Internet

Facebook Tambahkan Quiet Mode untuk Bantu Kelola Waktu

Di tengah pandemi Corona yang masih berlangsung seperti sekarang ini, media sosial dijadikan oleh sebagian orang untuk mengusir kejenuhan mereka dengan melihat berbagai macam postingan yang dimiliki oleh orang lain.

Dalam sebuah laporan juga dikatakan, akibat pandemi Corona ini, serta meluasnya kebijakan work from home telah membuat lonjakan jumlah pengguna di beberapa media sosial, dan salah satu media sosial yang mendapatkan lonjakan jumlah pengguna adalah Facebook.

Baca juga: Facebook Siap Pindahkan Semua Tab Aplikasi ke Bagian Bawah

Facebook Tambahkan Quiet Mode

Meski mendapatkan lonjakan jumlah pengguna adalah sesuatu yang menguntungkan bagi Facebook, pihak perusahaan tetap mempedulikan kualitas waktu yang dimiliki oleh para penggunanya. Artinya, Facebook tidak ingin membiarkan waktu para penggunanya terbuang percuma selama berjam-jam hanya untuk mengakses platformnya.

Melihat fakta yang demikian itu, pihak Facebook pun menghadirkan fitur baru yang bernama quiet mode atau mode diam. Dengan adanya mode diam ini, maka para pengguna bisa mengelola dan mengontrol penggunaan aplikasi Facebook dengan lebih baik lagi.

“Karena kita semua menyesuaikan diri dengan rutinitas baru dan tinggal di rumah, menetapkan batasan untuk bagaimana Anda menghabiskan waktu secara online dapat membantu. Baik itu untuk membantu Anda fokus pada keluarga dan teman-teman Anda, tidur tanpa gangguan, atau mengatur bagaimana Anda menghabiskan waktu di rumah.”

“Kami memiliki alat yang dapat membantu Anda menemukan keseimbangan yang tepat untuk bagaimana Anda menggunakan Facebook. Kami menambahkan mode diam, yang membisukan sebagian besar pemberitahuan, dan jika Anda mencoba membuka Facebook saat dalam mode diam, Anda akan diingatkan bahwa Anda menyisihkan waktu ini untuk membatasi waktu Anda di aplikasi.”

“Kami juga menambahkan pintasan ke pengaturan pemberitahuan dan preferensi umpan berita, sehingga Anda dapat memanfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya di Facebook dengan mengontrol jenis posting yang Anda lihat di umpan berita Anda serta pembaruan yang Anda terima.”

Baca juga: Facebook Sedang Uji Coba Reaksi Emoji Bertema COVID-19

Waktu Anda di Facebook Juga Diperbarui

Waktu Anda di Facebook atau your time in Facebook juga telah diperbarui oleh pihak perusahaan. Facebook pertama kali memperkenalkan daftar waktu yang dihabiskan pada tahun 2018, namun pembaruan kali ini memberikan pengalaman yang lebih luas kepada para pengguna.

Pembaruan kali ini menyertakan tautan ke log aktivitas para pengguna, sehingga para pengguna dapat melihat apa yang telah mereka lakukan di Facebook, termasuk hal-hal yang mereka sukai, hingga komentar yang diposting. Ini bukanlah sesuatu yang benar-benar baru, namun pihak Facebook telah membuat semua informasi ini lebih mudah untuk diakses dari satu tempat.

Baca juga: Ikuti YouTube, Facebook dan Instagram Juga Kurangi Kualitas Video

Mode diam sendiri diletakkan oleh pihak perusahaan di your time in Facebook sebagaimana yang terlihat pada gambar. Fitur baru ini pun baru diluncurkan oleh pihak Facebook untuk para pengguna iOS, adapun untuk para pengguna Android, mereka harus bersabar karena pihak perusahaan baru akan menghadirkannya pada bulan Mei mendatang.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close