Internet

Facebook Messenger Kids Akhirnya Resmi Hadir di Indonesia

Facebook telah meluncurkan aplikasi Messenger Kids pada tahun 2017 untuk para pengguna yang berada di Amerika Serikat. Selang satu tahun kemudian, pihak perusahaan memutuskan untuk memperluas jangkauan Messenger Kids di Kanada dan juga Peru.

Jangkauan Messenger Kids pada tahun 2020 ini kembali diperluas oleh pihak Facebook, di mana mereka menghadirkannya di lebih dari 70 negara dunia, di antaranya adalah Brasil, India, Jepang, dan Selandia Baru.

Baca juga: Facebook Luncurkan Messenger untuk Pengguna Windows dan Mac

Messenger Kids Juga Sudah Hadir di Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara yang kehadiran aplikasi Messenger Kids di mana aplikasi tersebut sudah tersedia di toko aplikasi Google Play Store dan juga Apple App Store. Dengan kehadiran aplikasi Messenger Kids ini, maka anak-anak bisa terhubung dengan teman-teman dan keluarganya dengan cara yang menyenangkan, dan dapat diawasi oleh para orang tua.

“Selama bertahun-tahun, kami telah bekerjasama dengan Youth Advisor di Facebook, tim yang berisikan para ahli dalam keamanan online, pengembangan anak dan media, untuk mengembangkan Messenger Kids.”

“Kami terus berkonsultasi dengan advokat keamanan anak-anak dan pengajar untuk memastikan bahwa kami menyediakan layanan yang menyeimbangkan pengawasan orang tua dengan fitur-fitur yang membantu anak-anak belajar bagaimana terhubung di ranah online

secara aman dan bertanggung jawab,” ucap Facebook.

Baca juga: Messenger Luncurkan Chatbot Informasi COVID-19

Beberapa Fitur Facebook Messenger Kids

Terdapat beberapa fitur yang sudah disediakan oleh pihak perusahaan untuk para penggunanya yang notabene adalah anak-anak, di antaranya adalah video chat personal maupun grup setelah akun mereka diatur oleh para orang tuanya.

Selain menyediakan video chat personal, anak-anak juga bisa menggunakan stiker topeng, emoji, dan efek suara untuk membuat suasana yang lebih menyenangkan. Anak-anak juga bisa mengirimkan foto, video, maupun teks ke teman-temannya. Tentu, semua itu harus disetujui terlebih dahulu oleh para orang tua selaku pengawas anak-anaknya.

Baca juga: Bukan Hanya Facebook, Messenger Juga Punya Emoji Baru

Memang benar aplikasi Messenger Kids ditujukan untuk anak-anak. Namun di aplikasi ini, para orang tua tetap memiliki wewenang yang lebih besar agar anak-anaknya bisa terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan yang cenderung mengarah ke sesuatu hal yang negatif.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close