produksi Masker

Selain Bukalapak yang mengambi langkah tegas kepada para pedagang yang memainkan harga masker di platformnya, Tokopedia juga melakukan hal yang serupa. Pihak Tokopedia juga meminta para pengguna untuk melaporkan para pedagang nakal yang memainkan harga masker, dan mereka juga akan melakukan pemeriksaan melalui sistemnya untuk setiap barang dagangan yang dijual.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

  1. mantap sekali peraturan yang dibuat oleh bukalapak, seharusnya memang seperti itu agar pemerataan masker dapat direalisasikan di tiap tiap daerah. miris sekali kalau ada yang mengambil keuntungan dengan menjual masker berkali lipat harganya dari harga normal, jadi yang bisa beli cuma orang kaya aja nah yang kayak kita giman. nah saya juga baru baca artikel dari website berita di riau ngebahas tentang harga masker juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close