Internet

Belum Genap Seminggu, Fitur Baru Browser Opera

Fitur Baru Browser Opera – Pada tahun 2017 kemarin, Mozilla resmi meluncurkan Firefox Quantum yang dikatakan mampu bekerja dua kali lipat dari browser sebelumnya dalam segi kecepatan.

Jika Mozilla tampil dengan Firefox Quantumnya, maka berbeda dengan Google Chrome. Browser buatan Google itu tidak merubah total penampilannya, melainkan hanya memperbaiki beberapa fitur yang ada di browser mereka, seperti menghentikan autoplay di desktop.

Opera Juga Tak Mau Kalah

Nama Opera memang tak selaris Mozilla Firefox dan Google Chrome. Namun, Opera bukanlah browser baru dan namanya pun juga sudah dikenal oleh publik.

Sama seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome yang terus berbenah, Opera pun juga demikian. Jika sebelumnya sudah menyediakan beberapa fitur keren browser Opera, seperti:

1. VPN

2. Video pop out

3. Pemblokir iklan

4. Chatting via FB Messenger dan WhatsApp

Loading...

5. Berita pribadi

Maka di tahun 2018 pun, mereka juga sudah menyediakan fitur keren atau yang lebih tepat menambahkannya agar para pengguna semakin betah dan nyaman ketika menggunakan browser Opera.

Fitur Baru Browser Opera

Berikut ini adalah fitur-fitur baru browser Opera yang masih fresh dan bisa membantu Anda ketika sedang berselancar di dunia maya:

1. Foto

Inilah tampilan dari fitur foto:

fitur baru browser opera

Di dalam fitur foto terdapat beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk berkreasi, di antaranya adalah:

1. Stiker

2. Selfie

3. Pensil

4. Blur

5. Panah

Lihat:

Gambar di atas adalah hasil akhir dari fitur foto. Bisa Anda lihat, dalam gambar tersebut terdapat tiga tools yang digunakan, yaitu Panah, Stiker, dan Blur.

Jadi, bagi Anda yang ingin menangkap sebuah gambar dan melakukan proses editing dengan cepat, silakan menggunakan fitur foto di browser Opera.

2. My Flow

My Flow adalah stream tautan, video, gambar, dan catatan personal yang ingin Anda akses. Jadi, dengan menggunakan fitur My Flow, Anda dapat menyambungkan browser Opera dengan ponsel.

Misalkan, Anda sedang membuka website A dan website B. Maka ketika Anda sudah menggunakan fitur My Flow, secara otomatis website A dan website B bisa Anda akses melalui ponsel.

Cara mengaktifkan fitur My Flow:

1. Download Opera Touch di ponsel terlebih dahulu.

2. Setelah berhasil, klik My Flow pada browser, kemudian pilih Sambungkan ponsel Anda.

Lihat:

3. Buka Opera Touch, dan pilih Sambungkan ke komputer.

Lihat:

4. Pindai kode QR dan ponsel Anda sudah terhubung dengan browser Opera.

Lihat:

5. Untuk berhenti menggunakan fitur My Flow, Anda cukup klik My Flow, kemudian klik tiga titik vertikal di samping kanan logo browser Opera dan pilih Setel ulang.

3. Pencarian Instan

Ini adalah tampilan dari fitur pencarian instan:

Apa yang dimaksud dengan fitur pencarian instan? Adalah fitur yang digunakan untuk membuka sebuah situs, tanpa harus membuka tab baru.

Contoh:

Anda sedang membuka Klik Mania, kemudian Anda ingin mencari tahu harga sepatu di pasaran. Saat Anda ingin mencari harga sepatu di pasaran, Anda tidak perlu membuka tab baru, karena Anda hanya perlu menekan Alt + Space.

Dengan menekan Alt + Space, Google Search akan terbuka dengan sendirinya.

Lihat:

Silakan Anda mencari sesuatu yang ingin Anda cari di Cari di web. Ketika Anda sudah menemukannya, silakan klik kanan atau klik kiri, maka situs yang Anda klik itu akan terbuka dengan sendirinya di tab baru.

Untuk menggunakan fitur pencarian instan ini, Anda bisa memulai dan mengakhirinya dengan menekan Alt + Space.

Fitur Lain Juga Bagus

Itulah fitur-fitur baru browser Opera yang harus Anda coba. Dan ketiga fitur baru tersebut, benar-benar masih fresh, karena belum genap seminggu (kurang lebih baru 4 hari meluncur).

Selain ketiga fitur baru yang sudah disebutkan tadi, masih ada fitur-fitur lain (lama) yang juga tak kalah bagus, di antaranya adalah:

1. Mencegah Cryptojacking

2. Menyimpan halaman menjadi PDF

3. Mendukung Chromecast, dan masih banyak lagi.

Silakan klik Opera 50 untuk mengenal fitur-fitur dari browser Opera.

Kesimpulan

Untuk memahami penggunaan dari ketiga fitur baru browser Opera, tentu tidak ada cara lain, selain Anda mempraktikkannya secara langsung.

Dan bagi Anda yang biasa menggunakan Mozilla Firefox atau Google Chrome, mungkin sesekali bisa mencoba browser Opera, karena browser yang satu ini selalu berupaya membuat terobosan-terobosan baru.

Sekarang, Anda sudah mengetahui fitur-fitur baru browser Opera. Dan setelah Anda mengetahuinya, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button