Dunia InternetTekno

Inilah 5 Fakta Mengenai Silicon Valley yang Wajib Anda Ketahui

Kalian pasti sudah pernah mendengar beberapa berita mengenenai Silicon Valley. Nama ini merupakan julukan bagi daerah selatan dari San Fransisco Bay Area yang berada di California –Amerika Serikat.

Di tempat ini merupakan “sarang” perusahaan yang bergerak di bidang komputer, teknologi, dan semikonduktor. Banyak sekali perusahaan besar yang memiliki markas di lokasi tersebut, seperti Adobe System, Apple Computer, Cisco, eBay, Intel, Yaoo, dan juga Google.

Tapi, tahukah anda bahwa daerah yang merupakan “sarang” perusahaan besar di dunia ini, memiliki beberapa fakta yang mungkin tidak anda ketahui sebelumnya, dan sangat menarik untuk di simak?

Kira-kira apa saja fakta tersebut ya …

Dalam artikel ini-lah kita akan mencoba membahas beberapa fakta mengenai area Silicon Valley, yang sebenarnya sangat unik dan menarik untuk kita ketahui.

5 Fakta Mengenai Silicon Valley yang Wajib Anda Ketahui

silicon valley

sumber gambar : http://techstory.in/makes-silicon-valley-special/

1. Asal nama dari Silicon Valley

Ralph Vaerst, seorang entrepreneur sukses di Central California adalah orang yang pertama kali menggunakan nama Silicon Valley sebagai julukan dari daerah. Antara lain meliputi San Jose, Santa Clara, Sunnyvale, Palo Alto, dan daerah lainnya di selatan San Fransisco Bay.

Sedangkan, penggunaan secara tertulis pertama kali diterapkan oleh Don Hoefler. Yang merupakan teman dari Ralph Vaerst dengan penggunaan judul “Silicon Valley in the USA” pada sebuah artikel seri di Koran mingguan bernama Electrinuc News.

Kata Valley sendiri, diyakini berasal dari Santa Clara Valley, yang merupakan sebuah tempat di ujung selatan Fransisco Bay. Sedangkan Sillicon berasal dari tingginya konsentrasi perusahaan yang terlibat dalam industry semikonduktor.

Akhirnya penggunaan nama Silicon Valley mulai dipahami dan digunakan secara luas sekitar tahun 1980an m. Berkaitan erat dengan pengenalan produk IBM PC dan hardware serta software kepada konsumen.

Baca Juga : Toshiba FlashAir, Memory Card Canggih dengan Fitur WiFi

2. Lokasi dari Silicon Valley

Seperti yang sudah kita bahas di atas, tempat atau lokasi dari Silicon Valley ini berada di daerah selatan Fransisco Bay Area, yang terletak di California (Negara bagian Amerika Serikat).

Tempat ini telah bertransformasi layaknia ibu kota bagi perusahaan teknologi. Mengingat di tempat ini pulalah pusat dari perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi dan informasi seperti, Google, Yahoo, Intel, IBM, dsb.

Maka akan menjadi hal yang wajar, apabila anda adalah seorang penggemar IT yang bermimpi untuk menjadi bagian dari salah-satu perusahaan yang berpusat di wilayah tersebut (Bahkan sayapun bermimpi demikian, hehe)

3. Tidak langsung jadi perusahaan besar, mereka juga pernah mengalami masa-masa kelam dalam mendirikan perusahaan

silicon valley

Mengingat sekarang ini daerah tersebut di penuhi oleh perusahaan-perusahaan kelas atas, dan siap menjadi pemimpin dalam ketatnya persaingan global. Namun hal tersebut tidaklah seperti yang kalian duga sebelumnya.

Faktanya, perusahaan-perusahaan besar yang bermarkas di Silicon Valley juga pernah mengalami masa-masa kelam dalam memajukan perusahaan mereka. Bahkan tidak sedikit perusahaan-perusahaan besar, memulai karier mereka dari sebuah garasi.

Garasi ??
Ya, benar sekali.

Bahkan perusahaan besar sekelas Apple yang didirikan oleh Steve Jobs dan rekan-rekannya. Memulai kisah sukses mereka dari sebuah garasi kecil dengan menciptakan dan menjual komputer-komputer generasi awal mereka.

