Internet

Facebook Bakal Hentikan Grup Privat Beralih ke Grup Publik

Facebook adalah salah satu media sosial yang paling diminati oleh publik dunia. Meski pernah mengalami kasus kebocoran data, Facebook tetap diminati, bahkan tetap menjadi salah satu media sosial terpopuler dengan jumlah pengguna yang begitu besar.

Salah satu alasan mengapa Facebook masih diminati para penggunanya dikarenakan mereka cukup aktif dalam menghadirkan fitur-fitur baru. Dan baru-baru ini, Facebook juga dikabarkan tengah menguji coba fitur baru di platformnya.

Facebook Bakal Hentikan Perubahan Grup Privat

Berdasarkan laporan dari Social Media Today, media sosial pimpinan Fidji Simo itu tengah menggarap fitur yang bakal membatasi perubahan grup privat menjadi grup publik. Dengan adanya kebijakan ini, maka admin grup tidak akan bisa mengubah pengaturan grup dengan seenaknya.

Pengaturan baru akan memastikan keseragaman di semua jenis grup Facebook. Saat ini, pengaturan yang diberlakukan oleh pihak perusahaan untuk mengubah pengaturan privasi grup menjadi publik adalah setiap 28 hari sekali dengan syarat memiliki jumlah anggota kurang dari 5.000.

Namun dengan adanya perubahan baru ini, pengaturan grup tidak akan bisa diubah-ubah seenaknya. Jadi ketika admin grup mengubah grup privat menjadi publik, mereka tidak akan bisa mengembalikannya lagi dengan mudah karena pihak perusahaan akan memberikan batasan waktu, yang apabila batasan waktu itu selesai, maka pengaturan grup tidak akan bisa dikembalikan seperti sedia kala.

Baca juga: Sedang Diuji Coba, Stories Facebook Bakal Aktif Selama 3 Hari

Pengaturan Baru untuk Lindungi Anggota Grup?

Berdasarkan laporan Social Media Today, uji coba pengaturan baru di grup Facebook ini ditujukan untuk melindungi para anggota. Apabila admin grup sering mengubah-ubah pengaturan grup yang sebelumnya privat menjadi publik, maka itu akan membingungkan para anggota dan membuat privasi mereka terancam.

Oleh karenanya, Facebook menguji coba opsi baru di grup. Adapun untuk batasan waktu yang ditetapkan oleh pihak perusahaan adalah selama 72 jam. Apabila dalam jangka waktu 72 jam tidak ada perubahan, maka grup yang tadinya privat akan tetap menjadi publik.

Sebelumnya, Facebook juga sudah menguji coba fitur atau opsi lain di grup, yakni penambahan pembisuan anggota grup. Opsi pembisuan terbaru memungkinkan admin grup untuk menghukum anggotanya yang nakal dengan melakukan pembisuan selama 14 hari hingga 28 hari. Dengan adanya penambahan dua opsi pembisuan ini, maka para admin grup akan memiliki kontrol yang lebih luas lagi dalam mengamankan grup yang mereka kelola.

Baca juga: Facebook Tambahkan Opsi Baru untuk Bisukan Anggota Grup

Adapun untuk para anggota yang dibisukan oleh admin grup tetap bisa memantau postingan yang ada. Namun, ketika mereka mencoba untuk berinteraksi, baik itu berkomentar maupun membuat postingan baru, maka mereka tidak akan bisa melakukannya. Pembisuan sendiri merupakan cara yang ampuh untuk membuat anggota yang nakal jera.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close