Internet

Facebook Sudah, Kali Ini YouTube Jadi Kompetitor TikTok

TikTok adalah aplikasi pertama buatan China yang berhasil mencuri hati publik dunia. Bahkan, aplikasi yang bernaung di bawah ByteDance itu mampu membuat pihak Facebook geram karena mereka berhasil merebut pasar Facebook di sejumlah negara.

India, adalah salah satu negara yang pasarnya berhasil direbut oleh TikTok. Sebelumnya, India merupakan salah satu negara dengan pengguna Instagram terbesar. Namun ketika TikTok masuk ke negara tersebut, popularitas Instagram pun mulai tergerus.

Baca juga: Tantang TikTok, Byte Akan Segera Bayar Kreator Kontennya

YouTube Juga Bakal Jadi Pesaing TikTok

Keberhasilan TikTok dalam merebut pasar tidak hanya membuat pihak Facebook geram. Pasalnya, YouTube juga geram melihat perkembangan TikTok yang berada di jalur positif. Hasilnya, media berbagi video yang dipimpin Susan Wojcicki tersebut juga akan menjadi pesaing TikTok.

Dilansir dari The Verge, Kamis (2/4/2020), kabar yang mengatakan bahwa pihak YouTube akan segera menjadi pesaing TikTok datang dari The Information. Dalam laporan disebutkan bahwa perusahaan yang bernaung di bawah Google itu akan membuat platform pesaing TikTok yang diberi nama “Shorts.”

Di Shorts nanti, para pengguna bisa mengunggah video pendek ke feed

aplikasi dengan menggunakan lisensi musik dari YouTube. Aplikasi penantang TikTok ini akan terintegrasi dengan YouTube, dan itu merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Shorts karena YouTube memiliki pustaka audio yang banyak.

Baca juga: Aplikasi Lasso, Aplikasi Pesaing TikTok yang Resmi Diluncurkan

TikTok Harus Waspadai Shorts

Sejauh ini, pesaing dari TikTok hanya Facebook saja di mana perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu telah melakukan berbagai macam upaya dimulai dari meluncurkan aplikasi yang bernama Lasso, hingga menguji coba fitur yang bernama Reels di Brasil.

Meski sejauh ini masih nyaman dari ancaman pihak Facebook yang terus berupaya menghentikan dominasi mereka, TikTok tentu harus waspada terhadap pesaing baru mereka, dalam hal ini adalah YouTube yang akan menghadirkan Shorts mengingat jumlah pengguna YouTube yang sudah mencapai miliaran.

Baca juga: Saingi TikTok, Instagram Tambahkan Fitur Reels di Stories

Ketertarikan YouTube merambah platform video pendek patut dimaklumi. Pasalnya, TikTok yang hadir dengan video pendeknya itu dalam dua tahun terakhir berhasil tumbuh lebih dari 125 persen menurut laporan App Annie.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close