Adsense Di Youtube

Fakta Youtube Lebih dari Tv dan Cara Paling Tepat Menghindari Sinetron Alay

Sobat Klik Mania pernah mendengar istilah Youtube lebih dari Tv? Buat pendengar musik hip hop pasti pernah mendengar istilah ini. Memang kalimat ini di populerkan oleh Jovial dari Skinnyindonesian24.

Dimana di sebut youtube-youtube lebih dari Tv. Ini memberikan pesan tersendiri dimana memang sudah di prediksikan di tahun mendatang youtube akan mengalahkan TV. Sekarang kita lihat beberapa hal yang mendukung pernyataan ini.


The power of Youtube

Youtube lebih dari Tv

Dunia youtube semakin berkembang. Banyak kreator yang terus berinovasi untuk menghasilkan karya yang spektakuler sekaligus memiliki nilai hiburan yang tinggi bagi penikmatnya.

Berbeda dengan sistem pertelevisian Indonesia dimana yang paling utama adalah Rate. Semakin tinggi Rate penonton pada suatu stasiun Tv menjadi suatu keuntungan besar bagi stasiun tersebut.

Karena jika stasiun Tv tersebut mendapatkan lebih banyak perhatian dari stasiun Tv lainnya akan memberikan nilai unggul dan otomatis akan mendapat banyak tawaran iklan di Tv tersebut dengan harga yang tinggi.

Sudah jelas ini sebuah perbedaan yang sangat fatal. Dari segi youtube dimana perubahan dilakukan demi kenyamanan penikmatnya. Sedangkan dari Tv sendiri ini membuat sebuah perubahan yang memberikan sisi nyaman kepada diri sendiri. Tampak jelas bahwa Youtube lebih dari Tv.

Dampak Buruk mengejar Rate

Pola ini yang sedikit berbahaya. Namun yang namanya bisnis ya bisnis. Semua akan dilakukan demi keuntungan dari perusahaannya. Karena stasiun Tv juga pasti ada link perusahaannya baik eksternal maupun internal.

Jika tidak mendapat keuntungan juga menjadi senjata mematikan bagi stasiun tersebut. Bisa-bisa mengalami kebangkrutan. Susah juga kan.

Jadi jika stasiun Tv melakukan cara sadis dalam meningkatkan rate boleh-boleh saja dong? Ya tidak masalah sih. Tapi lama kelamaan orang akan pindah haluan ke media hiburan yang lebih fresh salah satunya youtube.

Tahu kah kalian dari pola mengejar rating timbul acara acara yang dinilai tidak bermutu dan tidak menarik. Bagi beberapa orang yang tidak terlalu peka terhadap hiburan jaman sekarang pasti tidak merasa adanya perubahan dan tetap menikmati sajian acara Tv yang ada.

Bagi kalian yang mengerti pasti akan merasakan hal yang janggal dan aneh. Mungkin sebagian dari kalian akan mengatakan.

“Acara apaan sih ini? Kok nyampah banget ya? Buka youtube aja deh. Lihat channel Mahashitwa Pekokz.”

Saya juga pernah berfikiran seperti itu. Banyak sekali acara settingan yang nggak banget lah istilahnya. Semua hanya untuk mengejar rating.

Sinetron Alay merajalela

Youtube lebih dari Tv

Pernah kesal karena ada sinetron yang tidak mendidik tapi sinetronnya tidak hilang-hilang? Malah terus dilanjutkan sampai beratus episode mungkin bakal lanjut sampai seribu episode. Buset.

Kenapa sinetron yang banyak di cekal di sosial media malah terus di putar? Karena mencari rating. Jika sinetron tersebut memberikan rating yang tinggi bahkan sampai kontroversional. Wah ini menjadi rejeki nomplok.

Nggak perlu melakukan inovasi terlalu tinggi sudah banyak mendapatkan perhatian. Dari kejadian ini akan memberikan pola pikir yang salah.

Jika kita lihat saat ini. Stasiun Tv di Indonesia sendiri hanya sedikit yang memberikan hiburan yang Fresh. Selain sinetron dan show settingan. Sisanya politik. Bagi saya hanya ada dua stasiun Tv yang mendominasi hiburan yang lebih fresh.

Hanya ada dua. Saya tidak bisa menyebutkan namanya. Sobat klik mania bisa mencari tahu sendiri dengan menonton tv sepanjang hari. Pasti akan berasa Tv mana yang saya maksud. Ingat selain sinetron dan acara settingan alay.

Nilai Unggul Tv

Youtube lebih dari Tv

Meskipun Tv memang telihat lebih jadul. Namun ada beberapa hal yang menjadi keunggulan tersendiri bagi Tv.

Memang dari dulu Tv menjadi teman bahkan sahabat baik anak-anak generasi 90-an. Dimana tanpa Tv sepertinya hampa. Jika dilihat dari kacamata anak sekarang. Tv di nyalain. Tapi tidak di tonton.

Berbeda dengan anak 90-an pengen nonton tv malah di marah emak. Suruh ke kamar belajar.
Jadi saya sebagai anak 90-an sangat menghormati Tv. Walau sekarang saya sedikit kecewa melihat perubahan yang sangat parah dari Tv.

