Internet

Embed Instagram Membutuhkan Izin dari Sang Pemilik Gambar

Instagram adalah platform berbagi foto (gambar) dan juga video pendek buatan Kevin Systrom dan juga Mike Krieger. Instagram kemudian diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012, dan berhasil menjadi platform favorit kebanyakan orang untuk mengabadikan setiap momen yang mereka miliki atau karya yang mereka miliki.

Karena Instagram menyimpan banyak gambar yang luar biasa, maka tidak mengherankan apabila ada banyak situs web yang kerap mengambil gambar yang ada di platform tersebut untuk disematkan di situs web yang bersangkutan. Tujuannya, gambar para pengguna itu dipergunakan untuk memperkuat artikel atau konten yang ada situs web tersebut.

Baca juga: Dahului WhatsApp, Instagram Sudah Dukung 50 Panggilan

Embed Gambar di Instagram Harus Izin Dahulu

Terkait masalah embed atau penyematan gambar ini, pihak Instagram telah mengumumkan kebijakan yang sedikit mempersulit, yaitu bagi siapa saja yang ingin menyematkan foto dan gambar dari Instagram, maka yang bersangkutan harus mendapatkan izin dari sang pemilik foto terlebih dahulu.

Akar permasalahan embed foto Instagram ini bermula dari konflik Mashable dengan fotografer Stephanie Sinclair. Mashable menyematkan salah satu postingan Stephanie tanpa seizinnya. Kemudian, perkara tersebut dilaporkan ke pengadilan New York, dan akhirnya pengadilan memenangkan Mashable.

Seperti yang dikutip dari Social Media Today, pengadilan memenangkan Mashable karena mereka hanya dianggap menyematkan gambar saja. Artinya, Mashable tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta, karena gambar masih disimpan di Instagram, dan mereka juga sudah mendapatkan sub-lisensi dari Instagram.

Namun terkait masalah embed foto ini kembali terulang. Kali ini, konflik terjadi antara Newsweek dengan Fotografer Elliot McGucken. Namun, kali ini nasib Newsweek tak sebaik Mashable, karena mereka didakwa bersalah atas penyematan foto yang telah mereka lakukan di situsnya.

Berdasarkan laporan Ars Technica, Newsweek telah meminta izin kepada Elliot McGucken untuk menggunakan fotonya. Namun, Elliot tidak memberikan izin. Newsweek yang sudah terlanjur kepincut dengan foto Elliot pun memilih untuk menyematkan foto di situsnya dengan dalih sudah mendapatkan sub-lisensi dari pihak Instagram.

Baca juga: Stiker Share Professional Akhirnya Resmi Diluncurkan Instagram

Terkait masalah sub-lisensi ini, pihak Instagram menjelaskan bahwasanya mereka mengharuskan pihak ketiga untuk mendapatkan izin dari sang pemilik foto terlebih dahulu. Kebijakan yang diumumkan pihak Instagram ini seperti yang sudah disebutkan di awal, yakni akan mempersulit para penggunanya.

Kebijakan ini jelas mempersulit, karena ketika sebuah situs ingin menyematkan foto atau gambar, maka izin harus dikantongi terlebih dahulu. Padahal, Instagram adalah media sosial yang menjadi tempat untuk berbagi foto dan video, maka akan sangat rumit apabila segala sesuatunya membutuhkan izin dari sang pemilik foto.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close