Tekno

Inilah 10 Faktor yang Membuat Baterai Menjadi Boros dan Cepat Habis

Faktor Baterai Menjadi Boros – Baterai ponsel merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dijaga, apalagi ketika digunakan di luar ruangan. Cepat habisnya daya baterai tentu akan menjadi suatu masalah tersendiri bagi sebagian orang.

Meski saat ini sudah ada power bank yang bisa dibawa ke mana-mana, atau juga banyak bermunculan smarphone dengan kapasitas baterai besar, namun tetap bisa masalah boros baterai ini akan menimpa para pengguna.

Baterai yang menjadi boros tentu tidak terjadi begitu saja, namun ada faktor-faktor yang memengaruhinya menjadi demikian. Berbagai hal ini mungkin tidak pernah disadari pernah atau bahkan sering kita lakukan.

Baca juga31 Aplikasi Android Boros Baterai, Kuota Internet dan Memori serta Cara Mengetahuinya

Faktor yang Membuat Baterai Menjadi Boros

Jadi, bagi kamu yang ingin memiliki ponsel dengan baterai yang lebih hemat, berikut ini kami beri ulasan mengenai faktor-faktor yang membuat baterai menjadi boros.

1. Usia ponsel dan baterai sudah tua

 

Tidak bisa dimungkiri lagi bahwa semakin lama usia ponsel kita maka akan semakin menurun pula performanya. Untuk itu, menuanya usia ponsel dan baterai juga dapat membuat baterai menjadi lebih boros.

Selain itu, jenis baterai yang dipakai pun berpengaruh. Misal saja, ponsel produksi Apple yang terus mengarahkan pelanggannya membeli seri terbaru mereka. Karena seri terbaru biasanya menggunakan jenis baterai terbaru juga.

Untuk itu, bagi yang merasa baterai ponselnya sudah boros, bisa menyiasatinya dengan mengganti baterai lama dengan yang baru.

Loading...

Baterai yang baru tentu akan membuat daya tahannya menjadi lebih baik daripada baterai yang sudah lapuk.

2. Suhu terlalu panas atau dingin

Faktor lain yang ternyata juga memengaruhi penurunan kinerja baterai ponsel adalah suhu di sekitarnya.

Terlalu seringnya ponsel kita berada di tempat dengan suhu terlalu panas atau terlalu dingin bisa membuat baterai ponsel menjadi lebih cepat habis.

Untuk itu, cobalah untuk tetap menjaga smartphone berada di suhu yang tepat.

3. Tidak menggunakan fitur kecerahan secara optimal

Baterai Menjadi Boros dan Cepat Habis

Ini mungkin hal yang biasa dianggap sepele oleh sebagian orang, padahal dampaknya cukup besar untuk bisa memengaruhi daya tahan baterai smartphone kita.

Mengaktifkan mode kecerahan secara otomatis memang dapat menguras baterai lebih banyak daripada pengguna yang menyesuaikan kecerahan layar secara manual.

Namun terkadang masih banyak orang yang malas dan belum mengetahui hal ini.

Selain dapat menyebabkan baterai menjadi boros menggunakan ponsel dengan tingkat kecerahannya yang terlalu tinggi juga merusak mata.

4. Dari sistem ponselnya

Sistem operasi pada smartphone juga ternyata bisa memengaruhi borosnya baterai. Hal ini dikarenakan sistem tersebut membutuhkan daya baterai yang cukup banyak.

Dalam berbagai kasus, sistem Andorid dapat membuat daya baterai berkurang hingga 25%.

Selain itu, ada pula beberapa aplikasi lain dari Google yang terbukti menghabiskan daya baterai dalam jumlah besar. Aplikasi yang tidak bisa dihapus seperti Google Play merupakan salah satu contohnya.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kita bisa menghapus cache dari Google Play Service.

5. Aplikasi pemakan daya baterai dan tidak diperbarui

Dengan begitu banyaknya aplikasi yang terdapat dalam sistem Android, tentu bisa memanjakan penggunanya.

Meski demikian kita harus berhati-hati, karena mungkin saja ada satu atau lebih aplikasi di ponsel kita yang memakan daya ponsel lebih banyak dari biasanya.

Untuk itu, kamu bisa mengatasinya dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan.

Selain itu, aplikasi yang tidak di-update juga dapat mempengaruhi borosnya baterai smartphone. Karena pada umumnya, aplikasi ini memerlukan kinerja yang lebih besar ketimbang aplikasi dengan versi terbaru.

Dalam pembaruan aplikasi, biasanya developer akan memperhatikan kinerja aplikasi tersebut dan membuatnya menjadi lebih ringan, cepat dan efektif.

6. Sering menelepon

Terlalu sering melalukan banyak panggilan memang akan membuat baterai ponsel menjadi lebih terkuras. Ini karena panggilan telepon memakan lebih banyak daya daripada sinyal biasa.

Selain itu, panggilan telepon juga mengeluarkan elemen suara yang lebih boros daripada pengiriman pesan atau email.

7. Terlalu banyak notifikasi dari aplikasi

Terlalu banyak notifikasi atau pemberitahuan dari berbagai aplikasi ternyata juga dapat membuat baterai ponsel menjadi boros. Apalagi terkadang, notifikasi ini banyak yang tidak terlalu penting untuk dilihat.

Kamu bisa mengatasinya dengan mematikan pemberitahuan untuk berbagai aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting.

Karena semakin banyak aplikasi yang memiliki pemberitahuan aktif, maka semakin banyak pula daya baterai yang terserap.

8. GPS dibiarkan terus menyala

Secara tidak sengaja, kita mungkin tetap membiarkan GPS untuk tetap menyala untuk kebutuhan aplikasi.

GPS yang terus menyala dalam waktu yang lama ternyata bisa membuat baterai ponsel menjadi lebih cepat habis. Untuk itu, alangkah bijak apabila mematikannya apabila tidak benar-benar digunakan.

Namun apabila kamu terpaksa harus menyalakannya dalam waktu lama, kamu harus mempersiapkan sumber daya tambahan seperti misalnya power bank.

9. Terlalu sering menggunakan kamera

Salah satu aplikasi bawaan smartphone yang membutuhkan daya banyak adalah kamera.

Kamu mungkin pernah merasa bahwa baterai ponsel kamu menjadi cepat terkuras habis ketika sering melakukan foto atau video pada saat bepergian.

Fitur foto dan video memang akan membuat hp kita bekerja lebih keras, seperti ketika memfokuskan gambar atau saat merekam gambar yang disertai dengan suara.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengaktifkan flight mode pada saat mengambil foto atau gambar. Dengan ini akan membuat ponsel tidak ebekerja lebih keras karena terlalu banyak yang harus dijalankan secara bersamaan.

10. Aplikasi latar belakang dan widget

Biasanya, beberapa orang akan menggunakan aplikasi latar belakang serta widget untuk mempercantik tampilan ponsel mereka.

Padahal, aktifnya widget dan background tersebut dapat menguras baterai cukup besar. Widget seperti aplikasi cuaca yang mengharuskan untuk tetap update setiap waktu juga merupakan salah satunya.



Loading...

Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *