Fakta Tentang Lebaran

7 Fakta Tentang Lebaran yang Pasti Ada di Indonesia

Fakta tentang lebaran di Indonesia – Tidak terasa lebaran akan tiba, ibadah puasa yang kita lakukan selama sebulan akan terbayarkan dengan adanya hari kemenangan. Semua warga Indonesia, terutama yang beragama Muslim menyambut ria perayaan idul fitri yang hanya ada satu tahun sekali ini.

Indonesia dengan negara lain tentu saja memiliki perayaan lebaran yang tidak sama. Setiap negara termasuk Indonesia memiliki ciri khas perayaan lebaran yang berbeda-beda.

Apa saja fakta tentang lebaran yang ada di Indonesia?

Fakta Tentang Lebaran Indonesia

image : flickr.com

1. Baju Baru

Sebenarnya jika boleh dikata, baju baru sejatinya tidak dibutuhkan juga jika baju lama kita nyatanya masih layak untuk digunakan. Tapi namanya manusia, tidak pernah merasa puas. Selalu ingin hal yang baru.

Biasanya seminggu menjelang puasa berakhir mall-mall banyak dipenuhi oleh orang yang ingin membeli baju baru. Bahkan, mereka sampai mengorbankan waktu sholat tarawih hanya demi mendapatkan baju baru impian. Beli baju boleh saja, tetapi jangan sampai tidak tarawih ya..

Fakta tentang lebaran di indonesia, baju baru merupakan hal wajib bagi sebagian besar masyarakat.

2. THR (Tunjangan Hari Raya)

Bagi anda seorang pekerja terutama seorang karyawan, tentu saja THR adalah hal-hal yang sangat dinanti-nantikan. Dengan adanya THR, maka mereka punya uang cadangan di kantong mereka.

Biasanya, uang THR ini nantinya pada saat hari lebaran akan dibagikan kepada sanak saudara, terutama yang masih anak-anak. Jika sudah begini, anak-anak pasti senang menerimanya. Lagi pula, siapa sih yang tidak suka dapat uang?

Loading...

3. Mudik (Pulang Kampung)

Bagi anda seorang perantuan waktu menjelang lebaran adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu. Pada saat itulah, ada kesempatan untuk bisa berkumpul kembali dengan keluarga di kampung halaman.

Baca Juga : 6 Tips Agar Perjalanan Mudik Terasa Menyenangkan 

Rindu segera terlepaskan setelah tiba di kampung halaman. Bagi anda yang ingin mudik menggunakan mode transportasi umum, disarankan untuk memesan tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket.

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, juga disarankan jangan berangkat terlalu dekat dengan waktu lebaran agar tidak terjebak kemacetan.

4. Malam Takbiran

Tepat pada saat malam hari, satu hari sebelum pelaksanaan sholat idul fitri, biasanya diisi dengan suara takbir yang berkumandang di masjid-masjid.

Tak hanya di masjid, biasanya di jalan-jalan banyak orang berkeliling dengan membawa bedug sambil mengumandangkan takbir.

Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar,

Laa illaa haillallah-huwaallaahuakbar

Allaahu akbar walillaahil hamd

Ucapan tersebut sebagai rasa syukur sekaligus sebagai bentuk perayaan setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa. Fakta tentang lebaran di Indonesia, perayaan takbiran ini sudah menjadi tradisi penting yang tidak terpisahkan dari masyarakat muslim Indonesia.

5. Ketupat

Ketupat merupakan makanan khas lebaran yang terbuat dari bahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman yang terbuat dari anyaman daun kelapa muda. Sangat cocok dikombinasikan dengan opor ayam, rendang, ataupun sambel goreng ati.

Menjelang lebaran pasti banyak yang membuat ataupun membuat makanan yang satu ini. Dan ketika tiba saatnya Idul Fitri, ketupat dijadikan sebagai menu hidangan utama untuk disajikan kepada para tamu yang datang.

6. Kue Lebaran

Tidak afdol juga rasanya hari raya tanpa adanya kue lebaran. Jajanan ini merupakan hal wajib yang harus disediakan untuk menjamu tamu yang datang.

Jika diibaratkan, tamu sudah datang jauh-jauh kok gak dikasih apa-apa? Sayang kan. Untuk itu banyak orang yang menyajikannya

Jajanan atau kue tersebut biasanya diletakkan di dalam toples dengan aneka varian jenis kue. Beberapa diantaranya yaitu kue nastar, kue putri salju, kue kastengel, dan lain sebagainya.

7. Ucapan Lebaran di Media Sosial

Bukan orang Indonesia namanya jika tidak membagikan ucapan lebaran di media sosial, terutama facebook. Sudah pasti, saat menjelang hari raya, beranda medsos kalian akan dipenuhi status selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.

Penutup

Itulah 7 Fakta tentang lebaran yang pasti ada di Indonesia. Sebelum penulis tutup, penulis ucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Semoga berkah lebaran selalu menyertai anda semua.



Loading...


Bagikan

Penulis

Content Writer

Komentar

    Uang Gaib

    ( - 08:52)

    Kebanyakan cuma membagikan ucapan lewat sosial media atau aplikasi chating, tapi pada saat bertemu malah sibuk-sibuk sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *