Fakta Menarik dan Membanggakan Mengenai Kota Palembang !!!

Hallo sobat klik mania, kali ini saya akan membahas fakta menarik dan membanggakan mengenai Kota Palembang. Palembang termasuk salah satu kota terbesar di Indonesia yang mempunyai hal-hal tak terduga sebelumnya.

Kota Palembang banyak menyimpan keajaiban didalamnya sehingga layak bagi kita untuk menelusurinya. Keajaiban tersebut berasal dari berbagai hal contohnya, makanan, tempat wisata serta penghargaan yang dimiliki kota Palembang dan sejarahnya yang wajib kita telusuri.

Kota Palembang yang merupakan ibu kota dari Sumatra selatan ini sangat banyak memiliki tempat wisata yang patut dan menarik untuk kita kunjungi sebagai wisatawan seperti Ampera, Banteng Kuto, Besak dan lainya.

Baca juga : Menikmati Indahnya Pesona Alam di Bukittinggi

Fakta Menarik Mengenai Kota Palembang

1. Jembatan Paling Canggih Di Indonesia Ampera

kota palembang

Kota Palembang memiliki jembatan paling canggih di Indonesia yaitu jembatan Ampera yang berada di kota Palembang. Jembatan ini memiliki tinggi 63 meter, panjang 1,117 meter, dan lebar 22 meter. Jembatan Ampera terletak di pusat kota Palembang yang memiliki fungsi utama untuk menghubungkan dua daerah di Sumatera Selatan yaitu Seberang Ilir dan Seberang Ulu yang dipisahkan oleh sungai Musi.

Pada awalnya jembatan Ampera akan diberi nama jembatan Bung Karno dan saat itu jembatan ampera menjadi jembatan terpanjang yang terletak Asia Tenggara. Akan tetapi pada tahun 1966 karena terjadinya sebuah pergolakan pada dunia politik Indonesia, kemudian nama Bung Karno diubah menjadi Jembatan Ampera sampai saat ini.

Jembatan Ampera menjadi sebuah kebanggaan tersendiri yang dimili kota Palembang dan menjadi maskot dari kota Palembang. Tapi jika sobat belum mengetahui pembangunan Jembatan Ampera ini hanya memiliki modal awal pembangunan Sekitar Rp 30.000,00 . Kemudian dengan meminta restu Bung Karno Jembatan Ampera kemudian dilanjutkanlah pengerjaannya dengan menggunakan biaya dari rampasan usai perang Jepang sebesar USD 4.500.000 ( kurs USD 1 = Rp 200.00 ).

Pada Bagian tengah Jembatan Ampera awalnya dapat diangkat sehingga membuat kapal besar yang melaluinya dapat melintas diantara Jembatan ini. Akan tetapi waktu yang dibutuhkan untuk menarik dan menurunkan Jembatan Ampera membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 30 menit.

Hingga tahun 1990 dua bandul yang biasanya digunakan untuk menarik dan menurukan bagian tengah jembatan seberat 500 ton dilepas karena dikhawatirkan suatu saat akan jatuh dan menimpa pengguna jembatan. Sehingga pada tahun 1990 bagian tengah tersebut dilepaskan dan tidak dipergunakan kembali. Jembatan yang awalnya berwarna abu – abu ini berubah menjadi warna kuning dan kembali berubah menjadi merah sampai saat ini.

Namun karena banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang sudah mencuri onderdil yang terdapat pada bagian Jembatan Ampera ini sehingga merusak keindahan Jembatan.

2. Memiliki Taman kota terbaik tahun 2008 dan 2010

kota palembang

Taman Kota merupakan salah satu dari peninggalan dari masa penjajahan Belanda. Taman ini ditujukan sebagai tempat berolahraga dan rekreasi keluarga oleh pemerintah pada masa penjajahan Belanda. Dengan luas mencapai 5 hektare taman Kambang Iwak memiliki danau luas di bagian tengahnya. Tujuannya untuk menambah estetika serta dapat dijadikan sebagai tempat untuk menampung air hujan.

Pada saat malam hari air mancur yang berada di tengah taman, kolam tersebut dapat memancarkan cahaya sehingga menambah keindahan ketika sobat berkunjung kesana pada malam hari. Di dalam kolam tersebut terdapat berbagai jensi ikan hias, tapi ikan yang terdapat di kolam taman kambang Iwak ini tidak boleh diambil. Apabila sobat tertangkap makan akan dikenakan penjara 3 tahun atau denda Rp 5.000.000.

Dengan banyaknya ikan hias di dalam kolam tersebut kemudian warga kota Palembang memberi nama kolam tersebut dengan nama Kambang  Iwak atau yang berarti “kolam ikan”. Pada tahun 2008 dan 2010 Kambang Iwak pernah mendapatkan predikat sebagai Taman kota terbaik di Indonesia saat itu.

3. Menjadi Kota Terbersih se-Asean 2 kali dan Penerima Piala Adipura 9 kali

kota palembang

Jika sobat Klik Mania tahu bahwa kota Palembang merupakan kota dengan tingkat kebersihan yang tinggi. Hal ini ditandai dengan keberhasilan nya mendapatkan piala Adipura sebanyak Sembilan kali berturut – turut, menarik sekali.

Piala Adipura merupakan sebuah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada daerah yang memiliki keberhasilan kota karena kebersihannya.

Penyelenggaraan Piala Adipura ini pun dilaksanakan pada tahun 1986 tetapi sempat terhenti pada tahun 1998 dan kemudian dilaksanakan kembali pada tahun 2002.

Pada saat tahun 2006 kota Palembang pernah dinilai sebagai kota terkotor di Indonesia akan tetapi pada tahun 2007 kota ini sudah menjadi kota terbersih di Indonesia sehingga mendapatkan Piala Adipura.

Selain keberhasilan kota Palembang meraih Piala Adipura Sebanyak Sembilan kali berturut – turut kota Palembang juga pernah mendapatkan penghargaan yang sangat luar biasa yaitu sebagai kota terbersih di Asia tenggara ( ASEAN )

Kota Palembang menjadi kota terbersih dan sebagai wujud keberhasilannya mendapatkan penghargaan sebagai “Environmentally Sustainable City” sebanyak 2 kali yang berarti kota Palembang memiliki tata lingkungan berkelanjutan terbaik di ASEAN.

Dengan penghargaan yang banyak di dapatkan kota Palembang pada bidang kebersihan sangat diharapkan bagi warga Palembang untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan agar kota Palembang tetap menjadi kota yang memiliki nilai kebersihan tinggi dan indah dipandang.

4. Fakta Unik dan Menarik Mengenai Sungai Musi

kota palembang

Diperkirakan nama sungai Musi berawal dari Bajak Laut asal Cina yang berlayar menuju Selat Bangka. Dan pada saat itu bajak laut tersebut takjub akan kesuburan dari daerah Palembang. Karena belum terdapat pada peta, sang captain memberikan nama pada sungai ini Mu CI yang berarti ayam betina.

Pemberian nama Mu Ci karena ayam betina merupakan lambang kesuburan, keberanian dan kesetiaan. Dengan seiring berjalannya waktu nama panggil sungai Mu Ci berubah nama menjadi Musi hingga sekarang ini.

Fakta menarik berikutnya, Sungai musi atau sungai terpanjang di pulau Sumatera. Sungai Musi termasuk dalam Sembilan Sungai besar atau Batanghari Sembilan. Diantaranya Sungai Semangus, Sungai Ogan dan juga Sungai Musi. Sungai Komering, Sungai Rawas, Sungai Leko, Sungai Lakitan, Sungai Kelingi, Sungai Lematang,

Sungai dengan panjang 750 km ini juga membuat kota Palembang terbelah menjadi 2 yang dikenal dengan nama seberang ulu dan seberang ilir. Sumber mata air yang diperoleh sungai musi asalnya dari Kepahiang, Bengkulu.

