Fakta Penonton YouTube

Fakta Penonton YouTube, Habiskan 59 Menit Setiap Hari untuk Menonton

Fakta penonton YouTube adalah fakta yang menarik untuk diperbincangkan, karena penonton YouTube saat ini hampir menyaingi jumlah penonton televisi.

Berdasarkan hasil survei yang dibuat oleh Google Indonesia dan Kantar TNS (lembaga riset global), jumlah penonton YouTube saat ini berada di angka 53 persen, sedangkan jumlah penonton televisi berada di angka 57 persen.

Apakah YouTube Akan Mengalahkan TV?

David Fernando Audy (Direktur Utama MNCN) mengatakan, industri pertelevisian tidak akan mudah tergerus dan mati begitu saja.

Industri pertelevisian dinilai masih sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia. Terutama, akibat faktor geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan dan dipisahkan banyak lautan.

Pernyataan David Fernando Audy cukup masuk akal, karena saat ini saja penyebaran internet masih belum merata di seluruh kawasan Indonesia.

Jangankan internet, listrik saja masih belum merata penyebarannya di seluruh kawasan Indonesia. Jadi, apakah YouTube akan mengalahkan TV?

Jawabnya cukup sulit, karena saat ini saja, kebanyakan video-video yang beredar di YouTube adalah video-video yang bersumber dari televisi.

Mengapa YouTube Diminati?

Banyaknya konten-konten yang ditawarkan oleh YouTube kepada para penggunanya adalah salah satu alasan mengapa YouTube begitu diminati banyak orang.

Loading...

Selain itu, dengan menggunakan YouTube, seseorang juga bebas mencari video apa saja, kapan saja, tanpa harus terikat oleh jam tayang dan tempat.

Bandingkan dengan televisi. Ketika menonton televisi, kita harus mengingat jam tayang dan harus duduk manis di depannya.

Bahkan, terkadang iklannya sangat lama. Dan yang paling parah adalah ketika kita sudah menunggu satu tayangan, ternyata tayangan tersebut diganti dengan tayangan lain (tidak tayang).

Alasan mengapa masyarakat lebih meminati YouTube:

fakta penonton youtube

Setuju dengan pernyataan di atas?

Fakta Penonton YouTube Indonesia yang Harus Diketahui

Di awal sudah disampaikan, bahwasanya Google Indonesia dan Kantar TNS telah membuat riset tentang fakta penonton YouTube Indonesia.

Fakta penonton YouTube pertama yang disampaikan oleh Google Indonesia dan Kantar TNS adalah jumlah penonton YouTube berada di angka 53 persen, sedangkan jumlah penonton televisi berada di angka 57 persen.

Adapun untuk fakta-fakta lainnya bisa Anda ketahui di bawah ini:

1. Penonton desa mencapai 85%

Munculnya RT/RW Net ke pelosok-pelosok desa membuat jumlah penonton YouTube asal desa mencapai 85% atau hanya berselisih 7% dari penduduk kota.

Dalam risetnya, Google Indonesia dan Kantar TNS mengatakan, 92% penduduk kota telah menggunakan YouTube, sedangkan penduduk desa yang telah menggunakan YouTube mencapai 85%.

Tentu jumlah ini bisa meningkat tiap tahunnya, apabila pemerintah bisa membenahi infrastruktur penyediaan internet, sehingga koneksi yang diterima memiliki kualitas baik.

2. Beda tontonan

Fakta penonton YouTube selanjutnya adalah perbedaan tontonan yang diminati. Berdasarkan riset yang dilakukan, penduduk kota lebih menyukai musik, film asing, how to, komedi, dan lifestyle.

Adapun penduduk desa, kebanyakan dari mereka lebih menyukai musik, sepak bola, komedi, gosip selebriti, dan berita.

Perbedaan tontonan yang diminati antara penduduk kota dan desa sangat wajar sekali, karena semua itu tergantung dari kondisi lingkungan sekitar dan gaya hidup.

Jangankan perbedaan tontonan, pola pikir antara penduduk kota dan desa saja juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

3. Penonton YouTube mendukung kreator lokal

Veronica Utami (Head of Marketing Google Indonesia) mengatakan, orang-orang Indonesia tidak hanya melihat konten internasional di YouTube, namun mereka begitu bangga dengan kreator lokal yang mampu berinteraksi dalam bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan mereka.

Pernyataan Veronica Utami sangat tepat, karena saat ini saja sudah ada banyak sekali konten kreator dalam negeri yang memiliki ratusan ribu subscribers, bahkan jutaan.

Jika penonton YouTube Indonesia tidak mendukung konten kreator lokal, mana mungkin mereka bisa memiliki jumlah subscribers yang begitu banyak.

Dan fakta di atas adalah kabar baik bagi Anda, khususnya bagi Anda yang ingin membangun karir dari bawah melalui YouTube.

Selain ketiga fakta yang sudah disebutkan tadi, masih ada satu fakta lain, yaitu penonton YouTube Indonesia rata-rata menghabiskan 59 menit setiap hari untuk menonton YouTube.

Kesimpulan

Untuk saat ini, YouTube memang sulit menyaingi televisi, karena beberapa alasan yang sudah disebutkan tadi.

Meski sulit untuk disaingi, stasiun televisi tetap harus berbenah, karena jika mereka tidak berbenah, potensi kehilangan penonton setia sangatlah besar.

Baca: Fakta Youtube Lebih dari TV

Jadi, itulah beberapa fakta penonton YouTube yang bisa disampaikan. Dan fakta-fakta yang disampaikan tersebut adalah fakta penonton YouTube yang berasal dari Indonesia saja.



Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Ikatlah Ilmu dengan Tulisan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *