Internet

Ini 7 Fitur Aplikasi Dropbox yang Jarang Diketahui Penggunanya

Dropbox merupakan salah satu platform layanan penyimpanan cloud yang paling populer saat ini. Dapat diakses melalui ponsel maupun PC, ada beberapa fitur aplikasi Dropbox yang mungkin belum banyak diketahui.

Kehadiran layanan penyimpanan seperti Dropbox ini digunakan untuk semakin mempermudah kita untuk melakukan penyimpanan dokumen dan bisa dibuka kapan pun dan di mana pun.

Dropbox juga membuat kamu tidak harus terlalu khawatir jika saja ruang penyimpanan di smartphone sudah tidak cukup lagi.

Baca juga: Tips Mengatasi Smartphone dengan Internal Storage Kecil

Fitur Aplikasi Dropbox, Semakin Mempermudah Pekerjaan

Aplikasi Dropbox ini telah didukung dengan keamanan yang terjamin. idak hanya dapat menyimpan pesan, pengguna juga dapat mengomentari atau bahkan meminta suatu file dari seseorang.

Selain itu, ada beberapa fitur aplikasi Dropbox lain yang tentunya dapat memaksimalkan dan mempermudah pekerjanmu.

Apa saja kelebihan tersebut? Berikut ulasannya singkatnya yang diambil dari berbagai sumber.

1. Mempermudah untuk Mengakses File

Sumber: blog.dropbox.com

Aplikasi Dropbox ini menawarkan akses yang lebih mudah untuk semua file yang ada di smarphone. Di dalam Dropbox, kamu bisa membuat sub-folder untuk mengatur dokumen-dokumen yang kamu miliki.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Dropbox untuk melakukan back up terhadap berbagai file atau dokumen pentingmu, untuk kemudian dapat kembali mengaksesnya dengan mudah kapan pun dan di mana pun kamu berada.

Dengan aplikasi Dropbox, kamu dapat mengamankan semua file yang kamu anggap berharga atau penting untuk keperluan sekolah atau pekerjaan kamu.

Selain itu, jika kamu secara tidak sengaja menghapus file yang ada di Dropbox, kamu masih memiliki kesempatan waktu selama 30 hari untuk melakukan pemulihan.

2. Menyimpan Data dengan Jumlah Besar

Sumber: blog.dropbox.com

Bagi kamu yang memiliki ponsel dengan kapasitas penyimpanan yang tidak terlalu besar, aplikasi Dropbox ini sangat cocok untuk kamu gunakan.

Atau jika ponsel kapasitas penyimpanannya sudah cukup besar, namun kamu masih membutuhkan lebih banyak ruang, juga bisa memanfaatkan aplikasi ini.

Kamu bisa dengan mudah memindahkan pengaturan penyimpananmu ke Dropbox milik kamu ketika penyimpanan di ponsel kamu mulai menipis.

Dengan demikian, maka penyimpanan di perangkatmu akan menjadi sedikit lebih longgar, sehingga tidak menimbulkan kelemotan.

3. Dapat Melakukan Akses File Secara Offline

Sumber: blog.dropbox.com

Kamu kehabisan paket data dan tidak berada di jaringan wi-fi? Tenang saja, kau masih bisa mengakses semua file kamu secara offline melalui aplikasi Dropbox.

Namun sebelumnya, kamu harus terlebih dahulu menandai file mana saja yang ingin kamu lihat secara offline.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, ketika dalam kondisi online, terlebih dahulu buka file yang ingin kamu tandai lalu ketuk tiga titik di kanan atas.

Setelah itu, akan muncul sebuah menu dari bawah layar, geser ke atas, opsi untuk menandai file dapat terlihat secara offline berada di bagian terakhir ke bawah.

4. Lebih Mudah dalam Pencarian Dokumen

Sumber: blog.dropbox.com

Fitur pencarian yang ada di aplikasi Dropbox sangatlah baik. Kamu tidak akan membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk menelusuri semua file untuk mencari file tertentu.

Kamu dapat mencari file atau dokumen mana pun dengan jauh lebih cepat, karena aplikasi Dropbox beroperasi dari cloud.

Selain itu, kamu juga bisa menyimpan data atau informasi rahasia yang kamu miliki di aplikasi Dropbox ini dengan mengaktifkan fitur kata sandi.

Dengan demikian, semua orang yang ingin mengakses data tersebut harus memasukkan kata sandi yang telah kamu tentukan sebelumnya.

5. Kemudahan dalam Berbagi File

Sumber: blog.dropbox.com

Fitur aplikasi Dropbox yang tak kalah pentingnya adalah memudahkan pengguna untuk saling berbagi file atau dokumen.

Meskipun kamu bisa berbagai suatu file melalui email atau media sosial, namun dengan aplikasi Dropbox ini proses berbagi file akan menjadi lebih cepat dan efisien.

Bahkan, kamu bisa juga berbagi file kepada orang yang tidak menggunakan aplikasi Dropbox.

Kamu cukup membagikan tautan dari file kamu yang ada di Dropbox, maka semua orang yang mengetahui tauran tersebut dapat melihat dan mengaksesnya di mana pun dan kapan pun.

Proses berbagi file ini juga sangat cepat. Hanya dalam hitungan menit, kamu dapat membagikan file yang berukuran besar.

Baca juga: Cara Mudah Mengirim File Besar dari Perangkat Android Anda

6. Bisa Menambahkan Komentar ke File

Sumber: blog.dropbox.com

Selanjutnya, aplikasi Dropbox memungkinkan pengguna untuk menambahkan komentar pada suatu file tertentu yang tengah diakses. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu lagi menggunakan email untuk melakukan diskusi jika ingin mengubah file tersebut.

Untuk memberi komentar, cukup dengan klik file yang ada di folder Dropbox dan pilik Komentar pada file ini. Kamu bisa memasukkan komentar dan untuk menyebutkan temanmu, kamu hanya tinggal menambahkan simbol @ lalu tulis nama temanmu.

Mereka yang namanya di-tag akan mendapatkan notifikasi di akun Dropbox atau inbox email mereka. Ketika komentar baru telah ditambahkan oleh seseorang, maka kamu juga bisa melihatnya secara real-time.

7. Keamanan Terjamin

Sumber: blog.dropbox.com

Menyimpan dokumen di aplikasi Dropbox juga relatif sangat aman. Ini karena Dropbox telah didukung dengan sejumlah fitur yang berfungsi untuk menjaga data agar tetap aman.

Dengan melalui akun Dropbox, kamu bisa menambahkan kata sandi ke aplikasi Dropbox seluler.

Dengan demikian, bila ponsel kamu hilang, seseorang masih harus memasukkan kata sandi dan nomor pin Dropbox untuk dapat membuka dokumen penting milikmu.

Fitur keamanan lebih canggih bisa kamu dapatkan jika menggunakan akun Dropbox Pro

. Bila terjadi kasus serupa, kamu akan memiliki opsi untuk menghapus file Dropbox menggunakan perangkat apa pun yang sebelumnya telah disinkronkan dengan Dropbox dari dari jarak jauh.

Itulah beberapa kelebihan dari aplikasi Dropbox, salah satu layanan penyimpanan cloud yang terbaik saat ini. Kamu bisa memanfaatkan layanan ini untuk menyimpan dan mengakses file atau dokumen penting milikmu.

Selain tersedia untuk PC melalui layanan web, Dropbox juga tersedia untuk smartphone Android dan iOS.


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close