Internet

Fakta dan Hal Keren Yang Perlu Kita Ketahui Mengenai Kota Batam !!!

Hallo sobat Klik Mania, kali ini saya akan membahas fakta dan hal keren yang perlu kita ketahui  mengenai kota Batam. Batam termasuk salah satu kota terbesar di Indonesia yang mempunyai hal-hal keren yang wajib kalian ketahui.

Pulau batam merupakan sebuah pulau yang terletak di provinsi Kepulauan Riau yang berbatasan atau bertetangga langsung dengan negara singapore.

Pulau Batam merupakan kota terbesar di Kepulauan Riau dan merupakan kota dengan populasi manusia terbesar ke tiga di wilayah Sumatra setelah Palembang dan Medan. Menurut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam Per April 2012 jumlah penduduk yang tinggal di Pulau Batam mencapai 1.153.860 jiwa.

Metropolitan Batam terdiri dari tiga pulau, yaitu Rempang, Batam dan Galang yang langsung dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Batam merupakan kota dengan letak geografis yang sangat strategis. Pulau Batam juga berada pada jalur pelayaran internasional, kota ini merupakan kota yang bertetangga dengan negara Singapura dan Malaysia.

Batam merupakan salah satu kota yang pertumbuhannya sangat pesat di Indonesia. Ketika kota ini dibangun pada tahun 1970-an awal kota ini hanya dihuni penduduk sekitar 6.000. Dan dalam tempo waktu 40 tahun penduduk Batam bertumbuh hingga 158 kali lipat.

Fakta dan Hal Keren Yang Perlu Kita Ketahui Mengenai Pulau Batam

1. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang merupakan sebuah nama jembatan yang terletak di pulau Batam. Jembatan ini menghubungkan beberapa pulau lainnya yakni Pulau Nipah, Pulau Tonton, Pulau Setoko, Pulau Galang, Pulau Rempang, dan Pulau Galang Baru.

Jembatan Barelang ini telah menjadi ikon kebanggan yang dimiliki Kota Batam, bahkan telah populer oleh wisatawan yang berkunjung ke kota Batam. Jembatan Barelang ini sering disebut sebagai landmark-nya Pulau Batam. Jika Kota Jakarta identik dengan Tugu Monasnya maka orang akan mengidentikan Kota Batam dengan Jembatan Barelang (Barelang Bridge).

Nama Jembatan Barelang merupakan nama yang diberikan oleh masyarakat setempat, ternyata nama tersebut lebih popular ketimbang nama aslinya yaitu Jembatan Fisabilillah. Nama “Barelang” oleh masyarakat setempat diambil dari nama-nama pulau yang dihubungkan oleh jembatan tersebut; Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan Barelang memiliki nama lain, antara lain Jembatan Habibie atau Jembatan satu. Dan terdapat 5 jembatan lainnya.

2. 5 Pelabuhan Ferry Internasional

kota Batam
http://beritatrans.com

Fakta dan hal keren kedua, adalah karena Pulau Batam berbatasan atau bertetangga langsung dengan negara tetangga seperti Singapore dan Malaysia, di Pulau ini terdapat banyak pelabuhan2 bertaraf Internasional yang menghubungkan 3 negara yaitu Indonesia-Singapore-Malaysia. 5Pelabuhan itu antara lain adalah :

  1. Waterfront City marina
  2. Nongsa Pura
  3. Sekupang ferry Terminal
  4. Internasional ferry Terminal Batam Centre
  5. Harbour Bay

3. 1,3 Juta Wisatawan Mancanegara / Tahun

kota Batam
http://justinthezone.blogspot.co.id

Fakta dan hal keren berikutnya adalah kedekatan kota Batam dengan beberapa negara tetangga dan ditopang oleh baiknya sarana infrastruktur yang dibangun. Hal ini telah mengundang banyak sekali wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestik untuk singgah ke pulau ini sekedar untuk mengisi waktu liburan.

Tercatat pada 2012 silam, sekitar 1,3 juta turis mancanegara telah mengunjungi kota Batam sekaligus menempatkan batam sebagai pintu masuk orang asing terbesar ke-3 di Indonesia Setelah Jakarta dan Bali. Kebanyakan dari mereka yang datang adalah wisatawan dari Singapore, Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Eropa dan masih banyak lagi.

Dan kalau sobat jalan – jalan di kota batam pada hari libur seperti pada hari sabtu atau minggu, dipelabuhan-pelabuhan maupun pusat-pusat perbelanjaan, agan akan bertemu dengan banyak sekali turis yang sedang berbelanja ataupun bersantai.

Bahkan kadang ada hal yang unik gan, contohnya warga Singapura singgah kadang-kadang hanya untuk makan Siang saja kalo ke batam, setelah itu pulang kembali kenegaranya. Saking deketnya, dapat ditempuh dengan 40 menit melalui jalur laut.

4. Dualisme Pemerintahan

Berikut ini kedengarannya sangat menarik, dimana kota batam yang hanya sebuah pulau kecil, mempunyai 2 pemerintahan. Yang pertama adalah BP Batam, yang dulunya dikenal dengan nama Otorita Batam yang sekarang di pimpin oleh Bpk. Mustofa Widjaya. Dan PEMKO Batam yang berdiri setelah Otorita Batam yang sekarang diperintah oleh Bpk. Ahmad Dahlan.

Tapi sedikit yang ane tahu, BP Batam mempunyai tugas untuk mengurusi bagian Investasi dan peizinan, sedangkan Pemko Batam mengurusi tentang bagian Administrasi kependudukan. Lebih detilnya mungkin sobat bisa baca di google .