Menurut warga Palembang dahulu, sungai musi memiliki 108 sungai. Sehingga membuat orang Eropa menjulukinya sebagai THE VENICE FROM EAST. Tetapi saat ini banyak aliran sungai musi yang telah menghilang karena pendangkalan sungai yang semakin parah.

Selain itu sungai musi juga memiliki kisah horor, ada kisah hantu yang melegenda di Sungai Musi Yakni Hantu Banyu. Bagi kalian orang Palembang pasti sudah tidak asing mendengar kisa hantu banyu. Hantu yang dipercaya memiliki wujud seperti manusia dengan rambut berlendir.

Dengan menggunakan lender tersebut membuat orang yang dipinggir sungai terpeleset sedangkan di dalam air ia sudah menunggu. Setiap tahun pasti saja ada orang yang meninggal karena tenggelam di sungai musi, mulai dari terpeleset tenggelam ataupun hanyut.

5. Kota Palembang Merupakan Kota Tertua Di Dunia

kota palembang

Sekarang ini kota Palembang mendapatkan predikat sebagai kota tertua di dunia. Kota yang terletak di pulau sumatera yang tepatnya di Sumatera Selatan ini mendapatkan predikat itu. Setelah berjuang mengukuhkan namanya sebagai kota tertua di dunia karena sudah ada sejak abad 682 M.

Kota Palembang yang kita ketahui sudah ada sejak kerberadaan kerajaan Sriwijaya. Selain kerajaan yang besar dan terkenal ternyata Kerajaan Sriwijaya dahulu sudah memiliki pusat kotanya sendiri. Berbagai bukti sejarah, arca dan juga prasasti ditemukan di kota Palembang.

Berbagai tempat merujuk pada sebuah tempat yakni kota Palembang yang ternyata sudah aja sejak abad 682 M yang lalu. Hal ini merupakan fakta menarik dan kebanggaan warga Indonesia dan khususnya warga Palembang itu sendiri.

6. Kota Palembang Merupakan Pusat Dari Kerajaan Sriwijaya

kota palembang

Palembang merupakan pusat dari Salah satu kerajaan terbesar di Indonesia yaitu kerajaan Sriwijaya. Dahulu dikenal memiliki kekuasaan yang sangat luas. Mulai dari Kamboja Semenanjung Malaya Thailand Selatan, Sumatera, Jawa Barat dan diperkirakan juga sampai Jawa Tengah.

Dengan kekuasaannya yang begitu sangat luas, kerajaan Sriwijaya sangat dikenal pada jaman dahulu dan disegani di belahan nusantara. Kerajaan Sriwijaya ini dibuktikan dengan tulisan abad ke 7 seorang pendeta Tiongkok yang pernah tinggal di Sriwijaya selama kurang 6 bulan.

Tetapi karena banyaknya perang pada masa itu kerajaan Sriwijaya Melemah dan runtuh kemudian mulai terlupakan. Baru pada tahun 1918 dketahui adanya Kerajaan Sriwijaya melalui publikasi dari sejarawan Perancis George Coedes dari ecole Francaise d’extreme-orient.

Kerajaan Sriwijaya ini mempunyai pengaruh yang sangat besar dengan kekuasaan yang sangat luas pada abad ke 7.  Diperkirakan kerajaan Sriwijaya memiliki pusat pemerintahan di kota Palembang.

Sebagai warga palembang sebaiknya anda menjaga Kewajiban untuk mengetahui berbagai fakta tersebut dan menjaga kota Palembang agar tetap menjadi tempat yang indah dan terjaga.

Demikianlah artikel mengenai Fakta Menarik dan Membanggakan Mengenai Kota Palembang !!! ! Semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang membaca artikel saya.

Saya juga sangat mengharapkan yang membaca artikel saya ini akan bertambah motivasinya dan mengapai cita-cita yang di inginkan akan tercapai. Karena saya menulis artikel ini mempunyai arti penting yang sangat mendalam.”

Bagikan

Related Posts

About The Author

One Response

Add Comment

shares