Dunia InternetInternet

Instagram Rilis Fitur Pemeriksaan Umur Untuk Lindungi Privasi Anak di Bawah Umur

Instagram merilis sebuah fitur pemeriksaan umur bagi pengguna baru

Fitur Instagram Untuk Lindungi Privasi Anak – Ada yang baru lagi dari media sosial ternama “Instagram”. Setelah sebelumnya merilis fitur penghemat daya “Dark Mode”, kali ini media sosial yang dirancang oleh Kevin Systrom ini kembali menghadirkan fitur baru untuk penggunanya.

Instagram merilis sebuah fitur pemeriksaan usia, dimana pengguna baru diwajibkan untuk memasukkan tanggal lahir untuk dapat bergabung atau membuat akun di Instagram.

Fitur ini ditujukan sebagai pembatasan atau pelarangan untuk penggunaan instagram bagi pengguna yang berusia di bawah 13 tahun.

Fitur Pemeriksaan Umur Instagram Lindungi Anak Di Bawah Umur

Mengutip dari halaman Tech Crunch, hadirnya fitur pemeriksaan umur 13+ ini adalah bentuk tanggung jawab Instagram untuk melindungi anak-anak di bawah umur (dibawah 13 tahun) dari masalah media sosial.

Info usia yang didapatkan saat pembuatan akun pengguna baru ini akan digunakan oleh Instagram untuk menawarkan pendidikan tentang pengaturan serta kontrol privasi bagi pengguna muda.

Selain itu, Instagram juga menambahkan opsi yang memungkinkan hanya pengguna yang diikuti yang dapat mengirimkan pesan, menambahkan ke grup ataupun membalas cerita.

Instagram Ketinggalan Dari Facebook, Snapchat dan TikTok

Terkait dengan perilisan fitur baru dari Instagram ini, Nyatanya Instagram tertinggal dari dua aplikasi media sosial lainnya yaknik Facebook, SnapChat dan TikTok.

Ketiga aplikasi tersebut telah cukup lama mengharuskan penggunanya untuk memasukkan tanggal lahir penggunanya setelah memulai proses pendaftaran.

Bahkan TikTok malah membangun bagian terpisah dari aplikasinya. Pengguna di bawah umur dapat menonton video, namun tidak dapat melakukan posting ataupun berkomentar.

Hal ini sendiri merupakan langkah TikTok untuk mencegah tersandung kasus perlindungan privasi anak setelah sebelumnya didenda 5,7 Juta Dollar Amerika dikarenakan melanggar COPPA (The Children’s Online Privacy Protection Act).

Meksipun telah menghadirkan fitur pemeriksaan usia, namun masih ada kekurangan dari langkah Instagram dalam pelarangan pengguna terhadap pengguna berumur di bawah 13 tahun.

Kekurangan tersebut terdapat pada fakta bahwa Instagram tidak akan memeriksa umur para penggunanya yang telah terdaftar sebelum fitur ini dirilis.

Baca Juga : Fitur Tersembunyi di Instagram Story yang Banyak Belum Diketahui Penggunanya

Nah itulah sekilas tentang fitur baru dari Instagram “fitur pengecekan usia”. Bagaimanakah menurut anda?, apakah fitur yang diluncurkan Instagram ini terbilang cukup terlambat dan dapat melindungi privasi anak?


Loading...
Baca selengkapnya

Saya adalah content writer dan juga social media designer. Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close