5. Mengimpor Langsung Mobil CBU

Fakta dan hal keren di batam berikutnya, karena kota Batam telah ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus, maka diperbolehkan juga importir untuk mengimpor mobil langsung yang berasal dari negara asalnya. Dan juga karena bebas PPN dan PPN BM, maka harga mobil CBU alias Completly Build Up ini harga nya bisa sampe 40% lebih murah dari harga mobil nasional lo,

Contohnya ni, Landcuiser, dapat agan beli dengan mulai dari 800 jutaan harganya, atau Toyota alphard yang bisa agan bawa pulang dengan harga mulai dari 400an juta. Murah kan di bandingkan dengan harga di jakarta?.

Tapi ada tetapinya gan, mobil2 impor alias CBU ini, sama sekali ga bisa dimutasi atau di import keluar batam. Jadi ni mobil seumur hidup ya hanya bisa dipakai di batam dengan harga murah.

6. Kawasan Ekonomi Khusus FTZ

Beberapa tahun belakangan ini telah digulirkan dengan penerapan Free Trade Zone Batam (FTZ Batam), Bintan, dan Karimun yang mengacu pada peraturan UU No 36. Tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas dan kemudian telah dirubah beberapa kali melalui PERPU, sehingga sekarang di undang-undangkan menjadi UU no 44 tahun 2007.

Ada juga Undang-Undang 36 tahun 2000 Tentang ” Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No 1 Tahun 2000. Tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Menjadi Undang Undang serta masih banyak Undang-Undang lainnya yang berkaitan dengan FTZ Batam.

Karena hal ini untuk mendorong lebih banyak Investor untuk berlomba – lomba berinvetasi di pulau batam baik investor luar ataupun dalam negri. Dimana Pulau batam memang di plot dari awal sebagai kota Industri. Sehingga dengan penetapan ini barang2 dari luar negri Banyak dibebaskan PPn dan PPN BM nya.

7. Status Tanah Dan Bangunan Hak Guna

Inilah merupakan salah satu satu keunikan dan hal keren yang dimiliki kota batam di bangdingkan dengan kota lainnya.

Sebagian besar tanah di kota Batam dikuasai oleh BP Kawasan dan warga di kota batam hanya diberi hak pakai saja gan bukan hak milik. Dan setiap 30 tahun sekali kita diwajibkan bayar semacam uang sewa ke BP Batam sekitar 10 % dari NJOP

8. Kabel Listrik Underground kota Batam

kabel listrik underground
kabel listrik underground

Kalo sobat lihat dikota-kota lain di yang merupakan bagian Indonesia, agan akan dihadapkab pada berserakannya kabel2 listrik di jalanan yang sangat mengganggu pemandangan. Jika sobat ke kota batam, agan mungkin ga akan menemukan hal serupa. Karena kabel listrik di pusat-pusat kota Batam sudah ditanam didalam tanah. jadi terlihat lebih rapi dan sangat enak untuk dipandang mata.

9. Ekonomi

Metropolitan Batam terdiri dari tiga pulau, yaitu Rempang, Batam dan Galang yang langsung dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Batam merupakan kota dengan letak geografis yang sangat strategis. Pulau Batam juga berada pada jalur pelayaran internasional, kota ini merupakan kota yang bertetangga dengan negara Singapura dan Malaysia. Batam merupakan salah satu kota yang pertumbuhannya sangat pesat di Indonesia

Pertumbuhan ekonomi Kota Batam yang lebih tinggi dibandingkan dengan laju pertumbuhan ekonomi nasional menjadikan wilayah ini andalan bagi pemacu pertumbuhan ekonomi secara nasional maupun bagi Provinsi Kepulauan Riau.

Beragam sektor penggerak ekonomi meliputi sektor komunikasi, sektor listrik, air dan gas, sektor perbankan, sektor industri dan alih kapal, sektor perdagangan dan jasa merupakan nadi perekonomian kota batam yang tidak hanya merupakan konsumsi masyarakat Batam dan Indonesia, tetapi juga merupakan komoditi ekspor untuk negara lain. Keberadaan kegiatan perekonomian di Kota ini juga dalam rangka meningkatkan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan masyarakat.

Kawasan Ekonomi Khusus

Pemerintah kota Batam sebagai pelaksana pembangunan Kota Batam bersama-sama Dewan Perwakilan Rakyat daerah kota Batam serta keikutsertaan Badan Otorita Batam dalam meneruskan pembangunan. Memiliki komitmen dalam memajukan pertumbuhan investasi dan ekonomi Kota Batam.

Hal ini dibuktikan dengan adanya nota kesepahaman ketiga instansi tersebut, yang kemudian diharapkan terciptanya pembangunan Kota Batam yang berkesinambungan.

Batam, bersama dengan Bintan dan Karimun kini telah berstatus sebagai Kawasan Ekonomi Khusus(KEK). Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan investasi di Batam yang pada akhirnya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”

Demikianlah artikel Fakta dan Hal Keren Yang Perlu Kita Ketahui  Mengenai Kota Batam !!!! Semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang membaca artikel saya. Dan penulis mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang tidak jelas, mengerti, dan lugas mohon jangan dimasukan ke dalam hati.

Saya juga sangat mengharapkan yang membaca artikel saya ini akan bertambah motivasinya dan mengapai cita-cita yang di inginkan akan tercapai. Karena saya menulis artikel ini mempunyai arti penting yang sangat mendalam.”


Loading...
Baca selengkapnya

Bukan seorang penulis.. tapi ingin belajar menjadi penulis yang baik .. untuk tulisan saya yang lain bisa di baca di : www.blogorang.xyz

Artikel terkait

2 Comments

  1. Saya turut bangga dan happy ats apa yg tlah di raih kota Batam.maju trus Batam. Sy yakin Kota Batam akan mampu menyaingi Jakarta dan Singapura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close