Internet

Facebook Luncurkan WhatsApp Pay di Negara Brasil

Facebook, Inc. selaku induk WhatsApp telah lama mengembangkan cara agar para pengguna bisa bertransaksi di platform besutan Jan Koum dan Brian Acton tersebut. Perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu mengembangkan WhatsApp Pay, sebuah fitur yang memungkinkan para pengguna bertransaksi melalui WhatsApp.

Uji coba WhatsApp Pay sendiri sudah lama dilakukan oleh pihak perusahaan, dan India menjadi negara pertama yang dijadikan tempat uji coba oleh pihak Facebook. Hingga saat ini, pihak Facebook, Inc. juga masih terus melakukan uji cobanya di negara bolywood tersebut.

WhatsApp Pay Justru Meluncur di Brasil

WhatsApp Pay pertama kali diujicobakan di negara India. Namun, pihak perusahaan justru meluncurkannya di negara Brasil. Kepastian tersebut disampaikan sendiri oleh pihak WhatsApp melalui laman resmi perusahaan.

“Dengan senang hati kami mengumumkan bahwa mulai hari ini (15/6/2020), kami menghadirkan pembayaran digital untuk pengguna WhatsApp di Brasil. Pengguna akan dapat mengirim uang dengan aman atau melakukan pembelian dari bisnis lokal tanpa perlu keluar dari chat.”

Ketika menggunakan WhatsApp Pay ini, para pengguna akan dimintai 6 digit PIN khusus atau sidik jari untuk menghindari transaksi yang tidak sah. Ke depannya, mungkin pihak Facebook akan lebih memperketat keamanan dari transaksi WhatsApp Pay.

“Kami membangun fitur pembayaran dengan mempertimbangkan keamanan. Untuk mencegah transaksi yang tidak sah, 6 digit PIN khusus atau sidik jari akan diminta. Sebagai permulaan, kami akan mendukung kartu debit atau kredit dari Banco do Brasil, Nubank, dan Sicredi di jaringan Visa dan Mastercard.”

“Kami juga bekerja sama dengan Cielo yang merupakan pemroses pembayaran terkemuka di Brasil. Kami telah membangun sebuah model terbuka untuk mengundang lebih banyak mitra di masa mendatang.”

Baca juga: Mengenal Facebook Pay, Alat Bayar Digital Facebook, WhatsApp, dan Instagram

Terakhir, tidak akan ada biaya bagi konsumen untuk menggunakan layanan WhatsApp Pay. Pihak Facebook hanya akan menarik biaya kepada para pebisnis, yaitu biaya untuk pemrosesan penerimaan pembayaran saja.

“Pengguna tidak akan dikenakan biaya untuk mengirim uang atau melakukan pembelian di WhatsApp. Untuk menerima pembayaran dari pelanggan, pebisnis akan membayar biaya pemrosesan sama seperti yang selama ini dibayarkan ketika para pebisnis menerima transaksi kartu kredit.”


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close