Jika sobat klik mania bukan anak 90-an bisa cek dulu acara-acara tv jaman dulu. Wah banyak cartoon dan acara anak-anak lainnya. Karena jaman dulu nggak ada yang namanya instagram, twitter, youtube, facebook. Saya mengenal facebook kelas 6 sd.

Sebelumnya mainnya friendster, ada juga my space, MIRC. Wah kelihatan tuanya.

Tv tidak ada Buffering

Ini menjadi nilai unggul Tv. Walau ini akan di bantah sama anak-anak yang memakai koneksi internet dewa alias laju. Pasti bakal di protes.

“Gue buka youtube juga nggak buffering pak. Lu aja kali yang internetnya koneksi hutan belantara jadinya lemot.”

Sebenarnya internet saya juga nggak buffering. Hanya saja pasti ada dari kalian yang pernah mengalami buffering saat menonton video. Dan ini membuat kesal banget. Hal ini jarang di temukan di TV kecuali ada kesalahan dari pemancar.

Tv cendrung lebih murah

Jangan hitung dari harga Tv nya. Tapi dari harga kita menontonnya. Ini tidak berlaku bagi kalian yang menggunakan Tv cable ya. Pasti bayar lah. Ya kali gratisan. Kecuali parabola. Itu juga tidak semua channel bisa dapat.

Saya akui dibanding menggunakan internet Tv lebih menghemat uang. Walau dari segi penggunaannya jelas Tv lebih banyak kurang. Secara internet juga bisa nonton tv, youtube, browsing. Wah banyak banget.

Tapi bercermin ke jaman dulu. Memang tv hiburan yang tidak terlalu menguras uang lah. Dari pada pergi ke mall main ke TEM ZONE. Masukkin koin. Karena jaman dulu nggak ada pake gesek. Jadi masih pake koin. Saya sendiri suka sekali mencari koin dari mesin game. Jadi hemat uang.

Informasi Tv lebih Fresh dan Aktual

Ini adalah keuntungan Tv yang sangat mendominasi. Karena pada umumnya stasiun Tv sudah mempunyai jurnalis yang siap meliput kapanpun. Jadi berita yang ada jelas lebih aktual dan fresh.

Jika dibandingkan dengan youtube jelas berbeda. Karena kebanyakan video berita yang ada di youtube merupakan berita yang sudah ada di Tv dan di re upload ke youtube. Bahkan setelah di upload beritanya. Banyak yang memodifikasi dengan berbagai cara dalam mengulas berita.

Makanya untuk point ini memang jelas susah untuk di kalahkan oleh youtube dari segi aktualitas suatu berita.

Kelebihan yang ada di Youtube

Youtube lebih dari Tv

Sobat klik mania sudah melihat beberapa keuntungan dari Tv, sekarang kita masuk ke keuntungan yang berasal dari youtube. Sampai membuat nama Youtube lebih dari Tv.

Youtube banyak pilihan

Bosen dengan channel atau acara yang monoton. Di dalam youtube tidak ada istilah seperti itu. Jika kalian bosan. Silahkan pergi ke tombol search dan cari sepuasnya apa yang kalian suka atau yang kalian inginkan.

Tidak perlu menunggu sampai bosan. Banyak kok pilihan video dan channel jelas dengan cara pembawaan yang berbeda ya. Durasinya juga beragam ada yang sebentar ada yang lama. Tergantung kalian sukanya yang mana.

Jadi tidak ada kata bosan deh jika mengeksplor youtube. Hal ini yang membuat youtube dapat menyita waktu cukup lama di banding media lainnya. Bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa setiap hari orang menghabiskan waktu setidaknya 15 untuk youtube.

Jelas penelitian ini khusus mereka yang ada koneksi internet ya. Jika tidak ada jangan coba-coba memprotes. Karena mau bagaimana juga jika tidak ada internet tidak bisa buka youtube secara online. Kecuali kalian mendownload video youtube dan di masukkan kedalam youtube offline. Itu juga membutuhkan koneksi internet dan cukup menghabiskan kuota.

Kecuali kalian memakai wifi tidak akan merasa berat. Jika pakai koneksi hp atau kuota. Maka menangislah kalian. Hahaha. Apalagi untuk anak kos. Wah berat banget pasti. Saya sering mengalaminya.

Hiburan Youtube Fresh

Saya sangat mengapresiasi kreator-kreator youtube yang tidak henti hentinya melakukan inovasi dalam merangkai sebuah teknik entertaining. Atau cara menghibur. Karena ada saja cara baru yang gokil dalam membuat sebuah hiburan yang membuat Youtube lebih dari Tv.

Jaman dulu mungkin tidak ada yang namanya prank. Ada tapi cara mengemasnya berbeda. Seperti jaman dulu prank sudah ada di salah satu stasiun Tv Indonesia namanya “JAIL” di sini sama kejadiannya dengan prank.

Jadi menjaili orang yang ada. Sama polanya seperti prank. Namun caranya jelas berbeda. Seperti yang saya katakan bahwa prank lebih fresh.

