InternetTekno

Facebook Adalah Perusahaan IoT Paling Tidak Dipercaya dalam Survei

Skandal Facebook Pengaruhi Tingkat Kepercayaan Publik

Ketika mendengar nama Facebook, sebagian dari kita akan langsung bersifat sinis mengingat Facebook adalah media sosial, sekaligus perusahaan IoT yang bermasalah dengan data pengguna. Namun jika dipikir secara logis, kesinisan para pengguna terhadap Facebook itu sangatlah wajar.

PC Mag baru-baru ini juga sudah membuat survei tentang tingkat kepercayaan orang-orang terhadap beberapa perusahaan IoT. PC Mag telah bertanya kepada 2.000 orang, dan berikut ini hasil yang mereka dapatkan dari survei tersebut.

Perusahaan IoT Paling Tidak Dipercaya

Dari data di atas, kita bisa melihat bahwasanya Google memuncaki posisi perusahaan yang paling dipercaya oleh 2.000 partisipan survei. Jika Google menjadi perusahaan terpercaya, maka berbeda dengan Facebook di mana perusahaan teknologi milik Mark Zuckerberg itu berada di posisi buncit.

Urutan perusahaan yang paling dipercaya:

1. Google.

2. Amazon.

3. Microsoft.

4. Samsung.

5. LG.

6. Facebook.

Mengapa orang-orang tidak percaya Facebook?

Pelanggaran data hingga manipulasi suara di pemilu AS menjadi penyebab utama. Apa yang dilakukan Facebook terhadap data pengguna memang cukup sulit untuk dimaafkan oleh sebagian pengguna karena data yang bocor mencapai hingga ratusan juta.

Bagaimana dengan Nasib Instagram dan WhatsApp?

Anda pasti sudah mendengar dan membaca bahwasanya Facebook akan mengganti nama Instagram dan juga WhatsApp. Jika dikatakan pergantian nama terlalu berlebihan, mungkin yang tepat adalah penambahan nama, yaitu Instagram from Facebook dan WhatsApp from Facebook.

Baca: WhatsApp dan Instagram Akan Ganti Nama, Penasaran?

Jika dilihat dari kacamata pengguna, harusnya perubahan nama ini tidak perlu dilakukan karena kalimat atau embel-embel

from Facebook cukup mengganggu. Belum lagi jika kita melihat hasil survei yang dibuat oleh PC Mag, masa depan Instagram dan WhatsApp bisa saja terancam.

Namun, semua itu pastinya sudah dipikirkan secara matang-matang oleh tim Facebook. Dan pergantian nama Instagram dan WhatsApp ini kemungkinan besar adalah salah satu strategi yang dilakukan untuk mengembalikan rasa percaya publik kepada Facebook selaku perusahaan induk yang menaungi Instagram dan juga WhatsApp.

Apakah Pengguna Akan Lari?

Ketika ada embel-embel from Facebook pada Instagram dan WhatsApp, mungkinkah pengguna akan lari atau berhenti menggunakan Instagram dan WhatsApp? Besar kemungkinan tidak, karena dua aplikasi tersebut sudah mendarah daging untuk sebagian kalangan. Bukan untuk sebagian kalangan, tapi untuk semua kalangan.

Sampai saat ini belum ada aplikasi yang mampu menandingi ketenaran Instagram dan juga WhatsApp. Oleh karena itu, embel-embel from Facebook nampaknya tidak akan terlalu berpengaruh. Dulu ketika logo Instagram berubah banyak orang tidak suka dan cenderung menghujatnya. Namun sekarang, Instagram adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan.

Baca juga: Pengguna Facebook dan Instagram Indonesia Terbanyak Ke-4 di Dunia

Kasus pergantian nama Instagram dan WhatsApp mungkin juga akan berakhir seperti logo Instagram. Namun semua itu hanyalah prediksi. Intinya, kita belum mengetahui apakah status perusahaan IoT paling tidak dipercaya yang disandang oleh Facebook itu akan berpengaruh pada Instagram dan juga WhatsApp untuk ke depannya.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close