Internet

Facebook Punya Aplikasi Baru Lagi, Namanya Hobbi

Google memiliki sebuah tim yang bernama Area 120. Area 120 sendiri memiliki tugas untuk membuat proyek-proyek eksperimen, dan apabila proyek eksperimen berhasil, maka proyek tersebut akan dipublikasikan ke publik.

Bukan hanya Google yang memiliki tim eksperimen. Facebook, sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia juga memiliki tim eksperimen yang bernama NPE. Baru-baru ini, tim NPE Facebook juga baru saja meluncurkan aplikasi baru yang bernama Hobbi.

Aplikasi Hobbi Bukan Media Sosial

Usut punya usut, Hobbi bukanlah media sosial seperti Instagram maupun Facebook. Namun aplikasi ini lebih kepada aplikasi penyimpanan data karena aplikasi buatan tim NPE Facebook itu lebih difokuskan untuk mendokumentasikan proyek dan hobi para pengguna.

Dilansir dari TechCrunch, Sabtu (15/02/20), Hobbi adalah aplikasi berbagi foto dan video yang dirancang untuk mendokumentasikan proyek dan hobi pribadi para pengguna. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, para pengguna akan lebih mudah dalam mengorganisir foto atau proyek mereka ke dalam koleksi.

Di Hobbi, para pengguna tidak akan menjumpai tombol berbagi koleksi sehingga amat sangat layak apabila Hobbi dikatakan sebagai aplikasi penyimpanan dan bukan media sosial. Meski begitu, tim NPE memungkinkan para pengguna untuk membuat foto dan video secara langsung di aplikasi.

Baca juga: Tangi, Aplikasi Berbagi Video Tutorial dari Google

Hobbi Mirip dengan Tangi

Hobbi adalah aplikasi yang sangat sederhana. Aplikasi ini hanya bisa melakukan penyimpanan, membuat dan mengedit foto para pengguna. Menariknya, aplikasi ala kadarnya dari NPE ini diluncurkan setelah Google meluncurkan Tangi.

Sebagian kalangan ada yang mengatakan Hobbi ini mirip dengan Tangi. Sebagian yang lain ada yang mengatakan Hobbi mirip dengan Pinterest. Meski sekilas sama, Hobbi tetaplah berbeda. Aplikasi besutan tim NPE ini dibuat murni untuk memudahkan proyek para penggunanya.

Bahasa mudahnya adalah Hobbi akan membantu para pengguna untuk melihat perkembangan proyek yang mereka buat. Misal, Anda membuat desain rumah, maka desain Anda yang pertama itu bisa disimpan di Hobbi, kemudian desain berikutnya pun begitu dan seterusnya hingga Anda mengetahui sejauh mana hasil proyek yang Anda kerjakan.

Peluncuran Hobbi masih belum dilakukan secara menyeluruh. Untuk saat ini, Hobbi hanya tersedia di iOS saja. Adapun negara yang bisa mengaksesnya hanya Amerika Serikat, Kolombia, Belgia, Spanyol, dan Ukraina.

Baca juga: Facebook Luncurkan Whale, Aplikasi untuk Membuat Meme

Meski saat ini sudah diluncurkan secara terbatas, aplikasi Hobbi bisa dimatikan sewaktu-waktu oleh NPE seperti yang terjadi pada aplikasi Whale. Penutupan sendiri biasanya akan dilakukan ketika aplikasi kurang begitu diminati oleh publik.

Sejauh ini, sudah ada beberapa aplikasi yang diluncurkan oleh tim NPE, yaitu aplikasi obrolan yang bernama Bump, dan aplikasi musik yang bernama Aux. Pihak Facebook sendiri memang tidak terlalu berharap banyak dengan aplikasi keluaran NPE, karena kebanyakan memang masih eksperimen dan tidak semuanya berhasil memikat ketika diluncurkan.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close