Sudah banyak youtubers yang melakukan prank. Sehingga menurut saya jangan menggunakan konsep ini. Jika kalian tidak mau melihat konsep prank menjadi pasaran dan berujung tidak laku.

Semua bergantung sama kalian. Mungkin kalian akan membuat konsep baru dalam prank. Yang jelas jangan mencuri ide orang lalu di buat pranknya ya. Ini sama sekali tidak bagus. Jika kalian punya inovasi sendiri dalam prank nah itu baru keren.

Untuk mencari hiburan sendiri. Saya lebih suka mencari hiburan stand up comedy dari youtube. Karena jika kalian ketik stand up comedy akan keluar banyak. Kebanyakan video stand up comedy sudah saya nonton.

Jadi membutuhkan video yang fresh. Dan youtube memberikannya ke saya. Tidak hanya dari indonesia. bahkan dari luar negeri seperti ada beberapa stand up dari comic yang berasal dari india namanya Kenny.

Wah gokil banget. Mungkin karena logatnya tidak terlalu western jadi masih bisa di dengar dengan mudah bagi pemula seperti saya. Dan isi komedinya memang materi yang dekat dan fresh.

Ini menjadi nilai plus dan menjadikan Youtube lebih dari Tv sebagai hiburan.

Youtube bisa jadi Forum

Ada sebuah kasus dari Tv? Kalian bisa bikin forum pembahasan sendiri di youtube. Common. Youtube itu seperti Stasiun tv kalian. Kalian menjadi manager atau kepalanya. Dan kalian sendiri yang menjadi crew. Kecuali kalian dibantu teman.

Kalau saya sebagai youtubers lebih nyaman sendiri. Jadi video-video saya memang murni hasil sendiri.

Kembali ke forum. Jadi memang forum yang ada di sini bisa kalian buat. Kalian perdebatkan dengan orang-orang yang menonton video kalian. Yang jelas debatnya yang smart ya. Karena jaman sekarang Indonesia semakin melek hukum.

Ini menjadi sebuah apresiasi masyarakat Indonesia. karena sedikit kesalahan kalian akan di suguhkan beribu pasal. Wat. Ya bagus juga sih. Ini bakal membantu kalian dalam pelajaran PPKN. Atau pancasila yang banyak pasal. Not bad.

Maka tidak heran jika ada kasus poltik seperti contoh kasus “Ahok” di youtube banyak sekali video-videonya. Kita tidak melihat dari masahalnya. Tapi kita lihat dari sisi jelinya youtubers tersebut dalam membuat konten.

Karena memang hal yang viral mempunyai nilai jual yang lebih. Wajar saja video yang berisi kasus new. Atau fresh mendapat viewers yang banyak biasanya sampai ribuan bahkan ratusan ribu, ini hebatnnya Youtube lebih dari Tv dan cepat sekali viral

Wah pasang iklan jangan lupa. Lumayan kan uang nya bisa buat beli permen. Karena memang nggak bakal gede pendapatnnya. Hahaha.

Siapa saja dibayar oleh youtube

Berbeda dengan Tv. Memang pendapatan di Tv jelas lebih besar. Bahkan sekali kita menjadi peran utama di sinetron. Penghasilannya bisa beli kangkung satu gudang. Kesimpulannya pendapatannya besar banget lah.

Jadi artis Tv memang bisnis yang sangat menguntungkan. Tidak bisa di pungkiri lagi. Ini hal paten lah.

Berbeda dengan youtube. Youtube tidak pernah absen meberikan recehan kepada youtubers-youtubers pemula. Walau hanya uang receh tapi ini unik untuk di bahas. Karena ini sebuah apresiasi youtube buat para creatornya.

Lumayan lah receh. Bisa beli permen kan. Atau buat sedekah. Ya kali. Uang receh mah nggak bisa di tarik sob. Makanya untuk uang saya tidak terlalu banyak komentar. Intinya berkarya aja deh.

Baca : Bagaimana Perincian dan Cara Youtube Membayar Para Vlogger

Uang mah nggak perlu dipikir. Kalau mau uang yang benar-benar gede. Kerja. Jangan ngeyoutube. Kecuali kalian artis atau sudah terkenal. Atau yang memang kepengen berjuang dari nol untuk mencapai kesuksesan di youtube. Keren tuh.

Sudah melihat kan beberapa fakta Youtube lebih dari Tv yang artinya bisa menjadi pertimbangan mengenai youtube bakal mengalahkan tv. Kesimpulannya bagaimanapun semuanya memiliki nilai lebih masing-masing.

Pasti ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Intinya nikmati saja semuanya. Sekian dulu postingan kali ini yang membahas Youtube lebih dari Tv. Tunggu postingan Richard Goodboy selanjutnya. Tetap stay tune di Klik mania. Will Inspire You.

-RJ-


Loading...
Baca selengkapnya

Mahasiswa yang hobi menulis :) Find me: Instagram : Chardsonz Support saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Artikel terkait

2 Comments

  1. apalagi sekarang sudah mulai tren nonton streaming VoD secara legal sprti netflix dkk..
    oh iya review streaming VoD juga ada di blog saya. hehe..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close