Setidaknya, perusahaan-perusahaan besar di Silicon Valley telah memberikan kita contoh dan pelajaran berharga, bahwa tidak peduli seberapa terbatasnya apa yang kita miliki. Asalkan ada kemauan dan tekad yang kuat, serta keja keras, maka usaha kita akan berkembang dan merajai pasar suatu saat nanti.

Kegigihan dan tekad dari pendahulu kita di Silicon Valley, adalah suatu hal yang sangat berhaga untuk dipahami dan dimiliki oleh setiap orang yang ingin membangun usaha.

Baca Juga : Wow! 5 Hewan ini Adalah Inspirasi di Balik Hadirnya Teknologi Masa Kini

4. Surga bagi bisnis Startup

silicon valey

Silicon Valley telah berkembang layaknya surga bagi mereka yang memiliki hasrat dan tekad kuat untuk membangun Startup. Hal ini akan dirasakan bagi mereka yang dalam otaknya menyimpan seribu satu ide luar biasa.

Jika kamu merasa adalah salah-satu dari si jenius tersebut, maka di Silicon Valley ide brilliant kamu akan mudah untuk diwujudkan. Banyak orang datang ke tempat tersebut untuk merealisasikan pemikiran dan ide mereka dalam sebuah Startup yang siap bersaing dengan perusahaan global.

Jika ide tersebut benar-benar brilian, maka mereka yang pergi ke sana tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari dan mendapatkan investor dari perusahaan-perusahaan besar. Yang siap membantu anda dalam mewujudkan ide brilian yang anda miliki.

5. Munculnya Silicon Valley lain di penjuru dunia

silicon valley

Saking terkenalnya nama Silicon Valley ini, Negara-negara lain di penjuru dunia mulai menerapkan nama tersebut sebagai julukan dari “ibu kota” perusahaan-perusahaan besar di wilayah mereka.

Seperti Banglore yang merupakan Silicon Valley bagi perusahaan-perusahaan besar di India, serta Silicon Wadi yang berada di Tel Aviv, Israel. Perusahaan besar di Tiongkokpun tidak mau kalah dengan menciptakan Silicon Valley mereka sendiri di sebuah kota bernama Shenzen.

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia sendiri sudah mulai mengembangkan Silicon Valley mereka, yang tepatnya  akan di bangun di wilayah Bandung.

Bukan tanpa alasan, selama ini semua orang sudah mengetahui mengenai kreativitas dari orang-orang yang berdomisili di  Bandung. Serta produk-produk Bandung yang mulai mendunia.

Meskipun saya sendiri bukanlah orang Bandung, tetapi saya merasa bahwa Bandung yang merupakan salah satu dari kota besar di Indonesia ini. Yang memiliki potensi dari sumber daya manusianya.

Bandung sendiri memang tidak memiliki sumber daya alam yang dapat mereka andalkan. Namun kualitas dari penduduk yang cukup banyak di kota tersebut saya rasa sangat penting dalam memajukan kota mereka (Seperti negara Singapura yang tidak memiliki SDA, namun punya SDM yang berkualitas)

Bahkan di kota ini pula, lulusan-lulusan terbaik Indonesia di ciptakan. Mereka yang datang jauh-jauh biasanya senang untuk belajar, terutama terdapat Universitas yang cukup membanggakan di kota ini. Orang-orang muda tersebutlah yang dapat dijadikan sebagai potensi bagi Bandung, terutama Indonesia yang mampu bersaing di kemudian hari.

Bahkan sebelum Silicon Valley mulai mendunia, saya rasa Indonesia sudah lebih dahulu terkenal dengan Paris van Javanya yang merupakan julukan bagi kota Bandung. Hehehe.

Baca Juga : Melirik Peluang Sukses Melalui Internet

Bagaimana, sangat menarik bukan fakta-fakta yang terdapat pada kemegahan nama Silicon Valley. Bahkan dari beberapa fakta di atas ada juga yang mampu memberikan inspirasi bagi kita dalam menjalankan usaha. Kelak perusahaan yang kita bangun menjadi besar seperti perusahaan yang telah berdiri di kawasan Silicon Valey.


Loading...
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close